Brilio.net - Sulit memang menerima kenyataan jika harus berpisah dengan orang yang telah lama bersama. Ketika seseorang yang mengambil tempat penting dalam hidup kita pergi, kesedihan akan datang. Termasuk saat berpisah dengan sahabat tercinta. Apalagi sosoknya sudah kita anggap sebagai keluarga sendiri.

Dalam hidup ini, setiap pertemuan pasti ada perpisahan. Tidak pernah mudah untuk mengucapkan selamat tinggal pada sahabat. Sebab, sahabat jadi sosok yang kehadirannya begitu berarti. Bukan saja karena adanya masalah, seringkali waktu dan keadaan yang memaksa sahabat untuk berpisah. Tentu butuh waktu untuk bisa ikhlas, melepas sosok sahabat

Nah, kata-kata perpisahan untuk sahabat bisa jadi ungkapan kesedihan. Dengan mengirimkan atau mengucapkan pesan berisikan kata-kata perpisahan untuk sahabat, mungkin bisa sedikit mengurangi beban di hati. Karena, memendam kesedihan sangat tidak enak.

Sebagai referensi, berikut brilio.net rangkum 101 kata-kata perpisahan untuk sahabat dari berbagai sumber, Kamis (25/11).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Kata-kata perpisahan untuk sahabat, beruntung kamu bisa mengenalnya.

Kata-kata perpisahan untuk sahabat © berbagai sumber

foto: freepik.com

Saat berpisah dengan sahabat, lidah akan terasa sulit untuk mengucapkan kata perpisahan. Padahal kata-kata itu mungkin sesuatu yang paling ditunggu oleh sahabatmu.

1. "Aku merasa sangat beruntung bisa mengenal seseorang yang begitu sulit bagiku untuk mengucapkan selamat tinggal."

2. "Sakitnya perpisahan itu bukanlah apa-apa dibandingkan kebahagiaan saat bertemu lagi." (Charles Dickens, Nicholas Nickleby)

3. "Mengucapkan selamat tinggal tidak berarti apa-apa. Waktu kebersamaan kitalah yang berarti, bukan bagaimana kita berpisah." (Trey Parker)

4. "Saat sebuah pertemuan berawal dengan kebaikan. Maka akhirilah sebuah pertemuan dengan perpisahan yang memiliki kenangan terindah."

5. "Kita telah bersama begitu lama sehingga aku tidak pernah berpikir betapa sulitnya untuk mengucapkan selamat tinggal."

6. "Meski jarak ada di antara kita, kita tidak pernah merasa jauh. Karena persahabatan tidak diukur dengan jarak, melainkan hati."

7. "Sahabat, perpisahan ini juga bukan akhir dari pertemuan kita. Pasti, kita kan bertemu lagi suatu hari lagi, so all give me five."

8. “Kawanku, selamat menjalani aktivitasmu yang jauh di sana, jangan lupa selalu ingatkan dan ingatlah aku untuk selama-lamanya.”

9. "Persahabatan sejati adalah ketika kamu harus melihat sahabatmu pergi dan mengetahui kamu tidak akan melihatnya lagi. Tapi kamu tahu ia akan selalu berada di dalam hati dan pikiranmu selamanya."

10. "Waktunya untuk mengatakan salam perpisahan, tapi aku pikir ‘selamat tinggal’ itu menyedihkan dan aku lebih suka mengucapkan ‘halo’. Halo untuk petualangan baru." (Ernie Harwell)

11. "Suatu hari nanti aku bisa tersenyum apabila teringat tentang kisah kita berdua."

12. "Sahabat, kaulah cahaya dalam kehidupanku. Lentera yang siap menyala di saat aku merasa gelap di dunia ini. Jadilah abadi selamanya dalam hidupku tanpa pernah hilang seperti bayangan.”

13. "Kebahagiaan yang dulu kita banggakan kini hilang entah ke mana, tapi ini yang terbaik bagi kita bersama menuju sebuah kehidupan nan sesungguhnya. Semoga kita sukses bersama sahabat.”

14. "Jika nanti kita bertemu kembali, jangan pernah kau ciptakan perpisahan lagi."

15. "Dari lubuk hatiku yang terdalam, aku ingin mengucapkan terima kasih karena telah menjadi sahabat terbaikku. Semoga perjalananmu mewujudkan mimpi baru akan tercapai."

16. "Sadarkah kalau semua itu terhubung dengan takdir. Tak ada yang bisa mengatur takdir, jadi nikmatilah setiap detik yang kau punya untuk bersamanya."

17. "Sahabat, aku telah bersamamu sekian lama. Kamu adalah matahariku dan aku ingin kau tahu, bahwa aku menyayangimu dan perasaan ini benar adanya.”

18. "Ke mana pun kau pergi, pergilah dengan segenap hatimu." (Confucius)

19. "Karena sesungguhnya berpisah itu tidak sepenuhnya berpisah, hanya jarak yang memisahkan."

20. "Waktu tidak membuatku lupa akan dirimu. Waktu hanya membuatku terbiasa tanpa dirimu."

21. "Perpisahan sering kali mengajarkan kita betapa berharganya seseorang setelah dia tiada."

22. "Perpisahan yang sebenarnya adalah ketika seseorang tidak pernah saling ingat lagi." (Dwitasari)

23. "Tersenyumlah dan berhentilah menangis, karena air mata yang engkau teteskan hanya akan membuat kaki ini sulit untuk melangkah."

24. "Meninggalkan segala kenangan yang telah kita buat bersama itu berat."

25. “Sahabatku, selamat menjalani aktivitasmu yang jauh di sana, jangan lupa selalu ingatkan dan ingatlah aku untuk selama-lamanya.”

26. “Terima kasih telah jadi sahabat baikku dan bagian dari jalan hidupku. Maafkan kesalahanku, maafkan kekuranganku.”

27. "Tetes air mata yang tertumpah di hari ini, akan menjadi saksi atas jalinan erat persahabatan yang selama ini kita simpul seerat-eratnya.”

28. “Banyak orang akan masuk dan keluar dari hidupmu, tapi hanya sahabat sejati yang akan meninggalkan jejak dalam hatimu.” (Eleanor Roosevelt)

29. “Tidak ada perpisahan di antara kita. Di mana pun kamu berada, kamu akan selalu ada di hatiku.” (Mahatma Gandhi)

30. "Jangan merasa kecewa dengan ucapan selamat tinggal. Sebuah perpisahan itu penting sebelum kamu bisa bertemu lagi. Dan sebuah pertemuan adalah hal yang pasti kalau kamu bisa bertemu lagi. Dan sebuah pertemuan adalah hal yang pasti kalau kalian memang berteman." (Richard Bach)

Kata-kata perpisahan untuk sahabat bahasa Inggris.

Kata-kata perpisahan untuk sahabat © berbagai sumber

foto: freepik.com

Beri tahu kepada sahabatmu kalau perpisahan tidak memiliki arti apa-apa, selama kenanganmu dengannya tetap ada. Meskipun sedih, kamu harus kuat melepaskan kepergiannya.

31. "My friend, let the tears flow fall, let it flow, saying the word as beautiful to be beautiful. Let it go, because the tears do not mean sad, tears do not mean sorrow, tears are also happy heart symbol. Let him accompany us on this day. Let the tears fall down because it comes to this, for a farewell."

(Hai teman, biarkan air mata mengalir, biarkan mengalir, ucapkan kata indah dan menjadi indah. Biarkan saja, karena air mata tidak berarti sedih, air mata tidak berarti kesedihan, air mata juga simbol hati yang bahagia. Biarkan dia menemani kami pada hari ini. Biarkan air mata jatuh karena ini, untuk perpisahan)

32. "This is not goodbye. It`s only the time when we have to close the door to the past to open the door to the future."

(Ini bukan selamat tinggal. Hanya waktu ketika kita harus menutup pintu ke masa lalu untuk membuka pintu ke masa depan. Berpisah untuk menyambut masa depan dan akan bertemu ketika sukses)

33. "How lucky I am to have something that makes saying goodbye so hard." - Winnie The Pooh

(Betapa beruntungnya aku mempunyai sesuatu yang membuat kau susah mengucapkan selamat tinggal)

34. "Good friends never say goodbye. They simply say 'See you soon'."

(Teman baik tidak pernah mengucapkan selamat tinggal. mereka cukup mengatakan 'sampai jumpa lagi')

35. "Monthly targets and performance appraisals will come and go, but the memories of working with a colleague like you will stay within me forever. Good luck buddy."

(Target bulanan dan penilaian kerja akan datang dan pergi, namun kenangan ketika bekerja denganmu akan tinggal didalam diriku selamanya. Semoga berhasil teman)

36. “When our loved leaves us, we shouldn’t close ourselves off too long. Because God has prepared the best replacement of his own version.”

(Ketika orang yang kita cintai meninggalkan kita, janganlah kita menutup diri terlalu lama. Karena Tuhan telah menyiapkan ganti yang terbaik menurut versi-Nya)

37. “Life is an awful, ugly place to not have a best friend.” - Sarah Dessen

(Hidup itu mengerikan, tempat yang buruk untuk tidak mempunyai seorang teman baik)

38. "A farewell must happen before we can meet again."

(Perpisahan harus terjadi sebelum kita bisa berjumpa kembali)

39. “Friendship is unnecessary, like philosophy, like art, It has no survival value. Rather it is one of those things that give value to survival.” — C.S. Lewis

(Persahabatan itu tidak penting, seperti filsafat, juga seni, tidak ada nilai kebangkitan di dalamnya. Sebaliknya, ia adalah salah satu hal yang memberimu nilai untuk bisa bangkit)

40. “Friendship is born at that moment when one person says to another: “What! You too? I thought I was the only one.” — CS. Lewis

(Persahabatan terlahir pada saat ketika satu orang berkata kepada orang lain: “Apa! kamu juga? Saya kira haya saya saja")

41. “A friend is someone who knows all about you and still loves you.” - Elbert Hubbard

(Seorang teman adalah seseorang yang mengetahui segala sesuatu tentang kamu dan masih mencintai mu).

42. "Now you will leave me friend, I will miss the good and silly times with you."

(Kini kau akan meninggalkanku sahabat, aku akan merindukan masa-masa indah dan konyol bersamamu)

43. “You’re the one who is weak. You will never know love or friendship. And I feel sorry for you.” - J.K.Rowling

(Kamu adalah orang yang lemah. Kamu tidak akan pernah tahu cinta atau persahabatan. Dan saya merasa kasihan kepadamu)

44. “What is a friend? a single soul dwelling in two bodies.” – Aristotle

(Apa itu seorang teman? Sesosok jiwa tunggal yang tinggal dalam dua tubuh)

45. “Only a true best friend can protect you from your immortal enemies.” — Richelle Mead

(Hanya sahabat sejati dapat melindungi kamu dari musuh abadimu)

46. “The best mirror is an old friend.” - George Herbert

(Cermin terbaik adalah teman lama)

47. “Friends are the most important ingredient in this recipe of life.” -Dior Yamasaki

(Teman adalah bahan yang paling penting dalam resep kehidupan ini)

48. “Friendship is not a lesson you can learn in the school. But you have not learned anything if You haven’t learned the meaning of friendship.”

(Persahabatan bukanlah pelajaran yang dapat kamu pelajari di sekolah. Tapi, kamu belum belajar apa pun jika kamu belum belajar arti dari persahabatan)

49. “Indeed, the great friends are hard to find, hard to leave, and difficult to forget.”

(Memang, teman terbaik sangat sulit untuk ditemukan, sulit untuk ditinggalkan, sulit untuk dilupakan)

50. “Walking with a friend in the dark is truly better than walking alone in the place full of light.”

(Berjalan dengan teman di dalam kegelapan lebih baik daripada berjalan sendirian di tempat yang penuh cahaya)

51. "Friends never say goodbye, because they believe that this is not ending we gonna meet again someday in life."

(Teman tidak pernah mengucapkan selamat tinggal, karena mereka percaya bahwa ini tidak berakhir kita akan bertemu lagi suatu hari nanti dalam hidup)

52. "It is hard but you have to say goodbye because to start a new chapter in life you have to end the previous chapter."

(Sulit tapi kamu harus mengucapkan selamat tinggal karena untuk memulai babak baru dalam hidup kamu harus mengakhiri bab sebelumnya)

53. "You have given me so many funny and beautiful memories, thank you for everything it does not end here we will meet again."

(Kamu telah memberiku begitu banyak kenangan lucu dan indah, terima kasih untuk semuanya, itu tidak berakhir di sini kita akan bertemu lagi)

54. "Remember me and smile, for it's better to forget than to remember me and cry." -Dr. Suess

(Ingatlah aku dan tersenyumlah, karena lebih baik melupakan daripada mengingatku dan menangis)

55. "Never say goodbye because goodbye means going away and going away means forgetting." - J.M. Barrie

(Jangan pernah mengucapkan selamat tinggal karena selamat tinggal berarti pergi dan pergi berarti melupakan)

Kata-kata perpisahan untuk sahabat, penuh makna dan menyentuh hati.

Kata-kata perpisahan untuk sahabat © berbagai sumber

foto: Instagram/@coretangabut__

Perpisahan bukanlah akhir dari segalanya. Kamu masih bisa bertemu dengannya lagi di kemudian hari.

56. "Lautan hanya memisahkan daratan, bukan hati."

57. "Sahabat perpisahan memang tidak dapat kita duga. Tapi yang perlu kau tau kita pernah bersama dan menjadi yang terhebat."

58. “Perpisahan yang memang disengaja sebagai momentum untuk bertemu kembali akan terasa sangat bermakna dan indah sekali.”

59. “Karena kamu telah menjadi sahabatku dan hal itu menjadi luar biasa untukku.”

60. "Semoga persahabatan kita selalu terjaga selamanya."

61. "Perpisahan diciptakan Allah agar menjadikan pertemuan kembali terasa lebih indah."

62. "Kau tidak bisa memisahkan sesuatu yang terikat erat di hati." (Ashly Lorenzana)

63. "Kita semua memiliki jalan berbeda dalam hidup ini. Ke mana pun kita pergi, kita akan mengingat satu sama lain." (Tim McGraw)

64. "Aku melihatmu pergi, menyimpan semua kenangan yang kita buat sampai hari ini. Kenangan ini akan selalu ada di hatiku sampai akhir waktu."

65. "Meskipun kita berpisah, kamu akan selalu ada dalam pikiran dan ingatanku. Aku harap kamu memiliki kehidupan yang indah di depan. Selamat tinggal."

66. "Perpisahan membuatmu berpikir. Mereka membuatmu menyadari apa yang kamu miliki, apa yang hilang, dan apa yang kamu anggap remeh."

67. "Perpisahan bukan berarti berhenti untuk menyatukan."

68. "Renungkanlah setiap detik penuh makna, setiap menit diiringi canda tawa, kini waktu telah memisahkan kita."

69. "Meski perpisahan itu ialah kenyataan yang sulit diterima namun itu adalah kensekuensi dari perjumpaan."

70. "Kelulusan itu seperti hari pembalasan. Kamu akan dinilai berdasarkan apa yang sudah kamu tanam."

71. "Jika pertemuan adalah awal dari perpisahan, maka perpisahan adalah awal dari keindahan dalam pertemuan yang selanjutnya."

72. "Perpisahan itu akan selalu ada, karena kita pernah berjumpa, bersama, dalam canda, tawa dan bahagia."

73. "Akan aku buang semua bagian sedih dan menyakitkan antara kita dan hanya menyisakan semua bagian yang indah saja. Agar suatu hari nanti aku bisa tersenyum apabila teringat tentang kisah kita berdua."

74. "Terima kasih untuk kamu yang telah hadir dalam hidupku dan telah mengajarkan kedewasaan. Berucap syukur atas nikmat dan hikmah dari pendewasaan yang terberikan oleh waktu, usai sudah perjalanan bersama bayangan waktu."

75. "Coba belajarlah kepada senja, karena dia mengajarkan bahwa sesuatu yang terlihat indah sebagian hanya sementara, karena tak ada yang abadi."

76. "Sulit melupakan seseorang yang memberikanmu begitu banyak kenangan."

77. "Beberapa orang datang dan membuat dampak yang indah dalam hidupmu hingga kamu tidak lagi ingat seperti apa hidupmu tanpa keberadaan mereka." (Anna Taylor)

78. "Selama kenangan akan seorang sahabat yang kusayangi masih hidup di dalam hatiku, aku akan selalu berkata hidupku menyenangkan." (Helen Keller)

79. "Sahabat yang baik tidak pernah mengatakan selamat tinggal. Mereka hanya mengucapkan sampai jumpa lagi."

80. "Perpisahan semanis apa pun, seindah apa pun, tetaplah perpisahan. Ada cerita yang sejak detik itu harus berubah menjadi kenangan."

Kata-kata perpisahan untuk sahabat sekolah.

Kata-kata perpisahan untuk sahabat © berbagai sumber

foto: freepik.com

Sudah bertahun-tahun kamu dan sahabat menghabiskan waktu bersama. Namun apa daya, di hari kelulusan kamu harus mengucapkan kata-kata sedih ini.

81. "Di sini ada perjuangan, luka, tawa, bahagia, tangisan dan rindu. Karena itu semua rasanya berat untuk berpisah."

82. "Semua pasti berubah, mau tidak mau. Semua pasti berpisah, ingin tidak ingin. Sampai jumpa sahabat."

83. "Lulus SMA menjadi sebuah momen bahagia sekaligus sedih. Bahagia karena sudah tidak perlu memikirkan pelajaran yang bejibun dan tidak aku sukai. Sedih karena akan berpisah dengan sahabat sekaligus pacar (LDR). Dalam hidup pertemuan dan perpisahan pasti akan terjadi." (mwahyufrm)

84. "Tahanlah air mata dan jangan sampai menetes di pipimu, karena itu akan membuat perpisahan menjadi lebih berat untuk kau ikhlaskan."

85. “Sesungguhnya perpisahan dengan sahabat akan menjadikan momentum pertemuan menjadi sangat indah.”

86. "Terkadang, pertemuan dan perpisahan terjadi terlalu cepat. Namun kenangan dan perasaan tinggal terlalu lama." (Fiersa Besari)

87. "Beberapa orang masuk dalam kehidupan kita dan pergi dengan cepat. Beberapa tinggal untuk sementara waktu, meninggalkan jejak di hati kita.”

88. "Sahabat mencarimu ketika yang lain mencacimu. Mereka merangkulmu ketika yang lain memukulmu."

89. "Hari kelulusan rasanya seperti perhitungan untukku. Karena hari ini akan menjadi penentu berdasarkan apa yang telah kita tanamkan."

90. "Sahabat aku sangat takut jika perpisahan itu benar-benar terjadi, aku takut jika itu akan menyebabkan kita tidak bertemu lagi, dan kita tidak pernah saling mengabari."

91. “Sudah sekian lama kita rajut kisah dan masa-masa terindah, kini saatnya kita berpisah. Masa lalu memang telah menghilang tetapi kau akan selamanya ada di kehidupanku wahai sahabat.”

92. “Tidak masalah jika kamu memiliki lima teman atau lima ratus teman. Ketika semuanya berakhir, popularitas tidak berarti apa-apa. Yang penting adalah kamu tahu kelima orang itu akan berada di sana memegang tanganmu, saat kelima ratus orang lainnya meninggalkanmu.”

93. “Saat dua orang yang bukan teman berdekatan, tak akan ada pertemuan. Saat ada dua orang yang berteman berjauhan, tak akan ada perpisahan.”

94. “Selalu sulit untuk mengucapkan selamat tinggal, terutama ketika seseorang telah menghabiskan waktu yang lama bertahun-tahun di dalam satu atau dua karakter, susah dan senang bersama.”

95. “Sahabat, kepergianmu hari ini merupakan kedatangan di lain hari. Dan di antara perpisahan dan pertemuan, selalu ada kisah yang tak akan terlupakan. Good luck sahabat!”

96. “Untuk teman-teman yang aku rindukan, aku berharap kalian tidak akan pernah melupakan kenangan putih abu-abu, Yang penuh dengan tawa, manis, sedih dan pahit, serta duka dan air mata kita lewati bersama tiga tahun.”

97. “Perpisahan ini hanyalah jeda buat mengakrabkan kita pada saat bertemu kembali.”

98. “Tiada masa paling indah masa-masa di sekolah, tiada kisah paling indah kisah kasih di sekolah.”

99. “Lanjutkan perjuanganmu dan raihlah impianmu yang selama ini selalu kamu ceritakan padaku. Sekarang sudah tiba waktunya kita berpisah, selamat jalan wahai sahabatku. Dirimu akan selalu melekat di dalam diriku.”

100. “Tidak ada kata yang pantas terucap kecuali kata selamat jalan dan selamat menjalani kisah yang sesungguhnya.”

101. “Renungkanlah setiap detik penuh makna, setiap menit diiringi canda tawa, kini waktu telah memisahkan kita. Semoga persahabatan kita selalu terjaga selamanya.”

(brl/tin)