Brilio.net - Selain keluarga, kehadiran sahabat dalam hidup kita tentu sangat berarti. Sosoknya selalu ada dalam suka maupun duka, yang tak segan mengulurkan pertolongan. Tak heran jika sahabat sering dianggap sebagai keluarga sendiri.

Namun, seiring berjalannya waktu, sahabat bisa saja pergi meninggalkan kita. Banyak faktor penyebab hal itu bisa terjadi, misalnya karena pergantian pekerjaan, pernikahan, pindah tempat tinggal dan sebagainya. Tak mudah memang mengucapkan selamat tinggal pada sahabat.

Momen perpisahan dengan sahabat akan terasa menyesakkan. Hati terasa sedih hingga lidah tak mampu berkata-kata. Terlebih jika sahabat pergi meninggalkan kita tanpa pamit. Meski begitu, kita harus tetap bijak menyikapinya.

Salah satunya dengan memaknai kata-kata bijak kehilangan sahabat. Kumpulan kata-kata bijak kehilangan sahabat ini juga bisa mengungkapkan perasaanmu yang sedang berduka. Seperti yang telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (12/10), ini 105 kata-kata bijak kehilangan sahabat.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Kata-kata bijak kehilangan sahabat © berbagai sumber

foto: Instagram/@mbahutiofficial

1. "Kehilangan sahabat terbaik lebih sakit dibanding putus cinta."

2. "Ternyata betul sesakit ini kehilangan sahabat daripada pacar."

3. "Aku merasa sangat beruntung bisa mengenal seseorang yang begitu sulit bagiku untuk mengucapkan selamat tinggal."

4. "Meninggalkan seseorang terkadang menyedihkan dan menyayat hati, tetapi aku tersenyum karena aku tahu kau selamanya milikku dan jarak tidak akan pernah mengubah itu."

5. "Kita telah bersama begitu lama, sehingga aku tidak pernah berpikir betapa sulitnya untuk mengucapkan selamat tinggal."

6. "Aku benci perasaan ketika kamu harus mengucapkan selamat tinggal kepada seseorang yang ingin kamu habiskan setiap menit dengannya."

7. "Bahkan jika kita tidak bisa bersama pada akhirnya, aku senang kamu menjadi bagian dari hidupku."

8. "Sahabat adalah dia yang tahu apa yang dia miliki ketika bersamamu, bukan dia yang menyadari siapa dirimu setelah dia kehilangan."

9. "Satu per satu sahabat pergi. Menyadarkan bahwa sejatinya manusia bisa tiba-tiba berubah. Yang dekat bisa menjauh, dan yang menjauh bisa tiba tiba mendekat."

10. "Kau pergi setelah memutuskan bahwa kita adalah sahabat."

11. "Tiada kata yang bisa terucap ketika dirimu pergi karena hanya rasa sesal dan kata maaflah yang hanya bisa terucap. Selamat jalan sahabat sejati."

12. "Semoga kepergianmu adalah awal kehidupanmu yang abadi dan satu hal yang akan aku ukir dalam hidup ini, bahwa tidak ada sahabat sejati seperti engkau yang telah pergi."

13. "Selamat tinggal hanya untuk mereka yang mencintai dengan mata mereka. Karena bagi mereka yang mencintai dengan hati dan jiwa tidak ada yang namanya perpisahan." - Rumi

14. "Meskipun ratusan kilometer mungkin ada di antara kita, kita tidak pernah berjauhan. Untuk sebuah persahabatan jarak bukanlah pengukur, persahabatan diukur oleh hati."

15. "Tidak ada jarak tempat atau selang waktu yang dapat mengurangi persahabatan. Persahabatan benar-benar diyakinkan akan nilai satu sama lain."

16. "Jangan menangis karena ini sudah berakhir. Tersenyumlah karena ini terjadi. "-Dr. Seuss

17. "Kita dulu dua orang asing, lalu menjadi teman. Sekarang kita adalah teman, aku berharap kita tidak akan pernah menjadi dua orang asing lagi, bahkan jika kita sekarang terpisah."

18. "Sahabat, perpisahan ini juga bukan akhir dari pertemuan kita. Pasti, kita kan bertemu lagi suatu hari lagi, so all give me five."

19. "Kawanku, selamat menjalani aktivitasmu yang jauh disana, jangan lupa selalu ingatkan dan ingatlah aku untuk selama-lamanya."

20. "Persahabatan sejati adalah ketika kamu harus melihat sahabatmu pergi dan mengetahui kamu tidak akan melihatnya lagi. Tapi kamu tahu ia akan selalu berada di dalam hati dan pikiranmu selamanya."

21. "Waktunya untuk mengatakan salam perpisahan, tapi aku pikir 'selamat tinggal' itu menyedihkan dan aku lebih suka mengucapkan 'halo'. Halo untuk petualangan baru." - Ernie Harwell

22. "Sahabat perpisahan memang tidak dapat kita duga. Tapi yang perlu kau tau kita pernah bersama dan menjadi yang terhebat."

23. "Perpisahan mengajarkan kita untuk menghargai bahwa setiap detik kebersamaan adalah anugerah yang tidak boleh disia-siakan."

24. "Perpisahan yang memang disengaja sebagai momentum untuk bertemu kembali akan terasa sangat bermakna dan indah sekali."

25. "Karena kamu telah menjadi sahabatku dan hal itu menjadi luar biasa untukku."

26. "Perpisahan diciptakan Allah agar menjadikan pertemuan kembali terasa lebih indah."

27. "Lulus SMA menjadi sebuah momen bahagia sekaligus sedih. Bahagia karena sudah tidak perlu memikirkan pelajaran yang bejibun dan tidak aku sukai. Sedih karena akan berpisah dengan sahabat sekaligus pcr (LDR). Dalam hidup pertemuan dan perpisahan pasti akan terjadi."

28. "Di sini ada perjuangan, luka, tawa, bahagia, tangisan dan rindu. Karena itu semua rasanya berat untuk berpisah."

29. ""Persahabatan sejati adalah ketika kamu harus melihat sahabatmu pergi dan mengetahui kamu tidak akan melihatnya lagi. Tapi kamu tahu ia akan selalu berada di dalam hati dan pikiranmu selamanya."

30. "Tahanlah air mata dan jangan sampai menetes di pipimu, karena itu akan membuat perpisahan menjadi lebih berat untuk kau ikhlaskan."

31. "Beberapa orang masuk dalam kehidupan kita dan pergi dengan cepat. Beberapa tinggal untuk sementara waktu, meninggalkan jejak di hati kita."

32. "Sesungguhnya perpisahan dengan sahabat akan menjadikan momentum pertemuan menjadi sangat indah."

33. "Terkadang, pertemuan dan perpisahan terjadi terlalu cepat. Namun kenangan dan perasaan tinggal terlalu lama." (Fiersa Besari)

34. "Hari kelulusan rasanya seperti perhitungan untukku. Karena hari ini akan menjadi penentu berdasarkan apa yang telah kita tanamkan."

35. "Sahabat mencarimu ketika yang lain mencacimu. Mereka merangkulmu ketika yang lain memukulmu."

36. "Sahabat aku sangat takut jika perpisahan itu benar-benar terjadi, aku takut jika itu akan menyebabkan kita tidak bertemu lagi, dan kita tidak pernah saling mengabari."

37. "Aku benci perasaan ketika kamu harus mengucapkan selamat tinggal kepada seseorang yang ingin kamu habiskan setiap menit dengannya."

38. "Meninggalkan seseorang terkadang menyedihkan dan menyayat hati, tetapi aku tersenyum karena aku tahu kau selamanya milikku dan jarak tidak akan pernah mengubah itu."

39. "Friendship is one mind in two bodies." (Persahabatan adalah satu pikiran dalam dua tubuh) - Mencius

40. "Perpisahan yang sebenarnya adalah ketika seseorang tidak pernah saling ingat lagi."

Kata-kata bijak kehilangan sahabat, tinggalkan rasa duka.

Kata-kata bijak kehilangan sahabat © berbagai sumber

foto: Instagram/@ruanghati___

41. "Kita semua memiliki jalan berbeda dalam hidup ini. Ke mana pun kita pergi, kita akan mengingat satu sama lain." - Tim McGraw

42. "Jangan merasa kecewa dengan ucapan selamat tinggal. Sebuah perpisahan itu penting sebelum kamu bisa bertemu lagi. Dan sebuah pertemuan adalah hal yang pasti kalau kamu bisa bertemu lagi. Dan sebuah pertemuan adalah hal yang pasti kalau kalian memang berteman." - Richard Bach

43. "Kau tidak bisa memisahkan sesuatu yang terikat erat di hati." - Ashly Lorenzana

44. "Jika kesabaran tak cukup menyadarkan. Mungkin kehilangan akan menyadarkan."

45. "Kini hidupku terasa gelap karena tidak ada sepercik cahaya yang berpendar darimu di sekitarku."

46. "Aku mengenal sakit dari sebuah kehilangan, dan aku belajar ikhlas dari sebuah kehilangan."

47. "Janganlah pernah mengucapkan selamat tinggal. Sebab mengucapkan selamat tinggal berarti kamu akan pergi. Pergi berarti melupakan."

48. "Kadang, kamu harus kehilangan seseorang sebelum akhirnya menyadari betapa berartinya dia dalam hidupmu."

49. "Beberapa orang tidak akan belajar bagaimana cara menghargai orang lain sampai mereka merasakan apa itu kehilangan."

50. "Ketika kamu kehilangan sesuatu pastikan bahwa ada satu hal yang tidak hilang darimu yaitu suatu keyakinan bahwa kamu pasti akan memperoleh yang lebih baik."

51. "Tuhan meletakkan seseorang di kehidupanmu karena adanya sebuah alasan. Jadi, jika kamu kehilangannya, maka hal tersebut karena sebuah alasan yang tentunya lebih baik."

52. "Kehilangan membuat kita belajar untuk menerima dan mensyukuri dengan apa yang masih kita miliki."

53. "Mungkin sebenarnya kita tidak pernah kehilangan apa pun dalam hidup ini. Mungkin hanya ditukar dengan sesuatu yang jauh lebih indah."

54. "Seperti lukisan yang sangat indah, namun tak terjelaskan. Seperti rasa perih dan kehilangan yang tersamarkan oleh cinta yang sebentar."

55. "Kadang manusia harus sampai kepada titik kehilangan untuk mengerti arti sebuah kehadiran, kasih sayang & kesetian."

56. "Tuhan memberikan ujian berupa kegagalan dan kehilangan pada kita untuk mengajarkan hikmah di dalamnya."

57. "Kadang kadang kehilangan itu mengajar kita untuk mengenali Tuhan dengan lebih dekat."

58. "Kita bisa menulis seribu kata perpisahan. Tapi yang kita rasakan hanya satu, yaitu kehilangan."

59. "Arti sebuah kehadiran akan terasa saat kehilangan telah merenggutnya, jika itu terjadi, maka hanya penyesalanlah yang akan tercipta."

60. "Tak peduli apa yang telah hilang, selama kamu masih mampu bersyukur pada Tuhan, kamu tak kehilangan apapun."

61. "Belajarlah memiliki sebelum kehilangan yang menjelaskan."

62. "Hal yang menyakitkan ketika kamu kehilangan seseorang adalah kenyataan bahwa dia tidak berusaha untuk mempertahankan hubungan kalian."

63. "Jika kelak kamu merasakan kehilangan sesuatu hal, setidaknya aku harap kamu masih mengingat siapakah yang dulu pernah kamu biarkan begitu saja untuk pergi."

64. "Kau tak kan bisa kehilangan apa yang tak pernah kau miliki. Kau tak kan bisa memaksa bertahan pada seseorang jika dia ingin pergi."

65. "Seseorang yang pernah merasakan kehilangan sesuatu mengira bahwa hal tersebut merupakan miliknya selamanya. Namun, pada akhirnya ia akan menyadari bahwa di dunia ini tidak ada satupun yang akan menjadi miliknya."

66. "Semacam tidak memiliki namun takut kehilangan. Semacam tak punya status tapi merasakan kecemburuan."

67. "Tidak memiliki tapi takut kehilangan, jangan egois kawan. Perjuangan itu perlu, hasil tidak pernah munafik."

68. "Kini gelap sekali di sini. Tidak ada sepercik cahaya pun di sekelilingku. Karena cahaya berpendar dari dirimu. Kau tak bisa melihatnya, hanya orang lain yang bisa."

69. "Tetapi jika kamu mau pergi, pergi saja. Aku akan mengingatmu. Aku ingat semua orang yang telah meninggalkanku."

70. "Ketakutan terbesar dalam hidupku bukanlah kehilanganmu, namun melihatmu kehilangan kebahagiaanmu."

71. "Jika cinta tak bisa mengembalikanmu padaku didalam kehidupanku ini. Aku sangatlah yakin, pasti cinta akan menyatukan kita pada kehidupan yang selanjutnya."

72. "Hilang + Ikhlas = Kembali. Jika kita merelakan dengan ikhlas sesuatu dengan ikhlas maka mereka akan kembali pada kita meski dalam cara dan wujud yang berbeda."

73. "Beberapa orang tidak akan belajar menghargaimu sampai mereka kehilangan dirimu."

74. "Apapun alasan dan penjelasannya kehilangan akan selalu terasa menyakitkan."

75. "Seseorang yang pernah kehilangan sesuatu yang ia kira adalah miliknya selamanya, pada akhirnya akan menyadari bahwa tak ada satupun di dunia ini yang benar-benar menjadi miliknya." - Paulo Coelho

76. "Berjanjilah padaku, bahwa kau akan selalu setia di sisiku. Tapi jika Tuhan tak menghendaki, dan takdir memisahkan. Jika suatu hari nanti kau punya anak, saat mereka melihat foto-foto kita, beritahu namaku pada mereka" - Taylor Swift

77. "Harapanku untukmu adalah agar hidup ini berjalan sesuai keinginanmu. Impianmu tetap besar, kegelisahanmu selalu kecil, dan kau tak akan mendapatkan beban yang melebihi kemampuanmu." - Rascal Flatts

78. "Aku benci melihatmu pergi, itu tidak seperti aku bisa membuatmu bertahan selamanya, pertumbuhan dan perubahan sebagian besar tak terhindarkan jadi aku lebih suka berharap semoga berhasil untuk kehidupanmu selanjutnya."

79. "Cinta sejati adalah ketika kamu harus menyaksikan seorang teman pergi, dan kamu tahu mungkin tidak akan pernah melihatnya lagi. Tapi kamu tahu dia akan berada di pikiran dan hatimu selamanya."

80. "Kita sudah saling kenal sepanjang hidup kita dan sekarang kita akan berpisah. Beberapa akan mengingat dan beberapa akan saling melupakan, tetapi kita akan selalu memiliki bagian dari satu sama lain di dalam diri kita."

81. "Jauh lebih baik menyendiri, daripada bergaul dengan teman yang buruk." - George Washington

82. "Sahabat selamanya, kamu mungkin kehilangan mereka, tetapi kamu tidak akan pernah melupakan mereka."

83. "Teman yang tidak tulus lebih ditakuti daripada binatang buas; binatang buas mungkin melukai tubuhmu, tetapi teman yang jahat akan melukai pikiranmu." - Buddha

84. "Tidak ada jarak tempat atau selang waktu yang dapat mengurangi persahabatan mereka yang benar-benar yakin akan nilai satu sama lain." - Robert Southey

85. "Aku telah belajar bahwa tidak peduli seberapa baik seorang sahabat, mereka akan menyakitimu sesekali, dan kamu harus memaafkan mereka untuk itu."

86. "Terkadang kamu harus menyerah pada orang lain. Bukan karena kamu tidak peduli, karena mereka tidak peduli."

87. "Kamu bisa mendapatkan sahabat dalam setahun, tetapi kehilangan sahabat dalam satu menit."

88. "Beberapa orang mengatakan bahwa waktu berubah. Teman baik bisa menjadi orang asing." - Good Charlotte

89. "Persahabatan itu seperti hiasan kaca, sekali rusak, jarang bisa disatukan kembali dengan cara yang persis sama." - Charles Kingsley

90. "Beberapa orang tidak setia kepadamu. Mereka setia pada kebutuhanmu. Begitu kebutuhan mereka berubah, begitu pula kesetiaan mereka."

Kata-kata bijak kehilangan sahabat bahasa Inggris.

Kata-kata bijak kehilangan sahabat © berbagai sumber

foto: freepik.com

91. "My friend, let the tears flow fall, let it flow, saying the word as beautiful to be beautiful. Let it go, because the tears do not mean sad, tears do not mean sorrow, tears are also happy heart symbol. Let him accompany us on this day. Let the tears fall down because it comes to this, for a farewell."

(Hai teman, biarkan air mata mengalir, biarkan mengalir, ucapkan kata indah dan menjadi indah. Biarkan saja, karena air mata tidak berarti sedih, air mata tidak berarti kesedihan, air mata juga simbol hati yang bahagia. Biarkan dia menemani kami pada hari ini. Biarkan air mata jatuh karena ini, untuk perpisahan)

92. "This is not goodbye. It's only the time when we have to close the door to the past to open the door to the future."

(Ini bukan selamat tinggal. Hanya waktu ketika kita harus menutup pintu ke masa lalu untuk membuka pintu ke masa depan. Berpisah untuk menyambut masa depan dan akan bertemu ketika sukses)

93. "How lucky I am to have something that makes saying goodbye so hard."

(Betapa beruntungnya aku mempunyai sesuatu yang membuat kau susah mengucapkan selamat tinggal) -Winnie The Pooh

94. "Good friends never say goodbye. They simply say 'See you soon'."

(Betapa beruntungnya aku mempunyai sesuatu yang membuat kau susah mengucapkan selamat tinggal)

95. "Monthly targets and performance appraisals will come and go, but the memories of working with a colleague like you will stay within me forever. Good luck buddy."

(Target bulanan dan penilaian kerja akan datang dan pergi, namun kenangan ketika bekerja denganmu akan tinggal didalam diriku selamanya. Semoga berhasil teman).

96. "When our loved leaves us, we shouldn't close ourselves off too long. Because God has prepared the best replacement of his own version."

(Ketika orang yang kita cintai meninggalkan kita, janganlah kita menutup diri terlalu lama. Karena Tuhan telah menyiapkan ganti yang terbaik menurut versi-Nya).

97. "Life is an awful, ugly place to not have a best friend."

(Hidup itu mengerikan, tempat yang buruk untuk tidak mempunyai seorang teman baik) -Sarah Dessen

98. "A farewell must happen before we can meet again."

(Perpisahan harus terjadi sebelum kita bisa berjumpa kembali)

99. "All love that has not friendship for its base, is like a mansion built upon the sand." - Ella Wheeler Wilcox

(Semua cinta tidak memiliki persahabatan sebagai pondasinya, bagaikan sebuah rumah dibangun di atas pasir)

100. "You have given me so many funny and beautiful memories, thank you for everything it does not end here we will meet again."

(Kamu telah memberiku begitu banyak kenangan lucu dan indah, terima kasih untuk semuanya, itu tidak berakhir di sini kita akan bertemu lagi)

101. "Friends never say goodbye, because they believe that this is not ending we gonna meet again someday in life."

(Teman tidak pernah mengucapkan selamat tinggal, karena mereka percaya bahwa ini tidak berakhir kita akan bertemu lagi suatu hari nanti dalam hidup)

102. "The roads are different the journey is different but you will always be that friend that I can't imagine to forget."

(Jalannya berbeda, perjalanannya berbeda tetapi kamu akan selalu menjadi teman yang tidak dapat kulupakan)

103. "This is not farewell my friend, this is the promise that I will meet you once again."

(Ini bukan perpisahan temanku, ini adalah janji bahwa aku akan bertemu denganmu sekali lagi)

104. "This is not goodbye my friend this is the beginning of our new journey, let's create memories again when we meet."

(Ini bukan perpisahan, temanku, ini adalah awal dari perjalanan baru kita, mari kita ciptakan kenangan lagi saat kita bertemu)

105. "The two hardest things to say in life are hello for the first time and goodbye for the last." - Moira Rogers

(Dua hal tersulit untuk dikatakan dalam hidup adalah halo untuk pertama kalinya dan selamat tinggal untuk yang terakhir)

(brl/pep)

(brl/pep)