Brilio.net - Emha Ainun Nadjib atau lebih dikenal dengan Cak Nun merupakan salah satu tokoh intelektual Muslim di Indonesia. Cak Nun menyampaikan berbagai pemikiran dan pandangannya melalui buku, dakwah, maupun video.

Sosok Cak Nun pun banyak disukai oleh masyarakat karena pembawaannya yang tidak membosankan dan pesan-pesan yang disampaikan begitu penuh makna. Selain itu, ia juga menyampaikan gagasan yang relevan dengan kondisi masyarakat, sehingga orang-orang bisa menangkap pesan dengan mudah dan sesuai dengan keadaannya masing-masing.

Ada beragam aspek yang biasanya dibahas oleh Cak Nun di dalam karya maupun ceramahnya, di antaranya adalah agama, politik, budaya, cinta, dan kehidupan. Aspek kehidupan pun cukup banyak dibahas oleh Cak Nun hingga melahirkan beberapa kata-kata mutiara yang penuh makna dan dapat menjadi bahan renungan.

Nah, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Senin (31/5). Inilah kata-kata mutiara tentang kehidupan dari Cak Nun yang penuh makna.

1. Yang bikin anda sakit, karena anda banyak menuntut dan menyesal. Maka dari itu, anda harus bersyukur dan menerima apa yang ada dengan ikhlas.

2. Didalam musibah kita harus bisa cari alasan untuk bersyukur. Misal ban bocor, Alhamdulillah cuma bocor satu. Misal bocor dua, Alhamdulillah gak bikin jatuh. Selalu ada alasan untuk bersyukur.

3. Musuh terbesar dari manusia adalah ketika ia berpikir sempit, sebenarnya kita harus melihat dari segala sisi dan berpikir luas agar kita lebih mengetahui apa yang sebenarnya terjadi. Jangan pernah hanya melihat dari satu sisi saja, jangan berpikir sempit, jadi harus kritis dan berpikir luas.

4. Manusia yang bijaksana adalah mereka yang paham bagaimana cara mengatasi masalah yang sedang dihadapinya. Setiap masalah pasti memiliki solusi dan manusia harusnya lebih bisa mengatasi masalah, bukan justru menjadi masalah dalam kehidupan sehari-hari.

5. Perbaiki akhlak, jangan menipu diri sendiri dan orang lain hanya dengan menggunakan pakaian, tidak boleh. Jadi selaraskan dengan akhlak dan juga penampilan. Pakaian dan akhlak memiliki definisi sendiri.

6. Jangan menghakimi orang lain hanya karena pakaian mereka karena apa yang terlihat belum tentu sama seperti apa yang kita lihat juga.

7. Kita harus lebih memahami dan mempercayai diri sendiri, setiap manusia memiliki cara berpikir yang berbeda-beda. Jadi, jangan sampai kita meniru orang lain.
Kita dan mereka memiliki masing-masing cara dalam berpikir.

8. Anda tidak boleh sujud kepada nafsu, tapi nafsu yang harus sujud pada anda.

9. Musuh kita adalah kesempitan dan kedangkalan berpikir.

10. Tuhan tidak menuntut kita untuk sukses. Tuhan hanya menyuruh kita berjuang tanpa henti.

11. Kebanyakan orang tak bisa tidur, mereka hanya tertidur, karena sepanjang siang dan malam hari mereka diberati oleh dunia.

12. Apakah yang menyelubungi kehidupan ini selain cahaya? Kegelapan hanyalah ketika taburan cahaya tak diterima.

13. Yang lebih kalian cari bukanlah kebaikan, melainkan kekayaan. Yang lebih kalian buru bukanlah keluhuran, melainkan kenyamanan. Pada posisi seperti itu, kalian selalu merasa lebih tinggi derajat dibanding orang kecil.

14. Menyepi itu penting, supaya kamu benar-benar bisa mendengar apa yang menjadi isi dari keramaian.

15. Hakikat hidup bukanlah apa yang kita ketahui, bukan buku-buku yang kita baca atau kalimat-kalimat yang kita pidatokan, melainkan apa yang kita kerjakan, apa yang paling mengakar di hati, jiwa, dan inti kehidupan kita.

16. Cinta bukanlah bertahan seberapa lama. Tetapi, seberapa jelas dan ke mana arahnya.

17. Keceriaan dan kenyamanan hidup tidak terlalu bergantung pada hal-hal di luar manusia, melainkan bergantung pada kekayaan batin di dalam diri manusia.

18. Kesedihan boleh ada, tapi jangan ada kebencian kepada siapapun.

19. Apapun yang kita lakukan dalam kehidupan ini adalah perlombaan dalam kebaikan. Bukan perlombaan keunggulan satu sama lain.

20. Orang boleh salah, agar dengan demikian ia berpeluang menemukan kebenaran dengan proses autentiknya sendiri.

21. Lebih baik mencintai seseorang yang jauh tapi sangat menginginkan kebersamaan, daripada seseorang yang dekat tapi tak peduli.

22. Untuk kamu yang merasa iri dan benci terhadap kehidupan seseorang yang kamu anggap selalu lebih baik darimu. Percayalah bahwa hatimu sempit oleh rasa syukur.

23. Beranilah keluar dari zona nyaman. Beranilah melakukan apapun yang tidak kamu sukai, asalkan itu kebaikan karena hal itu yang akan membangun karakter, akal, dan hatimu.

24. Bicara sesuatu harus menggunakan pertimbangan hati. Tidak semua hal yang menurut kita baik diomongkan. Banyak ekspresi dan kalimat yang sifatnya aurat. Artinya, jangan lantas semua informasi yang kita dapat diomongkan.

25. Bisakah kita menumbuhkan kerendahan hati di balik kebanggaan-kebanggaan?

26. Tuhan menciptakan jodoh, jadi kalau anda berbuat baik, maka jodohnya adalah berkah.

27. Kejahatan adalah nafsu yang terdidik, kepandaian seringkali adalah kelicikan yang menyamar. Adapun kebodohan, acapkali adalah kebaikan yang bernasib buruk. Kelalaian adalah itikad baik yang terlalu polos. Dan kelemahan adalah kemuliaan hati yang berlebihan.

28. Enak atau tidak, benar atau salah, sengsara atau tidak hidup anda tidak tergantung di mana anda hidup, tapi bagaimana Anda memperlakukan keadaan anda.

29. Hidup ini berlangsung tidak sama dengan apa yang kamu inginkan, yang kamu pikirkan. Seringkali hidup ini berlangsung sebagaimana yang kamu benci. Maka, kamu harus memiliki kemampuan untuk bersiap menghadapi apa-apa yang tidak kamu senangi selama itu perintah Allah.

30. Rumput tak pernah cemburu pada kelapa yang menjulang tinggi, begitupun kelapa tak pernah iri pada rumput yang tumbuh kecil. Karena semua memiliki keistimewaan masing-masing.

31. Terkadang Tuhan menghancurkan rencanamu sebelum rencanamu menghancurkan dirimu.

32. Memberi kesejukan kepada orang kedinginan sama saja menyakitinya, semua harus pada tempat, kadar, dan porsinya.

33. Orang sukses tidak identik dengan orang kaya dan orang gagal tidak identik dengan miskin. Menang kalahnya seseorang, sukses gagalnya seseorang tidak ditentukan oleh kaya atau miskin, melainkan kekalahan atau kemenangan mental orang itu terhadap kekayaan atau kemiskinan.

34. Orang yang butuh motivasi adalah orang yang jalannya masih remang-remang. Kalau kamu percaya diri, kamu tidak perlu motivasi.

35. Setiap saat, kamu perlu mengingat bahwa lebih banyak hal yang tidak kamu ketahui daripada yang kamu ketahui.

36. Kunci untuk hidup sehat adalah jangan pernah ada pikiran buruk. Jangan pernah membohongi dirimu sendiri.

37. Tidak ada cinta yang bodoh, cinta itu anugerah terindah yang diberikan Tuhan. Jika kita sakit hati karena cinta, bukan karena cinta yang salah, kita saja yang terlalu berharap kepada makhluk.

38. Jangan terbebani dengan sesuatu hal yang sebenarnya tidak menjadi beban bagimu. Jangan memasukkan semua hal ke dalam pikiran dan hatimu agar kamu temukan kegembiraan dalam hidup.

39. Jangan resah dengan ujung senja, karena kalian anak muda adalah bagian dari fajar.

40. Waktu tidak berarti bagi orang yang penuh cinta karena sesulit apapun keadaan jika kita bersama cinta, maka waktu akan terasa mudah kita lewati.