Brilio.net - Pernah dengar pesan singkat yang begitu bermakna mengenai jangan lupa bahagia? Hal ini menunjukkan bahwa kebahagiaan adalah kunci dari sebuah kehidupan yang lebih baik dan sehat. Bahkan sebuah penelitian medis mengungkapkan, seseorang yang terus berpikir positif dan selalu bahagia akan cenderung memiliki kondisi tubuh yang lebih sehat.

Kata-kata mutiara Islam tentang kebahagiaan freepik.com

foto: freepik.com

Banyak dampak positif yang bisa dirasakan ketika seseorang menjadi pribadi yang selalu bahagia, terutama dalam segi kesehatan. Cara mencapai kebahagiaan itu banyak, salah satunya dengan selalu dekat dengan Allah. Pasalnya setiap kali kita bersyukur, menerima keadaan dengan penuh keikhlasan hati menjadi lebih tenang dan bahagia tentunya.

Kata-kata mutiara Islam mengenai kebahagiaan ini mungkin bisa menjadi inspirasi buat kamu untuk bisa mencapai kebahagiaan. Berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (18/5).

1. "Jangan pernah mati-matian hanya untuk mengejar sesuatu yang tidak bisa dibawa mati." – Emha Ainun Najib.

2. "Senyum adalah hal termanis yang bisa kamu ucapkan tanpa perlu membuka mulut. Tersenyumlah! karena senyum itu sunnah."

3. "Saat tersenyum saja dianggap sebagai sebuah sedekah, tentu membuat orang lain tersenyum merupakan suatu amalan yang pahalanya lebih besar lagi." - Mufti Ismail Menk.

4. "Jangan berduka, apa pun yang hilang darimu akan kembali lagi dalam wujud lain." - Jalaludin Rumi.

5. "Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan." - QS Al Insyirah 5.

6. "Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah selalu bersama kita." - QS At Taubah 40.

7. "Jangan menjelaskan tentang dirimu kepada siapapun, karena yang menyukaimu tidak butuh itu. Dan yang membencimu tidak percaya itu." - Ali bin Abi Thalib.

8. "Dunia ini ibarat bayangan. Kalau kau berusaha menangkapnya, ia akan lari. Tapi kalau kau membelakanginya, ia tak punya pilihan selain mengikutimu." - Ibnu Qayyim Al Jauziyyah.

9. "Hati menjadi resah dan gelisah ketika kita terbiasa berandai-andai dalam menyikapi persoalan hidup." - Aa Gym.

10. ""Orang yang terkaya adalah orang yang menerima pembagian (taqdir) dari Allah dengan senang hati." - Ali bin Husein.

11. ""Jangan kamu merasa lemah dan jangan bersedih, sebab kamu paling tinggi derajatnya jika kamu beriman." - QS. Ali Imran: 139.

12. "Memangnya kenapa kalau hidup kita tak sempurna? Toh ini bukanlah surga." - Nourman Ali Khan.

13. "Manfaatkanlah lima hal sebelum datang lima hal; masa mudamu sebelum masa tuamu, masa sehatmu sebelum masa sakitmu, masa kecukupanmu sebelum masa miskinmu, masa luangmu sebelum masa sibukmu, masa hidupmu sebelum masa kematianmu."

14. "Rezeki Allah yang tercurah itu amat banyak dan tak terhitung jumlahnya."

15. "Rezeki Allah datang pada siapa saja yang mencarinya dengan niat mencari rezeki halal. Maka tidak perlu risau."

16. "Kebahagiaan adalah cara bagaimana kita bisa mensyukuri apa yang diberikan Allah."

17. "Cara paling ampuh menenangkan diri adalah selalu dekat pada yang maha kuasa."

18. "Harta yang tidak berkah akan mendatangkan berbagai kemalangan dan penderitaan."

19. "Usaha mencari harta jangan dikalahkan dengan usaha mencari ridha Allah."

20. "Kerjakanlah urusan duniamu seakan-akankamu hidup selamanya. Dan laksanakan urusan akhiratmu seakan-akan kamu akan mati besok."

Setiap orang menginginkan kehidupan yang lebih baik. Namun untuk meraih hal itu bukanlah mudah, ada banyak rintangan yang harus dilewati. Apakah itu berarti seseorang tidak bisa bahagia? Tentu saja setiap orang bisa bahagia, porsi bahagia seseorang memang berbeda-beda. Kamu bisa bahagia dengan caramu sendiri dan pastikan untuk selalu dekat dengan Allah SWT.

Kata-kata mutiara Islam tentang kebahagiaan freepik.com

foto: freepik.com

21. "Saat kepalamu bersandar di bahuku, aku bahagia bisa membuatmu beristirahat walau sejenak."

22. "Mengejar kebahagiaan adalah ungkapan yang paling konyol, jika kamu mengejar kebahagiaan, kamu tidak akan pernah menemukannya. Yang kamu perlukan adalah menciptakan kebahagiaan itu sendiri."

23. "Jadikan hati kita selalu damai agar kita bisa membahagiakan diri kita sendiri serta membahagiakan sesama."

24. "Kamu akan lebih mudah untuk merasakan kebahagiaan dengan menerima kekuranganmu daripada mencari bahagia dengan berusaha menjadi orang yang sempurna."

25. "Hidup itu sederhana, kamu pergi bekerja dan pulang dengan senyum bahagia, itulah."

26. "Berbahagialah, jangan biarkan kesedihan menghancurkanmu. Ucapkan Alhamdulillah atas segala sesuatu yang menimpamu."

27. "Allah lah yang memiliki kebahagiaanmu, maka jangan mencari kebahagiaan itu jauh dari-Nya."

28. "Bahagia adalah jiwa yang telah menemukan Allah sebelum menemukan dunia."

29. "Tetapi orang yang bersabar dan memaafkan, sesungguhnya (perbuatan) yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan." - QS. Asy-Syuura : 43.

30. "Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." - QS. Al-Baqarah 216.

31. "Jangan bersedih. Sesungguhnya pertolongan akan datang bersama kesabaran." - HR. Ahmad.

32. "Jadikan hati kita selalu damai agar kita bisa membahagiakan diri kita sendiri serta membahagiakan sesama."

33. "Kebahagiaan tidak akan pernah mendatangi mereka yang tidak bisa menghargai apa yang sudah mereka miliki. Ucapkanlah syukur Alhamdulillah setiap saat."

34. "Amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah membahagiakan saudara sesama muslim, mengangkat kesusahannya, membayarkan hutangnya, atau menghilangkan rasa laparnya."

35. "Kebahagiaan bisa dicapai dengan tiga hal: 1) sabar saat diuji, 2) bersyukur saat mendapat nikmat, dan 3) bertaubat saat berbuat dosa." – Ibnu Qayyim.

36. "Bahagia adalah selalu berharap akan rahmat Allah."

37. "Aku mencari kebahagiaan, dan akhirnya aku menemukan Islam."

38. "Di Surga tidak ada kesedihan, tidak ada sakit, tidak ada penderitaan, tidak ada masalah. Yang ada hanyalah kebahagiaan selamanya. Subhanallah."

39. "Sungguh, iman adalah kebahagiaanku; dan sungguh, imanku terletak di dalam hati; dan sungguh hatiku bukan milik siapa pun selain Allah." – Asma binti Abi Bakr.

40. "Ingatlah selalu kepada Allah, baik di waktu senang maupun sedih."