Brilio.net - Kata-kata motivasi Jawa adalah rangkaian kata yang sarat makna, mengandung hikmah, dan mampu memberikan semangat serta inspirasi dalam menghadapi kehidupan. Kata-kata ini tidak hanya menyentuh aspek fisik, tetapi juga spiritual dan emosional seseorang. Mereka mencerminkan kearifan lokal dan nilai-nilai budaya Jawa yang kaya, menjadikannya lebih dari sekadar rangkaian kata-kata, melainkan sumber inspirasi yang mendalam.

Kata-kata motivasi Jawa seringkali merangkum filosofi hidup yang bersifat universal, mengajarkan tentang ketabahan, ketulusan, dan kebijaksanaan dalam menghadapi berbagai tantangan. Dalam keseharian, kata-kata ini menjadi pemandu yang memotivasi untuk tetap berkarya, berbuat baik, dan menjalani hidup dengan penuh semangat. Mereka bukan hanya sekadar kata-kata, melainkan sejatinya adalah pedoman berharga yang mencerminkan kearifan lokal yang dapat menginspirasi setiap individu.

kata-kata motivasi Jawa singkat penuh makna freepik.com

foto: freepik.com

Kata-kata motivasi Jawa memiliki kekuatan untuk menciptakan energi positif dan membawa perubahan positif dalam pandangan hidup seseorang. Semoga kata-kata motivasi Jawa dapat menjadi sumber semangat bagi setiap orang yang membacanya, mengingatkan kita pada kebijaksanaan dan nilai-nilai luhur yang ada dalam budaya Jawa. Jadi, mari bersama-sama memetik hikmah dari kata-kata motivasi Jawa untuk mewarnai perjalanan hidup kita.

Nah, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (19/12) ini dia 95 kata-kata motivasi Jawa singkat penuh makna, cocok jadi pegangan hidup anak rantau.

 

Kata-kata motivasi bahasa Jawa tentang hidup.

40 Kata-kata motivasi bahasa Jawa singkat dan penuh arti instagram

foto: Instagram/@pututwijanarkoii

Manusia bisa merasakan lelah dan titik jenuh. Lumrah dan biasa dialami setiap orang. Kalahkan perasaan itu melalui dirimu sendiri.

1. "Aja dadi pengecut kaya upil sing umpetan ning ngisor meja." (Jangan jadi pengecut seperti kotoran hidung yang hanya bisa bersembunyi di bawah meja)
2. "Wong menang iku wong sing bisa ngasorake priyanggane dhewe." (Orang yang menan adalah orang yang bisa melawan nafsunya sendiri)
3. "Golek sempurnaning urip lahir batin lan kasempurananig pati." (Mencari kesempurnaan hidup di dunia dan akhirat)
4. "Wong pinter kalah karo wong beja." (Orang pintar kalah dengan orang beruntung)
5. "Basa iku busananing bangsa." (Budi pekerti seseorang bisa terlihat dari tutur kata yang diucapkannya)
6. "Sabar iku lire momot kuwat nandhang sakehing coba lan pandhadharaning ngaurip." (Sabar itu merupakan sebuah kemampuan untuk menahan segala macam godaan dalam hidup)
7. "Gusti Allah mboten sare." (Allah tidak tidur)
8. "Kawula mung saderma, mobah-mosik kersaning Hyang sukmo." (Mulailah untuk bertindak sebisamu, baru akhirnya serahkan semuanya kepada Allah Yang Maha Esa)
9. "pusaka ingkang paling sekti iku dudu tombak,pedang lan keris,pusaka kang paling sekti yaiku dumunung ing jati diri." (Pusaka yang paling sakti bukanlah tombak, pedang ataupun keris tapi terletak dalam diri sendiri)
10. "Gusti paring mergi kangge tyang ingkang purun teng merginipun." (Tuhan akan memeberikan jalan, bagi mereka yang mengikuti jalan kebenaran)
11. "Eling lan waspada, sadar lan sabar, setiti lan ngabekti, sumeleh tur sareh." (Ingat dan waspada, sadar dan sabar, hemat dan mengabdi, Ikhlas dan tenang)
12. "Manungsa mung ngunduh wohing pakarti." (Di dalam kehidupan, manusia itu sebenarnya hanya akan memetik hasil atas apa yang ia perbuat sendiri)
13. "Sabar iku lire momot kuwat nandhang sakehing coba lan pandhadharaning ngaurip." (Sabar itu merupakan sebuah kemampuan untuk menahan segala macam godaan dalam hidup)
14. "Yen kabih wis ginaris nyata, aja nganti ana ati sing rumangsa sengsara narima pacoba." (Jika semua sudah menjadi ketetuan Tuhan, jangan ada lagi hati yang merasa sedih disaat menerima cobaan)
15. "Gusti Allah paring pitedah iso lewat bungah, iso lewat susah." (Allah memberikan petunjuk bisa melalui rasa bahagia, bisa juga dari rasa susah)

Kata-kata motivasi bahasa Jawa tentang cinta.

40 Kata-kata motivasi bahasa Jawa singkat dan penuh arti instagram

foto: Instagram/@kha31ris

Dengan penuh rasa cinta dan kasih sayang, segenap hati sudah kau berikan padanya. Namun seringkali mungkin ia membuatmu kecewa. Kekuatan cinta yang tulus berhasil mengalahkan segalanya.

16. "Gusti Yen Arek iku Jodohku Tulung Dicidakaken, Yen Mboten Joduhku Tulung Dijodohaken." (Tuhan jika nak itu adalah jodohku tolong didekatkan, dan jika bukan tolong dijodohkan)
17. "Senadyan aku sengit banget karo kowe, tapi roso ning ati ora iso di apusi. Roso tresno iki mung kanggo sliramu." (Walaupun sebenarnya aku sangat membencimu. Akantetapi perasaan di hati ini tidak bisa di bohingi. Rasa saying yang ada di dalamnya hanyalah untukmu)
18. "Akeh Manungsa Ngerasaaken Tresna, Tapi Lali Lan Ora Kenal Opo Iku Hakikate Tresna." (Banyak manusia Merasakan CInta, Namun Mereka lupa dan tidak mengenal Hakikat Cinta Sebernarnya)
19. "Tresna kanggo manungsa mung Amerga katresnane marang Gusti Allah sing Nyipta’aken manungsa!" (Cinta Kepada Seorang Manusia Hanya Dikarenan Kecintaan Kepada Allah TuhanSemesta Alam yang Telah Menciptakan Manusia)
20. "Sing lunga lalekna, sing durung teko entenana, sing wis ana syukurana." (Yang sudah pergi relakanlah, yang belum datang tunggulah, yang sudah ada syukurilah)
21. "Ra usah kakean cangkem, sing penting kui buktine." (Tidak usah banyak mulut, yang penting itu buktinya)
22. "Rino wengi aku tansah kelingan, pengenku kowe tak sayang." (Siang malam aku selalu teringat, inginku kau kucintai)
23. "Saben dino aku tansah ngalamun, mikir sliramu seng ayu dewe." (Setiap hari aku selalu melamun memikirkan kamu yang paling cantik sendiri)
24. "Aku Gak Enek Sampean Bagai Sego Kucing Ilang Karete *AMBYAARR*." (Aku tanpamu bagaikan nasi kucing tanpa karetnya *Berantakan*)
25. "Uwong Duwe Pacar Iku Kudu Sabar Ambek Pasangane. Opo Maneh Seng Gak Duwe." (“Orang yang punya pacar itu haruslah sabar dengan pasangan yang dimiikinya. Apa lagi yang gak punya)
26. "Nek pancen tresno kui kudu dijogo, ora malah keno godo karo wong liyo." (Kalau memang cinta harus dijaga, bukan malah termakan godaan orang lain)
27. "Nek koe tenanan tresno, Ojo koe nggawe eluh banyu motone, Ojo nyakiti atine, Ojo nggawe atine loro." (Jika kamu benar-benar cinta padanya, Jangan hiasi matanya dengan air mata, telinganya dengan dusta, hatinya dengan luka)
28. "Tresno iku ora patokan karo ganteng, ayune rupamu, akehe bondomu, lan opo penggaweanmu." (Cinta itu tidak berpatokan pada ketampanan, cantiknya parasmu, banyaknya hartamu, dan pekerjaanmu)
29. "Beras kui bakale soko pari, kandas kui asale soko ngapusi." (Beras itu ada dari padi, putus cinta ada dari sebuah kebohongan)
30. "Mending kelangan timbang ati tansah kelaran." (Lebih baik kehilangan dari pada sakit hati terus menerus)

Kata-kata motivasi bahasa supaya semangat meraih mimpi.

40 Kata-kata motivasi bahasa Jawa singkat dan penuh arti instagram

foto: Instagram/@kha31ris

Menjadi orang sukses itu banyak sekali rintangannya. Sama halnya dengan menuntut ilmu, entah itu urusan sekolah ataupun karier. Bangkitlah kembali dan raih masa depan yang cerah.

31. "Asu gedhe menang kerah e." (Orang yang mempunya pangkat jabatan, pasti mempunya kekuasaan yang besar)
32. "Niat kerjo, ora golek perkoro. Niat golek rejeki, ora golek rai. Ora balapan, opo maneh ugal-ugalan." (Niat bekerja bukan untuk nyari perkara. Niat mencari rejeki, bukan hanya cari perhatian belaka. Bukan balapan, apalagi ugal-ugalan)
33. "Ra ono wong mulyo tanpo urip rekoso." (Tidak ada orang yang hidup sukses tanpa kerja keras)
34. "Seng nandur bakale ngunduh." (Yang berbuat akan mendapatkan hasilnya)
35. "Alon-alon asal kelakon." (Pelan-pelan yang penting tercapai)
36. "Urip iku terus mlaku, bebarengan karo wektu,sing bisa gawa lakumu, supaya apik nasibmu." (Hidup itu terus berjalan,bersamaan dengan waktu,yang bisa membawa tingkah lakumu.biar baik nasibmu)
37. "Manungsa mung ngunduh wohing pakarti." (Kehidupan manusia baik dan buruk adalah akibat dari perbuatan manusia itu sendiri)
38. "Alam iki sejatining Guru." (Alam adalah guru yang sejati)
39. "Ojo mabuk bondo, opo meneh mabuk dunyo, uripmu rekoso." (Jangan tergila gila dengan harta, apa lagi mabuk kekuasaan dunia, hidupmu sengsara)
40. "Nanging ora teges gampang pepes kentekan pangarep arep." (Bukan berarti putus asa ketika kehabisan harapan, karena harapan selalu ada)