Brilio.net - Setiap insan manusia punya berbagai keinginan dalam hidupnya. Banyak orang ingin hidup sukses, lancar rezeki, bisa bersama orang yang dicintai, sukses meraih mimpi ataupun cita-cita. Namun sayangnya mencapai semua keinginan itu tak semudah membalikkan tangan. Dalam proses perjalanan hidup, kamu akan menemui bermacam-macam penghalang dan rintangan. Seringkali membuat mentalmu jatuh dan turun.

Tak sedikit orang yang kemudian gagal karena menyerah. Hanya orang-orang yang tegar dan selalu bersemangat yang akan meraih kesuksesan. Dengan usaha keras, bangkit dari kegagalan, dan senantiasa berdoa, niscaya hasil tidak akan membohongi usaha. Kendati demikian, lumrah jika kamu merasa lelah dan putus asa. Semua perasaan itu normal dialami setiap manusia di dunia.

Nah, saat hambatan datang, motivasilah diri sendiri dengan cara-cara sederhana yang sekiranya mampu memompa semangat dengan cepat. Salah satunya dengan kata-kata bijak. Kata-kata bijak membuat orang seakan mendapatkan pencerahan dan motivasi baru. Nggak perlu yang panjang-panjang, cukup baca kata-kata bijak singkat saja. Terpenting punya makna yang mendalam dan penuh inspiratif.

Nah, simak yuk kumpulan kata-kata bijak singkat penuh makna yang sudah brilio.net kutip dari berbagai sumber pada Selasa (5/11) berikut ini.

Kata-kata bijak singkat penuh makna tentang meraih mimpi.

Loading...

40 Kata-kata bijak singkat penuh makna, inspiratif instagram

foto: Instagram/@beraniberusaha

Pepatah mengatakan bermimpilah setinggi langit, jika engkau terjatuh maka akanjatuh antara bintang-bintang. Bukan hal yang mudah untuk meraih mimpi. Perlu perjuangan keras bahkan hingga harus begadang untuk belajar, supaya bisa dapat nilai maksimal.

1. "Bermimpilah besar dan berani gagal."

2. "Mimpi adalah ilustrasi dari buku yang ditulis jiwamu tentangmu." (Marsha Norman)

3. "Kesempatan emas yang kamu cari ada di dalam dirimu." (Orison Sweet Marden)

4. "Jangan takut berjalan lambat, takutlah jika hanya berdiri diam."

5. "Tindakan adalah kunci dasar untuk semua kesuksesan."

6. "Segala yang dapat kamu bayangkan adalah nyata." (Pablo Picasso)

7. "Sebab hidup terlalu singkat untuk membiarkan orang lain menentukan apa yang membuat kita bahagia."

8. "Hidup itu seperti mengendarai sebuah sepeda. Untuk menjaga keseimbangan, kamu harus terus bergerak." (Albert Einstein)

9. "Tak peduli bagaimana kerasnya kehidupanmu di masa lalu, kamu selalu bisa memulainya lagi."

10. "Jangan melihat jam; lakukan apa yang harus dilakukan. Teruslah lakukan.” (Sam Levenson)

Kata-kata bijak singkat penuh makna tentang cinta.

40 Kata-kata bijak singkat penuh makna, inspiratif instagram

foto: Instagram/@andrianiraia

Bukan rahasia umum lagi kalau cinta dapat memberimu kekuatan lebih. Sebab cinta itu adalah jalinan kasih yang suci dan tulus.

11. "Bila mencintaimu itu hanya mimpi, jangan pernah membangunkanku dari tidurku."

12. "Kata “bahagia” akan kehilangan artinya kalau tidak diseimbangkan dengan kesedihan." (Carl Jung)

13. "“Kata orang, cantik itu relatif, namun kataku cantik itu tergantung letak kamera dan intensitas cahaya.”

14. "Cinta sejati tidak harus menyatu, terkadang cinta sejati itu terpisah namun tak ada yang berubah."

15. "Ketika kamu telah menemukan cinta sejati, jangan berniat untuk menemukannya lagi. Peluk dan genggamlah ia selama kamu masih memilikinya."

16. "Wanita yang benar-benar mencintaimu mungkin akan marah karena berbagai alasan tetapi dia tidak akan pernah meninggalkanmu karena satu bahkan ribuan alasan."

17. "Jika kamu kehilangan seseorang, tapi menemuman dirimu yang sebenarnya, kamu menang." (Paulo Coelho)

18. "Hati memiliki nalarnya sendiri, sedangkan nalar tak memiliki hati."

19. "Cinta adalah perbuatan. Kata-kata dan tulisan indah adalah omong kosong." (Tere Liye)

20. "Andai mereka, kaum jomblo itu, ber-Tuhan, masih lumayan. Mereka akan bilang bahwa jodoh itu di tangan Tuhan. Lha, yang atheis jodohnya di tangan siapa?" (Sujiwo Tejo)

Kata-kata bijak singkat bahasa Jawa yang penuh makna.

40 Kata-kata bijak singkat penuh makna, inspiratif instagram

foto: Instagram/@agusstine23

Bahasa Jawa dikenal sebagai bahasa yang sederhana dan dapat dimengerti meskipun bukan orang asli Jawa. Bahasa Jawa ini kaya akan makna yang dalam. Tak sedikit kata-kata bijak bahasa Jawa mengandung arti inspiratif.

21. "Urip iku terus mlaku, bebarengan karo wektu, sing bisa gawa lakumu, supaya apik nasibmu." (Hidup itu terus berjalan, bersamaan dengan waktu, yang bisa membawa tingkah lakumu, biar nasibmu baik)

22. "Aja dadi uwong sing rumangsa bisa lan rumangsa pinter. Nanging dadiya uwong sing bisa lan pinter rumangsa." (Jangan jadi orang yang merasa bisa dan merasa pintar, tetapi jadilah orang yang bisa dan pintar merasa)

23. "Aja mbedakake marang sak sapadha-pada." (Hargai perbedaan, jangan membeda-bedakan sesama manusia)

24. "Kadang mripat iso salah ndelok, kuping salah krungu, lambe iso salah ngomong, tapi ati ora iso bakal diapusi.” (Terkadang mata bisa salah melihat, telinga salah mendengar, mulut bisa salah bicara, tetapi hati tidak mungkin bisa di bohongi)

25. "Ojo gampang gumunan, ojo gampang getunan, ojo gampang kagetan, ojo gampang aleman.” (jangan mudah terheran-heran, jangan mudah menyesal, jangan mudah terkejut, jangan mudah manja)

26. "Ing ngerso sung tulodho,ing madyo mangun karso,tut wuri handayani." (Di depan memberikan teladan,di tengah membangun pelopor,di belakang memberi semangat)

27. "Wong menang iku wong sing bisa ngasorake priyanggane dhewe." (Orang yang menang adalah orang yang bisa melawan nafsunya sendiri)

28. "Ambeg utomo, andhap asor”. (Selalu menjadi yang utama tapi selalu rendah hati)

29. "Gusti paring dalan kanggo uwong sing gelam ndalan." (Tuhan memberi jalan untuk manusia yang mau mengikuti jalan kebenaran)

30. "Cilik ora kurang bakal, gede ora luweh akal, yen eleng ora bakal mundur." (kecil bukan kurang akal, besar bukan berarti lebih berakal, kalau ingat tidak akan mundur)

Kata-kata bijak untuk orangtua tersayang.

40 Kata-kata bijak singkat penuh makna, inspiratif instagram

foto: Instagram/@sampah.bermanfaat

Orangtua adalah orang yang akan selalu setia menemanimu. Saat kamu susah maupun senang, mereka selalu ada di sampingmu. Saat kamu menyerah, ingatlah perjuangan besar yang sudah dilakukan oleh orangtua untukmu selama ini.

31. "Ohana berarti keluarga. Keluarga berarti tidak ada seorang pun yang ditinggalkan ataupun dilupakan." (Lilo, Lilo & Stich)

32. "Aku berjuang hanya untuk dua hal: orangtua yang harus bahagia di masa tua, dan cinta yang akan mendampingiku selamanya."

33. "Jangan bangga dengan pemberian orangtua. Banggalah dengan apa yang kamu berikan kepada orangtua."

34. "Seorang ibu adalah orang yang akan tetap ada ketika orang lain meninggalkan kita."

35. "Terkadang orangtua melakukan kesalahan, menimbulkan luka dan trauma. Maafkan kesalahan mereka, ingatlah kasih mereka, terus kasihi mereka."

36. "Jadikanlah masa depanmu sebagai kebahagiaan orangtuamu. Cobalah."

37. "Kata ayah, nak jika kamu paath semangat ingatlah ayah, apakah ayah pernah patah semangat untuk menafkaimu?"

38. "Cinta seorang ibu itu menenangkan, cinta seorang ayah itu menguatkan."

39. "“Jika Di Kaki Bunda, Anda Akan Temukan Surga, maka Di Kaki Ayah, Anda Akan Temukan Kekuatan dan Pelajaran tentang Perjuangan Hidup."

40. "Kebahagiaan kedua orang tua merupakan tolak ukur kesuksesan anda sebagai seorang anak."