Brilio.net - Roda kehidupan itu akan selalu berputar. Tak selamanya kamu bisa di atas terus menerus. Ada kalanya kamu bisa jatuh dan merasakan sedih dan kecewa. Namun banyak yang belum menyadari kalau kegagalan itu bisa jadi pelajaran berharga. Daripada kamu murung terus, kenapa tidak mencoba bersabar?

Menyadari apa yang sudah terjadi, kemudian memperbaiki dan berusaha lebih baik lagi di masa depan. Karena hidup itu cuman sekali, jadi untuk apa menyesali terlalu berlebihan. Agar kamu bisa kembali semangat lagi, nggak ada salahnya membaca dan mendengar petuah nasihat bijak Jawa.

Menurut peribahasa, orang terdahulu sudah sering makan asam garam kehidupan. Di mana kamu bisa mengambil hikmahnya. Sabar dan ikhlas atas cobaan yang sedang kamu alamai. Kumpulan kata-kata bijak bahasa Jawa ini juga sangat inspiratif lho. Bisa kamu jadikan pedoman hidup saat sedih.

Buat kamu yang belum paham bahasa Jawa, tak perlu bingung karena sudah ada terjemahannya. Berikut kata-kata bijak sabar bahasa Jawa supaya hati kamu lebih tenang, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (14/7).

Kata-kata sabar bahasa Jawa, sebagai pembelajaran hidup.

foto: Instagram/@dawuhe.simbah



Kamu bisa membagikan kata-kata bijak ini kepada orang lain. Melalui media sosial atau pesan pribadi.

1. "Alon-alon waton kelakon." (Pelan-pelan yang penting terlaksana)
2. "Sura dira jayaningrat, lebur dening pangastuti." (Segala sifat keras hati, hanya bisa dikalahkan dengan sikap lembut dan sabar."
3. "Sabar iku ingaran mustikaning laku." (Bertingkah laku dengan mengutamakan kesabaran itu diibaratkan melakukan sesuatu yang sangat berharga dalam kehidupan)
4. "Sak apik-apike wong, yen aweh pitulungan kanthi dhedhemit." (Sebaik-baiknya manusia, jika memberi pertolongan dengan ikhlas tanpa diketahui orang lain)
5. "Dipikir wening sakdurunge tumindak." (Dipikir baik-baik sebelum berbuat)
6. "Sabar kui langka balese. Nek pancen niat gelem sabar." (Sabar itu akan terbalaskan. Kalau memang berniat untuk sabar)
7. "Ojo milik barang kang melok." (Jangan tergiur sama barang-barang yang tampak mewah)
8. "Uwong duwe pacar iku kudu sabar ambek pasangane. Opo meneh sing gak duwe." (Orang yang punya pacar itu harus bersabar dengan pasangan yang dimilikinya. Apalagi yang tidak punya)
9. "Sabar iku lire momot kuat nandhang sakening coba lan pandhadharaning urip." (Sabar itu merupakan sebuah kemampuan untuk menahan segala macam godaan dalam hidup)
10. "Tutukna rekasamu bakal mulya akhiratmu lan bakal beja masa tuamu." (Hidup harus dibuktikan dengan Kenyataan bukan dengan angan-angan)
11. "Ora butuh sing mewah, sing sederhana wae penting ati bungah. Percuma mewah tapi atine susah." (Tidak butuh yang mewah, yang sederhana saja penting senang. Percuma kalau mewah tapi hati susah)
12. "Ladak kecangkrak." (Orang sombong banyak musuhnya dan seing celaka)
13. "Ojo dadi kacang sing lali kulite." (Jangan jadi kacang yang lupa kulitnya)
14. "Nandur ngunduh, tlaten panen." (Usaha yang sungguh-sungguh, telaten, dan sabar suatu saat akan menuai hasil yang dicita-citakan)
15. "Sing sabar lan ngalah dadi kekasih Allah." (Yang sabar dan mengalah akan menjadi kekasih Allah)
16. "Wong sabar, rejekine jembar. Wong ngalah, uripe berkah." (Orang sabar, rezekinya banyak. Orang yang mengalah, hidupnya berkah)
17. "Kridhaning ati ora bisa mbedhah kuthaning pasthi." (Kehendak manusia tidak dapat merubah garis tangan Tuhan)
18. "Lembah manah lan andhap asor." (Rendah hati dan sopan santun)
19. "Seng sabar yo ngger, dalan uripmu pancen gek kon ngene." (Yang sabar ya nak, jalan hidupmu memang baru disuruh seperti ini)
20. "Kadang niat apik ora mesti tanggepan wong liane apik juga." (Terkadang niat baik tidak selalu ditanggapi baik oleh orang lain)

Loading...
2 dari 2 halaman

Kata-kata bijak sabar bahasa Jawa, bikin hidup lebih bermakna.

foto: Instagram/@dawuhe.simbah



Manusia itu boleh sedih dan kecewa. Namun jangan terlalu berlebihan. Karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

21. "Wong sing bisa sabar rikala susahe, bisa sukur rikala senenge. Bakal mulya uripe." (Orang yang sabar saat susah dan bisa bersyukur. Hidupnya akan makmur)
22. "Sawang sinawang." (Saling melihat)
23. "Angele koyo opo adewe arep sabar, nerimo kenyataan seng ikhlas lan karep mikir ayem." (Susahnya seperti apa kita harus sabar, menerima dengan ikhlas dan tenangkan pikiran)
24. "Ojo gumunan, ojo getunan, ojo kagetan, ojo aleman." (Jangan mudah terheran-heran, jangan mudah menyesal, jangan kagetan, dan jangan manja)
25. "Cuplak andheng-andheng, yen ora pernah panggonane bakal disingkirake." (Orang yang menyebabkan keburukan maka semua kebaikannya akan terhapus)
26. "Crah agawe bubrah, rukun agawe santosa." (Pertengkaran akan membuat kekacauan, kerukunan akan membuat sentosa)
27. "Nek wes onok sukurono, nek durung teko entenono, nek wes lungo lalekno, nek ilang iklasno." (Kalau sudah punya itu disyukuri, kalau belum datang ya dinanti, kalau sudah ditinggal pergi lupakan, kalau hilang ikhlaskan)
28. "Panggah sabar, seng di enteni bakal teko wujod pasti ge wong-wong sabar." (Tetaplah sabar, penantian akan datang dalam bentuk kepastian untuk orang-orang yang sabar)
29. "Sapa nandur, bakalan ngunduh." (Barang siapa menanam, pasti bakal menuai)
30. "Yen urip mung isine isih nuruti nepsu, sing jenenge mulya mesti soyo angel ketemu." (Jika hidup masih dipenuhi dengan nafsu untuk bersenang-senang, yang namanya kemuliaan hidup akan semakin sulit ditemukan)
31. "Sagalak-galake macan ora bakal mangan gogore." (Seganas-ganasnya harimau, dia tidak akan memakan anaknya sendiri)
32. "Kabeh ki rencana ne Allah, adewe gor iso dungo karo kerjo seng sabar lan ibadah seng iklas karo wenehane Allah."(Semua adalah rencana Allah, kita hanya bisa berdoa dan berusaha dengan sabar ibadah serta ikhlas akan kehendak-Nya)
33. "Nrimo ing pandum." (Menerima dengan pemberian)
34. "Urip iku terus mlaku, bebarengan karo wektu, sing bisa gawa lakumu, supaya apik nasibmu." (Hidup itu terus berjalan, bersamaan dengan waktu, yang bisa membawa tingkah lakumu, biar nasibmu baik)
35. "Aja metani alane liyan." (Jangan mencari kesalahan orang lain)
36. "Sabar lan iklad kui dalan seng paling penak seneng." (Sabar dan ikhlas adalah jalan termudah menuju kebahagiaan)
37. "Wong jowo iku gampang ditekuk-tekuk." (Orang Jawa itu mudah ditekuk-tekuk alias fleksibel)
38. "Gagal niku kuncine sukses, ben kegagalan iku ngajari kene ilmu." (Kegagalan adalah kunci kesuksesan. Setiap kesalahan mengajarkan kita ilmu)
39. "Aja rumangsa bisa, nanging kudu bisa rumangsa." (Jangan merasa bisa, tapi harus bisa merasakan)
40. "Panggah guyu meski kadang wes ra semangat, tetep sabar ben urep iki ayem." (Tetap tersenyum meski kadang semangat pernah lelah, tetap sabar agar hidup ini tenang)