Brilio.net - Ulang tahun adalah momen berharga yang terjadi satu tahun sekali. Umumnya ulang tahun kerap dirayakan oleh sebagian orang, terutama kalangan anak-anak hingga remaja. Pada momen perayaan tanggal kelahiran tersebut, kamu merasa dimanja dan disayangi orang lain. Kamu mendapatkan ucapan selamat ulang tahun beserta doa dan bingkisan kado.

Bagi sebagian orang, momen ulang tahun ini lebih berkesan jika mendapatkan selamat dari orang terdekat. Ucapan selamat yang sarat akan doa, bisa membuat hati lebih bahagia dan bersyukur. Sebab itu, penting pula saat rekan, orang tercinta, dan terkasih kamu sedang berulang tahun, jangan lupa untuk mengucapkan selamat.

Ada banyak sekali ucapan selamat ulang tahun atau ultah yang bisa kamu berikan padanya. Mulai dari yang formal, lucu, nyeleneh, bahasa Inggris, hingga dari bahasa daerah seperti bahasa Jawa misalnya. Mengucapkan selamat dan doa ultah pakai bahasa Jawa itu keren dan cukup unik.

Kamu bisa lantunkan ucapan itu langsung atau melalui pesan pribadi. Cukup mudah dan simpel, pilih ucapan yang kamu sukai. Berikut kumpulan kata-kata ucapan selamat ulang tahun bahasa Jawa, bisa dijadikan inspirasi seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Selasa (30/6). 

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Kata-kata ucapan ulang tahun bahasa Jawa penuh makna. 

ucapan ultah bahasa Jawa freepik

foto: freepik.com

Ucapan ulang tahun juga punya tata kramanya. Unggah-ungguh, tidak sekadar mengucapkan selamat semata.

1. "Sugeng lagi njupuk warsa sampeyan uga umur ngguyu, sehat, adus murah. Rezeki angin gedhe, sabar sing gedhe, ditambahake adhedhasar cara nglindhungi tanah sing dilindhungi Allah SWT."

(Selamat telah bertambah umur untuk anda serta usia yang selalu dihiasi tawa. Kami doakan rejeki bertambah besar, sehat, rezeki berlimpah, kesabaran luar biasa, dilindungi dalam tanah yang dilindungi oleh Allah SWT)

2. "Sugeng tanggap warsa."

(Selamat ulang tahun)

3. "Ngaturaken ambal warsa dateng ibu, mugi-mugi tansayah diparingi rizki ingkang berkah, ditebihno sangking sedanten sambekala."

(Mengucapkan selamat ulang tahun untuk ibu, mudah-mudahan selalu diberikan rizki yang berkah, dijauhkan dari semua mara bahaya)

4. "Ngapunten namung saget maringi niki, mugi-mugi sagget manfaat lan migunani teng sampean, ngaturake sugeng ambal warsa, mugi tambah dewasa dan sukses dunyo akherat."

(Maaf hanya bisa memberi ini, semoga bermanfaat untuk kamu. Aku ucapkan selamat ulang tahun, semoga semakin dewasa dan sukses di dunia dan di akhirat)

5. "Ngaturaken sugeng ambal warsa dateng bapak. Mugi-mugi gusti Allah tansyah maringi bapak yuso ingkang berkah ugi selamet ndonyo akhirat."

(Mengucapkan selamat ulang tahun untuk ayah. Mudah-mudahan gusti Allah SWT selalu meberikan umutr yang berkah juga selamat dunia akhirat)

6. "Ulang tahun sampeyan kok tanggale podo terus sih saben tahun? Opo gak bosen? Heran banget aku, hehe yo weslah, met ulang tahun yo."

(Ulang tahun kamu kok sama terus tanggalnya setiap tahun? Apa tidak bosan? Heran banget aku, hehe ya sudah, selamat ulang tahun ya)

7. "Urip iku gur mampir ngombe, ojo digawe susah lan sepaneng, sugeng ambal warsa bro." (Hidup hanya mampir minum, jangan dibuat susah dan suntuk. Selamat ulang tahun kawan)

8. "Selamet ulang tahun kancaku, muga-muga apa sing bakal dikarepne biso tergapai, dongaku kanggo awakmu mesti ono, mugo gusti Allah gampangna apa sing dikarepan."

(Selamat ulang tahun teman, semoga apa yang kamu harapkan bisa tercapai, doaku buat kamu pasti ada, semoga Allah mudah memberikan apa yang kamu inginkan)

9. "Sugeng tanggap warsa cah ayu. ing sambekala dilambari bungahing ati ayo dedongo, Mugi tansah pinaringan sih rahmatipun Gusti."

(Selamat ulang tahun cantik. Selamat ulang tahun. Di hari yang bahagia ini mari kita berdoa agar kita selalu mendapatkan rahmat dari Tuhan yang maha Esa)

10. "Sugeng ambal warsa. Mugi-mugi sehat sejahtera dan sukses lahir batinnya. Mugi-mugi dipun pertemukaken kalih widadari kayangan kangge urip bareng. Mugio tansah bahagio mulyo."

(Selamat tambah umur. Semoga selalu sehat sejahtera dan sukses lahir dan batinnya. Semoga bisa dipertemukan dengan bidadadri kayangan untuk bisa menjadi pendamping hidup. Semoga bisa terus bahagia)

11. "Sugeng tanggap warsa buk, ngapunten ingkang katah mboten saget maringi nopo-nopo, namung saget doa dateng Allah, mugi-mugi jenengan diparingi tambah rizki, kuat iman, lan sabar dateng didik kula."

(Selamat ulang tahun buk, mohon maaf yang banyak tidak bisa memberikan apa-apa, hanya bisa berdoa kepada Allah, mudah-mudahan ibuk diapringi tambah rizki, kuat imannya, dan diberi kesabaran dalam mendidik aku)

12. "Selamet ulang tahun cah ayu/cah bagus, mugo-mugo Gusti Allah ngabul aken cita-citamu sedanten lan diadohno seko sekabehane malapetaka."

(Selamat ulang tahun anak cantik/anak ganteng, semoga Allah SWT mengabulkan semua cita-citamu dan dijauhkan dari segala bahaya)

13. "Selamet nyambut dino lahir, sepurane ora iso ngekei opo-opo. Isoku mung dungakne mugi-mugi tambah sae lan dikurangi sing elek-elek."

(Selamat menyambut hari lahir, maaf tidak bisa memberi apa-apa. Hanya bisa mendoakan semoga kehidupannya semakin baik dan dikurangi yang jelek-jelek)

14. "Aku ora nduwe bebungah mewah lan larang kanggonmu neng Dina sing spesial Iki. Aku Ming bisa ndoangakaken sing paling becik kanggonmu. Muga-muga kok sanuli kejahatan lain sanuli ana jero lindungan-NYA. Terusan dadi pribadi sing luwih becik menegaskan lan dalanke kabeh apa sing dadi kongkon-NYA."

(Aku tidak punya hadiah mewah dan mahal untukmu di hari yang spesial ini. Aku hanya bisa mendoakan yang terbaik untukmu. Semoga kau selalu terjaga dan selalu ada dalam lindungan-NYA. Teruslah menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan jalankan semua apa yang menjadi perintah-NYA)

15. "Sugeng ambal warsa dateng ibukku tersayang. Mugi-mugi sehat lahir batin, selamet donyo akherat. Matur suwun buk sampun nresnani kula sangking lahir kanti gedhe."

(Selamat ulang tahun untuk ibu tersayang. Semoga sehat lahir batin, selamat dunia akhirat. Terima kasih bu, sudah mencintaiku dari lahir sampai besar)

16. "Nderek bungah kula dateng ingkang ambal warsa, mugi-mugi tansyah pinaring iman ingkang kuat, izki ingkang berkah lan kesarasan lahir lan batos."

(Ikut berbahagia saya kepada yang berulang tahun, mudah-mudahan selalu diberikan iman yang kaut, rizki yang berkah dan diberi kesehatan lahir dan batin)

17. "Ngaturaken sugeng ambal warsa, mugi-mugi Gusti Allah paring yuswa ingkang dowo lan berkah. Mugi-mugi Gusti Allah tansah paring kasarasan lan ketentreman."

(Saya ucapkan selamat panjang umur, semoga Allah memberikan umur yang panjang dan berkah. Semoga Allah memberikan kesehatan dan ketentraman)

18. "Pak kula ngaturaken sugeng ambal warsa, matursuwun ingkang katah sampun ngayomi keluarga niki. Ngapunten ingkang katah menawi perilaku kula katah salahe dateng jenengan. Mugi-mugi bapak tambah sehat lan sae."

(Pak aku mengucapkan selamat ulang tahun, terimakasih banyak sudah mengayomi keluarga ini. Maaf jika perilaku selama ini banyak yang salah. Semoga bapak semakin sehar dan baik)

19. "Sugeng tanggap warsa… Mugi-mugi tansah pinaringan berkahing Pengeran."

(Selamat Ulang Tahun. Semoga selalu diberikan rahmat oleh Tuhan)

20. "Barokalloh fi ‘umrik, semoga nambahna umur anjen bisa nambahnan akhlak anu langkung sae jeung oge iman."

(Barokallah fi ‘umrik, semoga dengan bertambahnya usiamu dapat bertambah akhlakmu dan dapat bertambah pula imanmu)

Kata-kata ucapan ulang tahun bahasa Jawa, menyentuh hati.

ucapan ultah bahasa Jawa freepik

foto: freepik.com

Memberikan ucapan selamat ulang tahun adalah perilaku sopan santun kepada sesama. Juga, bentuk rasa hormat kepada orang lain.

21. "Urip kuwi mung mampir ngombe, ojo digawe susah lan ojo digawe mikir nemen-nemen, sugeng ambal warsa men."

(Hidup itu cuma mampir minum, jangan dibuat susah dan jangan dipikir berlebihan (dipikir berat), selamat ulang tahun men (mbk atau mas bro)

22. "Sugeng tanggap warsa kagem kakangku… isih dadi conto apik kanggo adhine."

(Selamat ulang tahun kakakku. Tetaplah menjadi contoh yang baik untuk adikmu)

23. "Sugeng ambal warsa dateng konco dulinan kaet cilik, mugi-mugi tambah sehat, slamet lan berkah uripe."

(Selamat ulang tahun teman main dari kecil, semoga sehat selalu, selamat dan kehidupannya berkah)

24. "Sugeng ambal warso, mugi Gusti Pangeran tansah paring berkah kesarasan, kebingahan lan panjang yuswo."

(Selamat ulang tahun, semoga Allah memberikan berkah kebugaran, kebahagiaan dan panjang umur)

25. "Sugeng ambal warsa sederek, mugi-mugi nambahing yoswo niki jenengan langkung sae. Sae sangking akhlak ipun, sae rizki ipun lan sae sapinunggalipun."

(Selamat ulang tahun saudaraku, mudah-mudahan dengan bertambahnya umur ini kamu tambah baik. Baik dari akhlaknya, baik rizkinya dan baik semuanya)

26. "Kulo nderek bungah dateng ingkang ambal warsa, mugi-mugi tansah pinaringi iman ingkang kuat, rizki ingkang berkah lan kesarasan lahin lan batos."

(Saya ikut berbahagia kepada yang berulang tahun, semoga diberikan iman yang kuat, rizki yang berkah dan kesehatan lahir dan batin)

27. "Rahajeng tanggap warsa ngasta priyantun yuswa adalem gandrung, mugi-mugi Allah salajeng nyaosaken kasasaran ugi rezeki ingkang melimpah."

(Selamat bertambah umur, semoga Allah memberikan banyak rizki yang berlimpah)

28. "Sugeng tanggap warsa kagem kanca lawasku. Muga-muga nyawiji lan menehi rejeki."

(Selamat ulang tahun teman lamaku. Semoga dipanjangkan umur dan di limpahkan rejekinya)

29. "Sugeng ambal warsa kagem sahabat kula, aku mung iso dungakne mugo-mugo gusti Allah tansah gampangke nopo sing mbok karepke."

(Selamat ulang tahun untuk sahabatku, aku hanya bisa mendoakan semoga Allah memudahkan apa yang kamu inginkan)

30. "Sugeng ambal warsa, mugi-mugi sampeyan tansah angsal pengayoman sangking gusti Allah SWT. Mugi-mugi opo seng tak paringne niku saget manfaat lan migunani dateng sampeyan."

(Selamat ulang tahun, mudah-mudahan kamu selalu mendapat perlindungan dari gusti Allah SWT. Mudah-mudahan apa yang aku berikan itu dapat bermafaat dan berguna untuk kamu)

31. "Tuku blewah neng pasar buah, tuku paku neng pringkuku, sugeng ambar warso konco keletku."

(Beli blewah di pasar buah, beli paku di pringkuku, selamat ulang tahun teman lengketku)

32. "Sugeng ambal warsa, mugi-mugi sampeyan tansah angsal pengayoman sangking gusti Allah SWT. Mugi-mugi opo seng tak paringne niku saget manfaat lan migunani dateng sampeyan." (Selamat ulang tahun, mudah-mudahan kamu selalu mendapat perlindungan dari gusti Allah SWT. Mudah-mudahan apa yang aku berikan itu dapat bermafaat dan berguna untuk kamu)

33. "Wilujeng tepang tahun adi abi anu kasep. Mugi-mugi janten putra anu nurut ka orang tua lan sing jentun jalmi anu pinter."

(Selamat ulang tahun adikku yang tampan. Semoga menjadi anak yang taat kepada orang tua dan menjadi manusia yang pintar)

34. "Sugeng tanggap warsa sahabatku, Mugi-mugi gusti ingkang kinasih nyembadani punopo ingkang dados gegayuhanipun, tansah paringan wilujeng."

(Selamat ulang tahun sahabatku, semoga Alloh Subhanahu Wata’ala mengabulkan apa yang jadi keinginanmu dan selalu memberikan kesehatan untukmu)

35. "Sugeng tanggap warsa kagem kanca sing paling apik. Muga diwenehi urip langgeng, tansah seneng lan diwenehi sih rahmat dening Gusti Allah."

(Selamat ulang tahun teman/sahabat terbaikku. Semoga diberikan umur panjang, selalu bahagia dan diberikan rahmat oleh Tuhan)

36. "Barokalloh fi ‘umrik, semoga nambahna umur anjen bisa nambahnan akhlak anu langkung sae jeung oge iman."

(Barokallah fi ‘umrik, semoga dengan bertambahnya usiamu dapat bertambah akhlakmu dan dapat bertambah pula imanmu)

37. "Wilujeng tepang tahun. Mugi-mugi panjang yoswona tur barokah, sukses donya sasareng akheratna lan enteng jodohna." (selamat ulang tahun. Semoga panjang umur dan berkah, sukses dunia dan akhiratnya dan dimudahkan jodohnya)

38. "Aku ora lali ingkang awakmu lan aku lampahi, termasuk dino iki. Iki nggeh menika dino kelahiranmu, aku ucapke sugeng ambal warsa, mugi diparingi rizki lan yuswa ingkang akeh."

(Aku tidak lupa atau aku lewati, termasuk hari ini, ini hari kelahiranmu, aku ucapkan selamat ulang tahun, semoga diberikan rizki dan umur yang panjang)

39. "Urip kuwi mung mampir ngombe, ojo digawe susah lan ojo digawe mikir nemen-nemen, sugeng ambal warsa men."

(Hidup itu cuma mampir minum, jangan dibuat susah dan jangan dibuat mikir berlebihan (dipikir berat), selamat ulang tahun men)

40. "Selamet ulang tahun boloku, mugo-mugo rizkiku berkah, umurku berkah, oh iyo hehehe salah yo kuwi kanggo dongakne aku."

(Selamat ulang tahun temanku, mudah-mudahan rizkiku berkah, umurku berkah, oh iya hehehe salah ya itukan untuk mendoakan aku)

41. "Nderek ngaturaken ambal warsa eyang kakung/putri, mugi-mugi tinansah pinaring rahayu lan barokah saking Allah SWT."

(Ikut mengucapkan selamat ulang tahun kepada Eyang Kakung dan Eyang Putri, semoga selalu diberikan keberkahan dari Allah SWT)

42. "Selamet, saiki umure wes nambah. Mugo-mugo tambah pinter, manut karo wong tuwo, seneng sodakoh, digampane angsale syukur, sabar lan tawakal saka Allah SWT."

(Selamat, sekarang umurmu bertambah. Semoga semakin pintar, nurut ke orang tua, senang bersedekah, dimudahkan untuk bersyukur dan tawakal kepada Allah)

43. "Sugeng ambal warsa bojoku sayang, mugi-mugi umurmu kang tambah lan berkah uripe."

(Selamat ulang tahun suami, semoga umur kamu bertambah berkah)

44. "Sugeng ambal warsa panjenengan, mugi-mugi tansah pikantuk rizki ingkang wiyar, bathi murah, umur ingkan dhowo, tambah diwasa lan tansah dilindungi Allah SWT."

(Selamat ulang tahun, semoga diberikan rizki yang lancar, berkah yang murah, umur yang panjang, semakin dewasa dan selalu dalam lindungan Allah SWT)

45. "Bade ngaturaken suka cita kagem njenengan ingkang tanggap warsa, mugi-mugi langkung sae kajenenganipun sae saupakara miyos ugi batos."

(Ingin mengucapkan suka cita untuk kamu yang bertambah umurnya, semoga masa-masa indah menjadi baik)