Brilio.net - Orang tua adalah sosok yang harus dihormati anak-anaknya. Tanpa kehadiran orang tua, tidak ada yang membimbing seorang anak menjadi sosok yang berhasil, dewasa, dan bijaksana.

Meskipun orang tua telah berbuat banyak untuk menghidupi anak-anaknya hingga dewasa, tak jarang seorang anak yang kurang mempedulikan orang tuanya. Biasanya hal ini terjadi karena anak tersebut sibuk bekerja, sibuk dengan kehidupan baru, atau merasa tidak memiliki kecocokan dengan orang tuanya.

Supaya tetap mengingat jasa-jasa orang tua yang telah membesarkan anak dengan penuh kasih sayang, perlu adanya pengingat supaya lebih mempedulikan orang tua. Salah satu cara yang dapat mengingatkan anak terhadap jasa orang tua adalah melalui kata-kata mutiara mengenai orang tua yang dapat menyentuh hati.

Nah, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (25/5), kata-kata mutiara tentang orang tua yang menyentuh hati.

1. "Ibu, tetaplah di sini denganku, aku takkan mampu menghadapi dunia tanpa doa dan kehadiranmu."

2. "Buatlah kedua orang tuamu bahagia dan bangga kepadamu setiap hari. Jangalah engkau menunggu sutau hari nanti, karena kita tidak tahu apakah suatu hari nanti kita masih ada di dunia."

3. "Mencintai anak tidaklah cukup, yang terpenting adalah anak-anak menyadari bahwa mereka dicintai orang tuanya." - St John Bosco.

4. "Apapun yang kita berikan kepada orang tua tidaklah cukup untuk menggantikan apa yang orang tua berikan kepada kita."

5. "Jangan malu pada empat hal, yakni pakaian sederhana, teman yang miskin, ibu bapak yang sudah tua, dan hidup sederhana."

6. "Kehadiran orang tua bagai cahaya yang sinarnya mampu menebus kegelapan dan menerangi jalan hidup anak-anaknya."

7. "Seorang ibu dan ayah akan berjuang membahagiakan anaknya, sekalipun mereka harus mengorbankan kebahagiannya."

8. "Ingatlah bahwa di setiap langkah, tindakan dan keputusan dalam kondisi apapun, selalu ada orang tua yang akan mendoakan kita."

9. "Kebaikan seorang ayah lebih tinggi dari gunung, sedangkan kebaikan seorang ibu lebih dalam dari lautan."

10. "Pernah kudengar orang kampung bilang: Sebesar-besar ampun adalah yang diminta seorang anak dari ibunya, sebesar-besar dosa adalah dosa anak kepada ibunya." - Pramoedya Ananta Toer

11. "Ayah bunda itu layaknya pelita sebagai penerang hidup. Ibarat cahaya lilin yang selalu setia menerangi setiap sudut jalan. Dan sebagai semangat yang menjadi motivasi untuk tetap kuat untuk terus melangkah maju."

12. "Orang tua tak pernah berharap harta kekayaan dari anaknya, namun perhatian dan kasih sayang tulus dari anak, menantu, dan cucu, itulah yang sangat mereka harapakan."

13. "Pemandangan paling indah di bawah bentangan langit berbintang adalah melihat seorang ibu yang bahagia."

14. "Carilah keberkahan di dunia dengan menghormati dan menyayangi ayah Anda dan carilah keberkahan di dunia dan di akhirat dengan berbakti sepenuhnya kepada ibu."

15. "Orang tua selalu dapat mengajarkan anak-anak mereka untuk bisa bertahan dan jalan terus saat mereka telah tiada."

16. "Kadang kita terlalu sibuk untuk tumbuh dewasa dan lupa bahwa orang tua kita juga beranjak tua." - Aqessa Aninda

17. "Orang tua mana yang tak ingin memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya? Pasti tidak ada, atau kalaupun ada, mungkin hanya nol koma sekian persen aja, dengan catatan mungkin ada yang salah dengan orang tua tersebut." - Merry Maeta Sari

18. "Demi anak, kadang orang tua rela melakukan hal bodoh, lebih bodoh dari apa yang dilakukan anak-anaknya." - Rons Imawan

19. "Pada awal kehidupan, orang tua tentu harus membesarkan anaknya, mengasuh, mengajari. Tapi, pada titik tertentu, orang tua justru harus mengajari anaknya kehidupan dengan melepaskan." - Donna Widjajanto

20. "Orang tua yang baik adalah bisa memberi contoh pada anaknya. Orang tua yang bijak adalah bisa belajar dari anaknya." - Cak Lontong

21. "Siapakah yang paling setia mendoakan kita dan paling tulus mencintai kebaikan untuk kita? Orang tua kita." - Arif Rahman Lubis

22. "Berbaktilah kepada orang tua semaksimal mungkin, supaya rezeki dan jalan hidup diberi kelapangan, kekuatan serta keberkahan." - Wijayanto

23. "Hati seorang ibu itu sangatlah dalam dan di dasar hatinya yang paling dalam, Anda akan selalu menemukan pintu maaf." - Honoré de Balzac

24. "Jika kau cukup beruntung memiliki orang tua yang masih hidup di muka bumi ini, telepon mereka. Telpon mereka, jangan SMS, jangan e-mail. Dengarkan mereka berbicara selama yang mereka mau padamu." - J K Simmons

25. "Bagi saya ibu adalah segala-galanya, jalan rezeki dibuka dengan bakti kita pada orang tua, hal yang membuat hati seorang ibu bahagia bukanlah harta, melainkan akhlak seorang anak yang mulia." - Susi Pudjiastuti

26. "Kita tidak akan tahu rasa cinta orang tua kita, hingga kita menjadi orang tua." - Henry Ward Beecher

27. "Jika kita dewasa, cerewetnya orang tua akan diterjemahkan sebagai rasa sayang." - Bong Chandra

28. "Jangan memarahi kedua orang tuamu hanya untuk menyenangkan orang lain. Karena orang lain tidak menghabiskan masa hidup mereka untuk membina dan membangun hidupmu."

29. "Sebelum engkau dikandung, ibu menginginkan engkau ada. Sebelum engkau dilahirkan, ibu telah mengasihimu. Sebelum engkau keluar dari kandungan, ibu pun rela mati untukmu. Inilah keajaiban kasih sayang ibu."

30. "Untuk membentuk sebuah pasukan yang kuat, aku membutuhkan 1.000 bala tentara. Tetapi, untuk membentuk jiwa yang hebat, aku hanya butuh seorang ayah."