Brilio.net - Menangis merupakan salah satu tindakan yang sering kali terjadi apabila kamu mengalami rasa sedih, tertekan, atau cemas. Tak hanya perasaan-perasaan yang negatif saja, terkadang menangis juga bisa terjadi karena kamu merasa bahagia dan puas telah mampu melalui berbagai kejadian.

Menangis pun merupakan hal yang wajar dialami oleh berbagai kalangan, mulai dari perempuan, laki-laki, anak-anak, dewasa, hingga lansia. Setelah menangis, hati atau perasaan biasanya terasa lebih plong.

Jika menangis adalah hal yang lumrah terjadi di dunia nyata, bagaimana jika kamu justru mengalaminya di dalam mimpimu ketika tertidur? Apakah perasaan yang kamu alami saat ini berpengaruh besar terhadap mimpi tersebut? Nah, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Senin (13/12), inilah arti mimpi menangis yang bisa dilihat dari kacamata psikologi maupun primbon dengan beragam tafsir.

arti mimpi menangis © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

1. Arti mimpi menangis secara psikologi.

Secara psikologis, mimpi menangis dapat diartikan bahwa kamu tengah menyembuhkan diri secara emosional dari rasa sakit yang selama ini kamu derita. Fase menyembuhkan diri ini bisa menandai bahwa kamu telah mampu menghadapi tekanan hidup yang ada. Selain itu, mimpi ini juga bisa ditafsirkan bahwa kamu berada dalam keputusan sulit untuk mengakhiri hubungan cinta atau tetap bertahan pada kondisi yang sekarang.

2. Arti mimpi menangis menurut primbon Jawa.

Berbeda dari psikologi, menurut tafsir dari primbon Jawa, menangis dapat menandakan hal-hal baik. Mimpi tersebut bisa menandakan bahwa kamu akan mendapatkan keberuntungan dan keberhasilan. Namun, tafsir mimpi ini bisa berubah jika kamu mendengar tangisan anak-anak atau bayi dalam mimpimu. Mimpi mendengar tangisan tersebut bisa dimaknai bahwa kamu akan menghadapi masalah akibat perbuatan yang telah kamu lakukan.

arti mimpi menangis © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

3. Mimpi tidak bisa berhenti menangis.

Di dunia nyata, tidak berhenti maupun menangis dalam waktu cukup lama menandakan bahwa kamu tengah dilanda masalah yang serius. Dalam dunia mimpi, tidak berhenti menangis juga masih terkait dengan situasi yang sulit. Mimpi tersebut dapat diartikan sebagai tidak berdayanya dirimu di tengah masalah yang kamu hadapi. Meskipun demikian, alam bawah sadarmu mencoba mendorong dirimu untuk bisa menghadapi situasi tersebut.

4. Mimpi menangis histeris.

Seperti halnya mimpi tidak bisa berhenti menangis, mimpi menangis secara histeris juga memiliki kaitan dengan kondisi psikologismu. Mimpi ini bisa dimaknai bahwa kamu tengah menekan perasaan atau emosimu. Bahkan, mimpi menangis histeris juga bisa dikaitkan karena kamu malu terhadap aib di masa lalu.

5. Membuat seseorang menangis.

Ketika membuat seseorang menangis tentu saja kamu telah berbuat kesalahan, bukan? Mimpi ini ternyata memiliki tafsir bahwa kamu memiliki masalah hubungan dengan orang-orang di sekitarmu. Bisa saja kamu mengalami masalah dengan suami, istri, kekasih, atau keluarga. Jika kamu sudah mengalami mimpi ini, ada baiknya untuk menyelesaikan masalahmu dengan orang terdekat supaya tidak terjadi perselisihan.

arti mimpi menangis © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

6. Mimpi menangis bahagia.

Berbeda dari arti menangis lainnya yang kerap dikaitkan dengan perasaan yang negatif, menangis bahagia tentu saja mengharukan. Jika kamu mengalami mimpi menangis bahagia ternyata artinya tidak benar-benar kamu merasakan kebahagiaan. Mimpi ini bisa diartikan bahwa kamu harus lebih memperhatikan nalurimu supaya hidupmu bisa lebih terbimbing dengan baik.

7. Melihat seseorang menangis.

Jika kamu mengalami mimpi melihat seseorang menangis, bisa jadi kamu mengalami nasib yang baik. Mimpi ini bisa diartikan bahwa ada seseorang yang akan datang ke dalam hidupmu dan memberikan perubahan. Orang tersebut bisa saja berkaitan dengan urusan bisnis, pekerjaan, maupun percintaan. Namun, mimpi melihat seseorang menangis juga bisa diartikan bahwa kamu telah menyebabkan orang lain merasakan kesedihan.

8. Mendengar seseorang menangis.

Ketika kamu bermimpi mendengar seseorang menangis tanpa melihat wujudnya atau mengetahui dari mana suara itu berasal, kamu harus menggali dirimu lebih jauh. Mimpi tersebut bisa diartikan bahwa kamu memiliki keterampilan atau bakat, namun kamu belum menyadarinya. Hal ini bisa terjadi karena kamu sudah puas dengan pencapaianmu saat ini dan berada di zona nyaman. Oleh karena itu, sebaiknya kamu lebih banyak mencoba hal baru untuk mengembangkan dirimu.

9. Melihat bayi menangis.

Dalam primbon Jawa, mendengar bayi menangis memiliki arti yang kurang baik. Namun, jika kamu melihat bayi menangis, hal ini justru menjadi pertanda baik. Mimpi tersebut bisa dimaknai bahwa kamu akan memperoleh rezeki dalam jumlah besar.

arti mimpi menangis © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

10. Melihat tangisan ayah.

Dalam dunia nyata, sosok ayah sering kali terlihat tangguh dan jarang menangis. Lantas, bagaimana jika kamu melihat ayahmu menangis? Ternyata mimpi ini bisa menjadi pertanda kurang baik karena terdapat keadaan tak menyenangkan yang bisa terjadi dengan tiba-tiba dan dalam waktu dekat.

11. Melihat tangisan ibu.

Mirip seperti mimpi melihat tangisan ayah, mimpi melihat ibu menangis pun bisa menjadi pertanda buruk. Kamu akan menghadapi masa sulit di masa mendatang dari sisi kesehatan maupun keuangan.

12. Melihat tangisan saudara.

Ternyata melihat tangisan saudara juga memiliki arti yang kurang baik seperti halnya melihat tangisan ayah dan ibu. Jika kamu mengalami mimpi ini, kamu akan dihadapkan pada masalah yang membuat emosimu kurang terkendali. Bahkan, ada potensi jika kamu akan mengalami kesedihan dan depresi. Meskipun demikian, mimpi ini juga bisa memiliki tafsir yang lain, yakni hubunganmu dengan orang-orang tercinta yang sempat berselisih, akan kembali membaik.

13. Melihat tangisan teman.

Mimpi melihat tangisan teman dapat diartikan bahwa kamu memerlukan orang lain untuk menyelesaikan masalah. Jika selama ini kamu selalu menyelesaikan masalah sendiri, cobalah untuk mengajak orang lain untuk membantu dan mendukungmu. Hal ini perlu kamu lakukan karena dalam fase hidup tertentu kamu akan kewalahan menyelesaikan masalah hanya sendirian.

(brl/red)

(brl/red)