1. BRILIO.NET
  2. »
  3. Wow
06 Desember 2016 17:45

12 Benda ini jangan keburu dibuang, bisa diubah jadi lebih bermanfaat

Kamu cuma butuh sedikit mikir gimana dapet barang bagus dari mengolah ulang barang bekas.

Brilio.net - Barang bekas bukan berarti nggak ada gunanya. Banyak barang bekas atau lama yang mungkin sudah nggak dipakai lagi, malah bisa memiliki nilai yang nggak sedikit. Barang-barang tersebut bisa dipergunakan untuk sebuah karya yang sebelumnya mungkin belum pernah terpikirkan.

Di tangan-tangan kreatif, selalu saja ada ide untuk memanfaatkannya. Apalagi di saat ini banyak orang bisa mencari ide dengan mudah di internet. Berbagai ide menarik pun bisa bermunculan dengan segera.

Kamu sendiri pun bisa melahirkan ide orisinil nggak pernah terpikirkan oleh orang lain sebelumnya. Nah, berikut beberapa contoh kreasi yang bisa dilakukan untuk sejumlah barang bekas yang ada di rumahmu, sebagaimana dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (6/12):

1. Kaos bekas.

foto: getawaytoday.com

Pakaian bekas apakah itu berbentuk baju, kaos, atau celana jeans bisa diubah menjadi berbagai karya menarik. Bisa dipotong-potong menjadi aksesori pakaian lain, dibuat keset, dan yang paling banyak dipraktikkan adalah membuatnya menjadi tas cantik.

Dijamin deh, tas hasil pakaian bekas bisa memberikan nilai artistik tersendiri. Apalagi jika pakaian tersebut pakaian jadul yang saat ini modelnya mungkin sudah nggak diproduksi lagi.

2. Botol bekas.

foto: oldecors.com

Botol bekas minuman, baik itu yang dari plastik ataupun kaca, sering sekali dibuang orang. Habis beli minuman mineral mereka membuang botolnya. Padahal botol itu bisa dimanfaatkan menjadi banyak hal. Mulai dari vas bunga, tempat lampu, gantungan charger, tempat tisu, dan lainnya.

Semua karya itu hanya bisa dihasilkan dari orang-orang yang mempunyai imajinasi tinggi. Selain itu, juga dilakukan oleh orang-orang yang nggak mudah membuang benda-benda di sekitar mereka.

3. Kardus.

foto: Istimewa

Kardus bekas termasuk salah satu bahan favorit untuk dibuat berbagai macam karya. Tekstur bahannya yang nggak keras dan mudah digunting serta dibentuk membuat banyak orang bersemangat untuk menjadikannya karya menarik.

Semakin besar pengetahuan dan kreasimu, maka semakin unik juga karya yang bisa dibuat. Salah satunya adalah dengan menjadikannya sebagai teleskop yang bisa dipergunakan untuk melihat gerhana matahari. Keren bukan?

4. Kaleng susu.

foto: mysharing.co

Daur ulang tempat minuman bekas umumnya berupa wadah, seperti tempat alat tulis dan lainnya. Namun di tangan-tangan kreatif bahan-bahan bekas itu bisa dibentuk apa saja. Apalagi jika sang kreator mengombinasikan dengan kemampuannya dalam melukis. Makin banyak deh, barang seni bernilai tinggi yang bisa dihasilkan. Seperti celengan penuh warna-warni yang bisa dijual kembali dengan harga mahal.

5. Koran dan majalah bekas.

foto: lipstiq.com

Saat ini sudah mulai berkurang orang yang membaca koran dan majalah. Namun media berbahan kertas ini masih sangat mudah ditemui. Banyak juga bekas koran dan majalah yang kemudian menjadi sampah untuk dibuang. Padahal kertasnya bisa berbagai warna dan huruf yang ada media cetak itu bisa dirangkai menjadi karya bagus.

6. Sepatu.

foto: dionisopunk.com

Banyak orang bingung apa yang akan dilakukan dengan sepatu bekas. Padahal bentuknya yang unik bisa dibuat menjadi berbagai karya seni indah dan lucu. Bagi kamu yang nggak mempunyai kemampuan seni tinggi pun bisa memanfaatkannya sesuai dengan imajinasi yang kamu miliki.

7. Kaleng minuman.

foto: bumiku.web.id

Kaleng bekas minuman juga merupakan salah satu barang biasa dibuang orang. Padahal, jika dibuang percuma, kaleng tersebut bisa menjadi limbah yang susah terurai. Lebih baik kamu gunakan untuk berbagai hal.

Jika ingin membuat karya di luar mainstream, kamu bisa gunakan ratusan atau ribuan kaleng menjadi sebuah perahu yang kuat. Atau dipergunakan untuk membuat miniatur kendaraan keren yang bisa kamu jual kembali kepada masyarakat.

foto: Istimewa

8. Rol film.

foto: knowandtellcrafts.com

Zaman sekarang sudah sulit untuk mendapati rol film bekas karena semua kamera sudah digital. Namun jika kamu bersih-bersih rumah, bisa saja menemukan rol film lama milik orangtua yang sudah nggak terpakai lagi.

Jika menemukannya, jangan sampai dibuang karena benda itu sudah langka. Lebih baik kamu mempergunakannya untuk menjadi benda seni sesuai dengan imajinasimu.

9. Crayon bekas.

foto: abrokencrayon.files.wordpress.com

Anak kecil suka pakai krayon dengan nggak tuntas. Potongan-potongan kecil krayon akhirnya banyak yang terbuang percuma. Padahal jika semua potongan dari berbagai warna yang ada dikumpulkan menjadi satu, bisa menjadi sebuah perpaduan yang indah. Apalagi jika potongan-potongan itu menjadi berbagai bentuk bagus.

10. Kertas gelas.

foto: afnord.blogspot.se

Saat belanja minuman panas di kafe, gelas pengunjung biasanya dilengkapi dengan sebuah kertas gelas agar panas nggak mengenai tangan. Biasanya kertas itu langsung dibuang saat selesai dipergunakan. Padahal kertas ini juga punya banyak manfaat lain lho. Ia bisa menjadi karya seni dan hiasan di rumahmu. Tentunya setelah kamu hias sedemikian rupa.

11. Bola lampu.

foto: projectlovegood.com

Bola lampu mati sudah biasa dijumpai, termasuk di rumahmu bukan? Alangkah baiknya jika bola lampu itu kamu buat menjadi sebuah karya.

Warnanya yang bening, serta bentuk masing-masing lampu yang khas bisa dirangkai dengan sejumlah aksesori lain dan menjadi hiasan yang bisa bernilai mahal.

12. HP lama.

foto: marketingland.com

Saat ini sangat mudah mendapati orang yang gonta-ganti smartphone. Alasannya pun beragam. Ada yang ingin ikut tren atau merasa smartphone mereka sudah ketinggalan zaman karena belum 4G. Padahal smartphone yang belum 4G pun tetap bisa dipakai untuk menikmati layanan 4G dengan mifi yang sekarang banyak ditawarkan.

Seperti mifi Smartfren 4G yang terkenal mempunyai sinyal bagus dan jaringan yang luas.
Jadi buat apa kamu singkirkan smartphone lama kamu hanya untuk menjangkau layanan 4G? Apalagi mifi ini bisa dipergunakan bersama beberapa orang lainnya secara bersamaan.

Cukup membeli kuota 30 GB seharga Rp 300.000, kamu sudah bisa dapet mifi M3Y atau M3Z Smartfren 4G, lho. Tertarik? Cepet pesan di sini. Info lengkapnya cek tautan ini

foto: pricepedia.org

 

 

(brl/tin)

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories
TOP

Would you like to switch to the English Version?