Brilio.net - Sebelas pelajar SMP Ipeka Integrated Christian School (IICS) berhasil mengukir prestasi tingkat internasional di ajang World Scholar’s Cup (WSC) 2022. Tim IICS meraih juara pertama di babak final WSC 2022 bertajuk Tournament of Champions di Yale University, Amerika Serikat. 

Pencapaian ini sekaligus berhasil membuat Tim IICS menyingkirkan pesaing berat dari Amerika Serikat, Kanada, Uni Emirat Arab, serta Malaysia dalam ajang yang diikuti sekitar 1.800 pelajar dari 60 negara.

Tim IICS yang terdiri dari sebelas pelajar tingkat SMP ini terdiri dari murid kelas tujuh, delapan, dan sembilan dengan kisaran usia 12-14 tahun. Meskipun kesebelas murid IICS ini baru pertama kali mengikuti ajang internasional, selama perjalanannya tim IICS berhasil mengumpulkan puluhan piala atau trofi serta medali di WSC 2022.

11 Pelajar Berprestasi © 2022 brilio.net Audrey Effendi (kiri) dan Caitlin Valencia Yong (kanan) murid SMP IPEKA Integrated Christian School (IICS) yang berhasil meraih juara pertama sebagai First Place Overall Champion Team untuk kategori Junior Division di World Scholar’s Cup 2022.

Pada babak penyisihan WSC Global Round di Bangkok, September 2022, tim IICS berhasil meraih total 21 trofi, 80 medali emas, dan 21 medali perak. Sedangkan di babak final atau WSC Tournament of Champions yang diselenggarakan di Yale University, tim IICS meraih total enam trofi, 39 medali emas, dan 32 medali perak.

Tahun ini, tim Indonesia melalui IICS berhasil meraih juara pertama sebagai First Place Overall Champion Team untuk kategori Junior Division. Tim peraih juara pertama ini merupakan tim hybrid dari sekolah IICS dan ACS International Singapore, yaitu Audrey Effendi (IICS), Caitlin Valencia Yong (IICS), serta Jayden Christian Budiman (ACS International Singapore).

Junior & Senior High School Administrative Principal IICS, Engelina Sutantio belum lama ini menyambut tim juara dari IICS dalam acara pengucapan syukur di Sekolah IICS, Jakarta Barat.

“Kami tentu saja sangat bersyukur pada Tuhan, dan sangat bangga dengan prestasi anak-anak didik kami. Sungguh merupakan prestasi yang sangat luar biasa. Kami percaya pengalaman di ajang WSC mengasah mereka di berbagai kecakapan interaksi dan teamwork antara satu sama lain, serta kegigihan untuk berusaha yang terbaik dalam mempersiapkan apa yang menjadi end goal mereka. Kami juga sangat mengapresiasi orang tua murid kami yang begitu supportive sampai saat ini,” ungkap Engelina.

11 Pelajar Berprestasi © 2022 brilio.net Audrey Effendi (kiri) dan Caitlin Valencia Yong

Salah satu peraih Juara Pertama kategori Junior Division WSC 2022 dari IICS, Audrey Effendi mengungkapkan banyak pengalaman berharga dan membanggakan yang didapat dari ajang ini.

“Di kompetisi ini kami tidak hanya mempelajari hal baru dari kurikulum WSC, tetapi kami juga bisa bertemu dengan teman-teman dari berbagai belahan dunia. Momen yang paling tak terlupakan dan membanggakan adalah ketika melihat bendera Merah Putih berkibar di panggung Yale University,” ujar Audrey.