Brilio.net - Bawang merah merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki sejuta manfaat. Meskipun wujudnya kecil, bawang merah jadi kunci kenikmatan sebuah makanan lho. Rasanya nggak lengkap kalau sebuah masakan tanpa adanya bawang merah. Selain bisa menambah rasa gurih, bawang merah juga bisa memperkuat cita rasa sebuah makanan. Bahkan bawang merah nggak hanya dimanfaatkan sebagai bumbu halus. Bawang merah yang digoreng pun jadi favorit banyak orang sebagai bahan pelengkap makanan.

Tapi kamu tahu nggak sih, bawang merah masih memiliki banyak manfaat terutama untuk kesehatan lho. Di balik rasa dan aromanya yang tajam, bawang merah mampu menjadi solusi untuk berbagai penyakit. Mulai dari permasalahan kolesterol, jantung, diabetes, pernapasan, hingga atasi sembelit. Bahkan untuk mendapatkan manfaat dari bawang merah ini kamu bisa mengonsumsinya secara mentah. Mudah dilakukan dan yang pasti alami bukan?

Yuk, simak selengkapnya mengenai manfaat bawang merah dalam ulasan brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (19/8).

1. Mengatasi radang tenggorokan.

Manfaat bawang merah untuk kesehatan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Radang tenggorokan adalah masalah kesehatan yang kerap muncul. Gangguan ini akan menyebabkan tenggorokanmu terasa gatal dan tidak nyaman. Nggak jarang juga muncul rasa panas dari peradangan pada tenggorokan.

Untuk mengatasinya kamu bisa mencoba bawang merah sebagai solusinya. Kandungan antiradang pada bawang merah mampu mengatasi infeksi atau peradangan di tenggorokan. Selain itu, ada juga kandungan quercetin pada bawang merah mentah yang dapat mengurangi sakit radang tersebut.

2. Meningkatkan sistem imun.

Manfaat bawang merah untuk kesehatan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Kekebalan pada tubuh perlu kamu jaga. Kekebalan tubuh yang baik dapat menjadi tameng agar tidak mudah terserang penyakit. Kandungan yang ada pada bawang merah, terutama mentah, dapat menyerang kuman, virus, dan bakteri yang masuk ke tubuh.

Menariknya, untuk meningkatkan kekebalan tubuh, kamu juga bisa mendapatkan manfaatnya dari semua jenis bawang lho. Jadi nggak hanya bawang merah saja yang bisa menjaga tubuh dari serangan penyakit.

3. Atasi sembelit.

Manfaat bawang merah untuk kesehatan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Kamu pernah mengalami sembelit? Tentu kondisi ini akan membuatmu nggak nyaman. Ketika sembelit, kamu akan sulit untuk BAB. Sehingga perut akan terasa begah sepanjang hari. Maka dari itu, segera atasi permasalahan ini sebelum semakin parah.

Salah satunya, kamu bisa mencoba untuk mengonsumsi bawang merah. Senyawa di dalam rempah ini bisa membantu proses pembuangan racun, sehingga pencernaan menjadi lebih lancar.

4. Menurunkan kolesterol.

Manfaat bawang merah untuk kesehatan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Bawang merah memang cocok disebut sebagai bahan dengan sejuta manfaat. Bawang jenis ini mengandung sufida methylallyl dan asam amino sulfur yang membantu menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh.

Sebuah penelitian yang melibatkan subjek wanita kelebihan berat badan dengan polycystic ovary syndrome (PCOS) menguji efektivitas bawang merah terhadap penurunan kolesterol. Penelitian tersebut membagi subjek ke dalam dua kelompok, yaitu kelompok yang mengonsumsi banyak bawang merah, dan kelompok yang mengonsumsi sedikit bawang merah. Hasilnya, orang yang mengonsumsi banyak bawang merah, tingkat kolesterol jahatnya turun.

Di samping itu, kandungan antioksidan dan zat bioaktif lain pada bawang merah mampu menurunkan jumlah lemak total.

5. Menyehatkan jantung.

Manfaat bawang merah untuk kesehatan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Jantung adalah organ penting yang perlu kamu jaga. Gaya hidup yang tidak sehat bisa membuat kesehatan jantungmu menurun. Maka kamu bisa mulai merawat jantung dengan mengonsumsi makanan sehat. Salah satunya yang mengandung bawang merah.

Bawang merah dapat mengontrol tekanan darah tinggi, serta membuka arteri yang tersumbat. Hal ini bisa mencegah risiko serangan jantung coroner, stroke, serta gagal ginjal. Nggak ketinggalan, kandungan quercetin dari bawang merah akan memberi efek penting bagi tubuh, termasuk menurunkan tekanan darah tinggi.

6. Baik untuk gula darah.

Manfaat bawang merah untuk kesehatan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Nggak hanya bisa mengatasi kolesterol dan permasalahan jantung, bawang merah juga dikenal baik untuk penderita diabetes. Berbagai penelitian menunjukkan hasil bahwa mengonsumsi bawang merah dapat membuat kadar gula darah menjadi normal bagi penderita diabetes mellitus, tipe satu dan tipe dua. Hal ini terjadi karena adanya peningkatan kadar insulin dan mampu membantu proses glikosis pada penderita.

7. Membantu pernapasan menjadi lancar.

Manfaat bawang merah untuk kesehatan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Mungkin kamu adalah salah satu orang yang merasa terganggu dengan aroma menyengat bawang merah. Eits tapi jangan keburu benci, karena justru si kecil merah ini mampu melegakan pernapasanmu lho.

Manfaat lain dari bawang merah adalah membantu melancarkan sistem pernapasan. Kamu bisa memanfaatkan bawang merah sebagai obat antiradang, karena hal ini dipercaya dapat membantu pernapasan.

8. Mencegah kanker.

Manfaat bawang merah untuk kesehatan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Kamu mungkin nggak asing lagi dengan penyakit satu ini. Kanker dikenal sebagai penyakit yang bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Nggak memandang anak kecil hingga orang dewasa.

Untuk menghindarinya, kamu bisa mengonsumsi bawang merah. Berdasarkan hasil penelitian yang diterbitkan American Journal of Clinical Nutrition, tim riset melakukan studi terhadap seberapa sering orang Italia dan Swis mengonsumsi bawang merah, bawang putih, dan sayuran. Hasilnya menunjukkan bahwa konsumsi lebih banyak bawang merah, risiko kanker semakin rendah. Manfaat ini didapatkan dari kandungan quercetin dan antosianin, yang dipercaya mampu menghambat dan menghancurkan sel kanker dalam tubuh, terutama kanker sel kolon dan payudara.

9. Menjaga mata agar tetap sehat.

Manfaat bawang merah untuk kesehatan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Kamu perlu tahu kalau bawang merah juga memiliki kandungan sulfur. Kandungan ini dapat merangsang produksi protein, yakni glutathione yang berperan sebagai antioksidan dan kombinasi vitamin E dari bawang merah. Kandungan tersebut baik untuk menjaga kesehatan organ mata. Untuk mendapatkan hasilnya, kamu hanya perlu rajin mengonsumsi bawang merah.

10. Mengatasi sulit tidur.

Manfaat bawang merah untuk kesehatan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Tidur menjadi kesempatan tubuh untuk beristirahat dan mengisi kembali energi. Maka penting untuk kamu memiliki jam tidur yang seimbang serta kualitas tidur yang nyenyak. Kualitas tidur yang buruk bisa memberikan dampak kurang baik bagi kesehatan. Atasi permasalahan ini dengan mengonsumsi bawang merah.

Bawang jenis ini memiliki kandungan probiotik yang mampu meningkatkan kualitas tidur. Selain itu, kandungan ini juga bisa meringankan stres lho. Nggak ketinggalan bakteri baiknya juga mampu merangsang kinerja otakmu.

(brl/tin)

(brl/tin)