Brilio.net - Indonesia menjadi negara yang kaya akan obat-obatan tradisional. Negara ini memiliki banyak pilihan rempah yang memiliki khasiat yang sangat baik. Bahkan kamu juga bisa mendapatkan dengan mudah dengan harga terjangkau. Maka nggak heran kalau banyak orang yang kerap mengandalkan obat tradisional untuk permasalahan kesehatan.

Salah satu yang sering dijadikan obat andalan adalah minyak zaitun. Meskipun bukan asli Indonesia, minyak yang berasal dari pohon tradisional pesisir laut tengah itu sudah akrab dengan masyarakat Indonesia.

Bukan tanpa sebab minyak zaitun dekat dengan masyarakat Indonesia. Minyak ini sudah dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari untuk mengatasi masalah kesehatan, kecantikan, hingga perawatan kulit. Hal ini dikarenakan minyak zaitun mengandung banyak senyawa baik, seperti vitamin E, K, lemak (omega 9, omega 6, omega 3, dan lemak jenuh) phenolic dan zat besi.

Khasiat yang dimiliki minyak zaitun juga bisa dirasakan banyak orang lho. Baik anak-anak maupun orang dewasa. Minyak yang banyak dikenal sebagai olive oil ini juga bahkan memiliki khasiat tersendiri bagi kaum wanita. Nggak hanya mampu merawat tubuh namun juga menjaga organ-organ dalam. Mau tau apa saja? Simak selengkapnya dalam ulasan brilio.net pada Kamis (13/8) dari berbagai sumber berikut ini.

1. Mengatasi jerawat.

Loading...

Manfaat minyak zaitun untuk wanita © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Meskipun nggak hanya terjadi pada wanita, jerawat adalah salah satu masalah yang kerap menjadi pengganggu penampilan. Si kecil merah ini juga kerap membuat sebagian wanita merasa kurang percaya diri. Tapi sekarang kamu nggak usah khawatir. Kamu bisa mencoba mengaplikasikan minyak zaitun pada wajahmu.

Caranya ambil 1 sdm minyak zaitun, oleskan pada area berjerawat, pijat wajah secara perlahan selama 4-5 menit dan biarkan selama 15-20 menit. Jika sudah, jangan lupa untuk membersihkan wajah dengan kain bersih dan hangat. Selanjutnya, ulangi pijatan tersebut selama beberapa kali. Kemudian lakukan sebanyak 2 kali sebelum tidur setiap harinya.

Minyak zaitun memiliki kandungan vitamin yang mampu mempercepat proses penyembuhan jerawat. Kandungan antibakteri mampu menyembuhkan jerawat karena infeksi bakteri. Sifat antiinflamasi nya berguna untuk menyembuhkan jerawat serta bekasnya. Dan sifat non-comedogenic pada minyak zaitun juga baik karena tidak menyumbat pori-pori kulit. Nggak ketinggalan juga kandungan antioksidan nya yaitu polifenol dapat mengeluarkan racun dalam tubuh, serta mencegah segala macam jenis infeksi.

2. Mencerahkan bibir.

Manfaat minyak zaitun untuk wanita © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Selain kulit wajah, kesehatan bibir juga perlu diperhatikan lho. Bibir adalah area yang kerap terpapar berbagai hal. Apalagi untuk para wanita, nggak memungkiri akan sering mengaplikasikan lipstik. Hal ini sering menimbulkan keluhan dari wanita mengenai kecerahan bibir menjadi berkurang. Selain itu, penggunaan obat-obatan dan kebiasaan merokok juga menjadi salah satu penyebab bibir menjadi menghitam. Maka untuk solusinya kamu bisa menggunakan minyak zaitun untuk mengembalikan kecerahan bibirmu. Cukup oleskan minyak zaitun pada bibir setiap hari. Dengan begitu, warna merah alami bibir akan tampak secara perlahan.

3. Menebalkan alis.

Manfaat minyak zaitun untuk wanita © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Minyak zaitun juga bisa mempercantik tampilan alis nih. Untuk memiliki alis yang tebal kamu sekarang bisa mendapatkannya dengan mudah. Nggak perlu repot ke luar rumah. Kamu hanya perlu mengaplikasikan minyak zaitun pada alismu. Namun yang perlu diperhatikan, gunakan minyak zaitun yang benar-benar alami dan tidak tercampur dengan bahan kimia. Selanjutnya kamu bisa mengoleskan minyak zaitun pada alis sebelum tidur, biarkan semalaman, dan bersihkan keesokan harinya.

4. Memanjangkan bulu mata.

Manfaat minyak zaitun untuk wanita © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Minyak zaitun mengandung nutrisi seperti vitamin E. Vitamin E akan senantiasa memelihara kesehatan rambut. Kandungan ini juga bisa menjadi solusi untuk kamu yang menginginkan bulu mata yang panjang dan lebat. Sehingga kamu nggak perlu pergi ke salon jika ingin lebih praktis. Selain menggunakan pada alis, kamu juga bisa melakukannya pada bulu matamu. Bahan alami ini akan merawat keindahan bulu mata tanpa merusaknya.

5. Menghapus makeup.

Manfaat minyak zaitun untuk wanita © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Setelah seharian bekerja badan tentu akan merasa lelah. Begitu juga dengan kulitmu, penggunaan makeup seharian akan memberikan dampak pada kulit wajahmu. Maka ketika selesai beraktifitas, usahakan untuk segera menghapus makeup mu. Gunakan saja minyak zaitun untuk mengangkat sisa makeup dan kotoran yang mengangkat pada wajah. Selain membersihkan, dengan menggunakan minyak zaitun kamu akan sekaligus merawat wajah secara alami.

6. Meminimalisir risiko kanker.

Manfaat minyak zaitun untuk wanita © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Kanker adalah salah satu penyakit yang kerap menyerang wanita. Penyebabnya bermacam-macam, mulai dari faktor makanan hingga gaya hidup. Kanker juga bisa menyerang berbagai organ dalam tubuh,maka dari itu para wanita juga perlu mewaspadainya. Penggunaan minyak zaitun dianggap menjadi salah satu solusi untuk menghindari terjadinya kanker. Sifat antioksidan dan anti inflamasi yang kuat pada minyak zaitun dan juga melalui kerja dari phenolic dan vitamin E dapat mencegah dan mengurangi risiko kanker terutama kanker payudara dan kanker kulit. Minyak zaitun yang kaya akan asam oleat, lemak tak jenuh, dan beberapa senyawa bioaktif seperti antioksidan akan menjadi kunci penting memerangi tumor.

7. Mengatasi peradangan kulit.

Manfaat minyak zaitun untuk wanita © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Penggunaan makeup yang kerap dilakukan para wanita bisa menimbulkan banyak efek. Apalagi jika makeup yang kamu gunakan memiliki kandungan yang tidak cocok dengan kondisi kulitmu. Peradangan kulit menjadi sensitif, serta gatal-gatal adalah efek yang bisa muncul setelahnya. Maka dari itu atasi permasalahan ini dengan menggunakan minyak zaitun. Anti inflamasi pada minyak zaitun berguna untuk mengobati peradangan kulit.

8. Membantu mengatasi Alzheimer.

Manfaat minyak zaitun untuk wanita © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Alzheimer merupakan sebuah penyakit demensia atau yang sering disebut pikun karena gangguan pada otak. Penyakit ini kerap ditemukan pada lansia dan juga para wanita. Peneliti Italia dari Universitas Florence menemukan bahwa polifenol pada minyak zaitun ekstra virgin dapat mencegah atau menunda munculnya penyakit alzheimer. Studi yang dipublikasikan di PLOS One, sebuah jurnal dengan akses terbuka, meneliti manfaat minyak zaitun untuk kesehatan pada tikus yang berpenyakit alzheimer.