Brilio.net - Mendengar kata bawang, yang terlintas di pikiran adalah bumbu makanan. Bahan makanan yang satu ini memang menjadi bumbu andalan dalam setiap masakan. Meski bentuknya kecil tapi peran mereka besar lho.

Selain untuk cita rasa, bawang juga memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk tubuh. Bahkan bawang juga dikenal sebagai salah satu obat tradisional untuk berbagai macam penyakit, dari permasalahan kulit hingga pencernaan.

Salah satu jenis bawang yang nggak kalah mujarab adalah bawang bombai. Bawang yang sering dijadikan camilan goreng ini bisa menjaga imun tubuh, mencegah diabetes, sampai menurunkan risiko kanker.

Nah mau tahu apa saja manfaat bawang bombai untuk kesehatanmu? Yuk simak dalam ulasan brilio.net dikutip dari berbagai sumber pada Jumat (14/8).

1. Menjaga kesehatan tulang.

Manfaat bawang bombai untuk kesehatan © 2020 brilio.net

Loading...

foto: freepik.com

Menjaga kesehatan tulang perlu dilakukan dengan berolahraga dan mengonsumsi nutrisi yang baik untuk tulangmu. Jangan sampai kegiatanmu terganggu karena masalah kesehatan tulang.

Untuk menjaga tulang agar tetap sehat, kamu bisa mengonsumsi bawang bombai. Kandungan di dalamnya baik jika dikonsumsi secara rutin.

Mengonsumsi bawang bombai juga bisa mencegah sakit tulang pada wanita. Dari hasil studi menunjukkan bahwa konsumsi bawang bombai setiap hari mampu meningkatkan kepadatan tulang wanita yang sedang mengalami atau telah menopause.

2. Menyehatkan sistem pencernaan.

Manfaat bawang bombai untuk kesehatan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Tahu nggak sih, bawang bombai yang kamu konsumsi juga memberikan dampak baik pada pencernaanmu. Dalam setiap 100 gram bawang bombai mengandung sekitar 1,7 gram serat.

Kandungan seratnya akan membantu kerja sistem pencernaan berfungsi baik. Serat larut disebut juga dengan oligofructose.

Serat khusus atau oligofructose ini digunakan tubuh untuk mendorong pertumbuhan bakteri baik di usus, serta membantu mencegah dan mengobati diare.

3. Baik untuk kesehatan jantung.

Manfaat bawang bombai untuk kesehatan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Jantung adalah organ vital yang harus kamu jaga. Karena ada banyak penyakit yang bisa menyerang jantung dan mengancam keselamatan nyawa.

Untuk meminimalisasi, kamu bisa menambahkan bawang bombai sebagai asupan gizimu. Bawang bombai memiliki khasiat untuk menjaga tekanan darah.

Hal ini akan menurunkan risiko serangan jantung. Kandungan kalium pada bawang bombai memberikan efek penurunan tekanan darah.

Sementara itu quercetin sebagai salah satu flavonoid membantu kalium, dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

4. Mencegah diabetes.

Manfaat bawang bombai untuk kesehatan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Bawang bombai juga nggak kalah bermanfaat lho untuk para penderita diabetes. Bawang bombai memiliki kandungan sulfur yang berperan untuk menurunkan gula darah.

Selain itu, juga mampu mendorong produksi insulin di dalam tubuh. Bawang bombai juga berperan mengatur kadar gula darah karena adanya kandungan kromium.

5. Meningkatkan sistem imun.

Manfaat bawang bombai untuk kesehatan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Setiap orang diminta untuk menjaga imunitas tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Dan bawang bombai adalah salah satu bahan yang mampu untuk menjaga kekebalan tubuhmu.

Kandungan polifenolnya yang bekerja sebagai antioksidan dan melawan radikal bebas.

Hasil penelitian R Akrami, Effects of Dietary Onion (Allium Cepa) Powder On Growth, Innate Immune Response And HematoBiochemical Parameters Of Beluga, Fish & Shellfish Immunology, menunjukkan bahwa bubuk bawang bombai dapat menjadi peningkat dalam pertumbuhan, parameter hematologi, dan fungsi kekebalan tubuh remaja. Untuk mendapatkan manfaat bawang bombai, kamu bisa mengonsumsinya secara langsung maupun diolah bersama makanan.

6. Menurunkan risiko kanker.

Manfaat bawang bombai untuk kesehatan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Bawang bombai juga bisa menjadi solusi untuk menurunkan risiko kanker lho. Mulai dari kanker prostat, usus besar, dan lambung.

Bawang bombai memiliki antioksidan serta senyawa organosulfur yang sangat tinggi. Senyawa tersebut akan mencegah pembentukan radikal bebas dalam tubuh, serta bantuan sumber vitamin C yang kuat. Sehingga memberi efek positif sebagai penangkal pemicu kanker. Apalagi bawang bombai yang sedikit merah, kandungan quertecinnya akan lebih tinggi.

7. Sumber nutrisi baik.

Manfaat bawang bombai untuk kesehatan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Meskipun terkadang dijadikan bahan pelengkap, namun bawang bombai rupanya memiliki peran penting dalam mencukupi gizimu. Bawang bombai tinggi akan vitamin B6, C, mineral, serat, dan senyawa antioksidan.

Bahan makanan ini juga memiliki sedikit kandungan lemak jenuhnya dan sama sekali tidak ada lemak trans. Bawang bombai juga mengandung senyawa lain, seperti fosfor, kalium, sulfur, zat besi, dan kalsium. Sehingga, cocok untuk dikonsumsi semua usia.

8. Meningkatkan mood.

Manfaat bawang bombai untuk kesehatan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Buat kamu yang kerap merasakan mood naik turun, perlu nih untuk mencoba bawang bombai. Selain bisa meningkatkan mood, bawang bombai juga mempunyai kandungan folat yang mampu mengurangi depresi.

Karena folat menekan homosistein, akhirnya zat kimia seperti serotonin, dopamine, dan norepinefrin bisa diproduksi di otak dengan lancar. Bisa membuat otak lebih optimal mengatur nafsu makan, suasana hati, dan siklus tidur yang baik.

9. Menghambat pertumbuhan bakteri pada kulit.

Manfaat bawang bombai untuk kesehatan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Nggak hanya menjaga kesehatan dari dalam tubuh, bawang bombai juga ampuh atasi permasalahan kulitmu. Bawang bombai mengandung senyawa yang bersifat antibakteri, seperti flavonoid, pektin, dan allisin.

Dari penelitian Eka D Pakekong, Pharmacon dapat disimpulkan bahwa ekstrak bawang bombai dapat menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus. Bakteri tersebut adalah penyebab dari infeksi seperti bisul, jerawat, meningitis, dan arthtritis.

10. Menjaga kesehatan rambut.

Manfaat bawang bombai untuk kesehatan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Kamu juga bisa merasakan khasiatnya pada rambut nih. Terutama untuk kamu yang memiliki keluhan pada rambut rontok.

Kandungan potassium dari bawang bombai dipercaya dapat membantu mengurangi kerontokan rambut. Selain itu bawang bombai juga dapat mendorong pertumbuhan rambut baru.

Kamu bisa mengaplikasikan bawang bombai sebagai masker rambut. Caranya, haluskan bawang bombai hingga menjadi jus. Lalu ratakan pada kulit kepala dan rambut. Setelah ditunggu sekitar 3 menit, dan bilas hingga bersih.