×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Bukan sihir, ini penjelasan balon tak meletus ditancap tusuk sate

View Image

0

BRILIO » Wow

Bukan sihir, ini penjelasan balon tak meletus ditancap tusuk sate

Trik ini biasa dipakai saat atraksi sulap.

Kurnia Putri Utomo (brl/pep)

31 / 01 / 2018

Balon ialah benda yang rawan meletus jika terkena benda tajam. Tapi balon bisa tidak meletus saat ditancapi tusuk sate. Kok bisa ya?

Ternyata ada penjelasan ilmiahnya. Dilansir brilio.net dari abc.net.au, Rabu (31/1), ada permukaan balon yang bisa ditusuk tanpa menyebabkan balon meletus.

Ketika balon dipompa, permukaan balon akan mengembang. Semakin dipompa, permukaan balon semakin menipis. Nah permukaan tipis ini dibawahnya ada udara dengan tekanan tinggi.

Namun ada permukaan balon yang tebal. Letaknya ada di tiap ujung balon. Nah di permukaan balon yang tebal ini, tekananannya tidak terlalu tinggi.

Tekanan yang tidak tinggi membuat balon tak gampang meletus saat ditusuk. Tekanan di bawah permukaan balon yang tebal cenderung stabil. Ketika permukaan tebal balon dimasuki benda baru, maka reaksi dalam balon juga tetap stabil.

Lalu bagaimana cara membuktikan trik ini? Mudah saja, tusuk sate menembus bagian tebal balon. Tinggal tancapkan tusuk sate dari ujung ke ujung balon. Balon akan tetap stabil dan tidak meletus.

Nah bagaimana, mudah kan? Bisa dicoba tuh menancapi balon dengan tusuk sate tanpa khawatir meletus. Untuk lebih jelasnya yuk simak melalui video di atas artikel ini.

 

Loading...





Pilih Reaksi Kamu

Tags

Penjelasan Ilmiah Balon Atraksi Sulap
Loading...

MORE
Wave more