Brilio.net - Kisah ini berasal dari Vietnam. Tak tega melihat janin yang tak diinginkan dibuang oleh orangtuanya, seorang pria paruh baya mengambil semua bayi yang diaborsi dan menguburkan janin tak berdosa secara layak.

Pria yang diketahui bernama Tong Phuoc Phuc ini sudah menguburkan lebih dari 10.000 janin yang dibuang orangtuanya dalam rentang 15 tahun. Seperti dilansir brilio.net dari Wittyfeed, Senin (18/7), Phuc pertama kali membawa janin pulang ke rumah dan menguburkannya pada tahun 2001. Saat itu ia tengah berada di rumah sakit di Provinsi Khanh Hoa, Vietnam tempat istrinya melahirkan.

Di rumah sakit itu, Phuc kaget melihat wanita hamil memasuki sebuah ruangan dan keluar tanpa perut buncit serta bayinya. Tak disangka ternyata wanita itu baru saja mengaborsi bayinya lalu membuangnya di bawah pohon dekat rumah sakit.

Phuc yang sehari-hari bekerja sebagai pekerja konstruksi kemudian memutuskan untuk mengubur bayi tak berdosa itu. Sejak saat itulah ia tergerak hatinya untuk menguburkan janin yang digugurkan oleh orangtuanya bahkan sampai mau mengurusi anak-anak yang dibuang.

Istri Phuc awalnya berpikir bahwa apa yang dilakukan suaminya adalah hal yang gila. Namun seiring berjalannya waktu ia akhirnya mengerti mengapa suaminya sampai rela melakukan hal itu.

"Saya melakukan ini karena saya pikir anak-anak yang hidup bisa menikmati semua kesenangan, makan permen, kue dan bahkan pergi ke sekolah. Anak-anak ini justru kehilangan hak istimewa mereka. Setidaknya saya bisa memberikan mereka makam yang layak," ujarnya seperti dilansir Zing.

Phuc tak hanya menguburkan janin yang dibuang, tapi juga mencoba untuk membujuk banyak wanita hamil untuk tidak menggugurkan kandungannya. Meski diakui dirinya bahwa tak semua wanita mau mendengarkannya.

Phuc diketahui sampai menghabiskan tabungannya untuk membeli tanah pemakaman dan mengubur semua bayi yang diambilnya di sana. Tak hanya itu, ia juga merogoh kocek tak sedikit untuk mengurus wanita hamil dan anak-anak terlantar.


Berikut ini potret Tong Phuoc Phuc bersama anak-anak yang ditelantarkan orangtuanya, KLIK NEXT!

2 dari 2 halaman


1. Phuc datang ke rumah sakit dan klinik lokal untuk mengambil janin-janin yang dibuang orangtuanya.



2. Inilah tempat di mana semua janin yang diaborsi dikuburkan dengan layak.



3. Phuc sampai menghabiskan uang tabungan untuk membeli tanah yang digunakan untuk pemakaman.



4. Besar harapannya agar para perempuan muda melihat apa yang ia lakukan dan berhenti melakukan hal bodoh.



5. Tak hanya menguburkan janin yang dibuang, Phuc juga merawat dan membesarkan bayi yang ditelantarkan orangtuanya.



6. Anak-anak yang ia rawat ia beri nama Vinh untuk perempuan dan Tam untuk laki-laki.



7. Phuc memperlakukan semua anak-anak dengan penuh kasih sayang dalam sebuah rumah sederhana yang ia bangun untuk mereka.



8. Phuc juga berupaya untuk membujuk wanita agar tak menggugurkan kandungannya. Meski tak semua mau mendengarkannya setidaknya ia telah mencoba.