Brilio.net - Pokemon Go sedang jadi game sensasional belakangan ini. Minggu ini saja aplikasi Pokemon Go berhasil memecahkan rekor chart download aplikasi dengan terinstal oleh 10 juta pengguna smartphone Android dalam minggu pertama. Jumlah ini melebihi pengguna aktif Twitter dan waktu rata-rata pengguna Facebook, Instagram, Snapchat, dan WhatsApp. Wow!

Lantas di balik permainan yang sedang asyik kamu coba ini, penasaran nggak dengan sosok penemu game Pokemon Go? Kira-kira butuh waktu berapa lama ya, untuk bisa membuat game yang sukses dalam waktu semalam ini?

Ialah John Hanke, sosok berharga di balik game Pokemon Go. Ia adalah CEO dan pendiri Niantic Labs sejak 2015. Pria ini juga berjasa mengembangkan aplikasi yang kini dikenal sebagai Google Earth dan Maps saat masih menjadi salah satu karyawan Google.

Bagaimana John Hanke sampai bisa membuat game Pokemon Go? Berikut 10 level yang harus dicapainya, seperti dikutip brilio.net dari akun Facebook Roger James Hamilton, Kamis (14/7).

1. Level 1

Loading...

Pada tahun 1996, saat masih mahasiswa, John Hanke menciptakan MMO (Massively Multiplayer Online Game) pertama yang disebut 'Meridian 59'. Dia menjual permainan untuk 3DO untuk beralih ke semangat yang lebih besar yakni pemetaan dunia.

2. Level 2

Pada tahun 2000, Hanke meluncurkan 'Keyhole' sebagai langkah untuk menghubungkan peta dengan foto udara, dan menciptakan online, 3D peta udara pertama di seluruh dunia yang terhubung dengan GPS.

3. Level 3

Google membeli Keyhole dan dengan bantuan Hanke, ternyata Keyhole menjadi apa yang sekarang dikenal sebagai aplikasi 'Google Earth'. Saat itulah Hanke memutuskan untuk fokus pada menciptakan game berbasis GPS.

4. Level 4

Hanke bergabung dengan tim Google Geo mulai dari tahun 2004-2010. Ia menciptakan Google Maps dan Google Street View. Selama ini, ia mengumpulkan tim yang nantinya akan menciptakan Pokemon Go.

5. Level 5

Pada tahun 2010, Hanke mendirikan Niantic Labs sebagai start-up yang didanai oleh Google untuk membuat permainan yang berkaitan dengan unsur pemetaan.

Penasaran dengan pencapaian Hanke selanjutnya? Cek di halaman berikutnya.. KLIK NEXT