Brilio.net - Lazimnya, jika kehilangan sesuatu di tempat yang sulit dijangkau atau bahkan mustahil untuk ditemukan, kamu bakal merelakannya begitu saja. Namun apa yang dilakukan petugas kebersihan di Shanghai, China ini akan membuatmu berdecak kagum. Mereka berhasil membantu menemukan ponsel dua orang turis setelah melakukan pencarian selama 3 jam di tumpukan sampah seberat 5 ton.

Kejadian tersebut bermula ketika dua orang wisatawan asal Beijing kehilangan iPhone. Salah seorang wisatawan, Zhang Xiaoliang mengatakan pacarnya meninggalkan ponselnya di Yuyuan Garden seusai makan siang. Padahal dalam ponsel tersebut terdapat sejumlah data penting terkait pekerjaan.

Zhang Xiaoliang  © 2016 brilio.net

Berdasarkan alat pelacak GPS, ponsel tersebut berada di tempat sampah. Namun saat mereka tiba, tempat sampah itu telah kosong. Zhang kemudian melanjutkan pencarian dan berakhir di pusat pembuangan sampah. Sesampai di lokasi, radar GPS telah mati.

Zhang menduga jika ponselnya berada di salah satu tumpukan sampah. Tak ingin menyerah begitu saja, ia lantas meminta bantuan petugas yang berada di lokasi itu. Setelah mendengar kejadian malang yang menimpa Zhang, Han Yiming meminta anak buahnya yang berjumlah 15 orang untuk mencari ponsel Zhang.

Loading...

Zhang Xiaoliang  © 2016 brilio.net

Proses pencarian itu sendiri berlangsung selama 3 jam. Zhang tak kuasa menyembunyikan rasa gembira. Ia bermaksud menghadiahi Han uang 1.000 yuan. Namun kepala petugas kebersihan itu enggan menerimanya.

"Kami benar-benar tersentuh Anda menghabiskan waktu yang lama untuk menemukan ponsel kami. Saya sangat menghargainya! Kalian adalah kebanggaan Shanghai! Terima kasih banyak, pembersih paling keren yang pernah ada!" kata Zhang yang dikutip brilio.net dari shanghaiist, Senin (8/8).