Brilio.net - Nama Puan binti Ahmad menjadi perbincangan media Malaysia. Nenek kelahiran 1896 ini menjadi buah bibir lantaran usianya yang menakjubkan. Tahun 2017 ini, Puan akan merayakan ulang tahun yang ke-120. Sosok Puan pun digadang-gadang menjadi manusia tertua di Malaysia.

Sebelum nama Puan mencuat, pemberitaan media Malaysia telah menyebutkan manusia tertua di Malaysia berusia 117 tahun. Kini sebutan orang tertua di Malaysia jatuh pada Puan binti Ahmad. Nenek yang tinggal di Kampung Bendahara, Kodiang, Kedah, Malaysia ini masih memiliki tubuh yang sehat.

Tak seperti lansia pada umumnya, Puan masih bisa berjalan secara mandiri. Dikutip dari Malaysiandigest, disebutkan Puan tak memiliki rahasia khusus dalam menjaga tubuhnya.

"Saya tidak benar-benar memiliki tips untuk hidup lebih lama tetapi saya selalu berdoa untuk kesehatan yang baik," kata Puan dikutip brilio.net, Senin (17/4).

Puan binti Ahmad © 2017 brilio.net

Loading...

Dalam keseharian, Puan memang terbiasa makan makanan tradisional ulam atau sayur-sayuran. Selain itu, ketika sedang merasa tidak enak badan, nenek ini kerap mengonsumsi obat tradisional. Ia pun tak mengira usianya akan mencapai 120 tahun dan dianggap sebagai orang tertua di Malaysia. Puan merupakan ibu dari empat anak dengan 19 cucu dan 60 cicit.

"Alhamdulillah, saya masih bisa berjalan, pendengaran saya juga cukup baik tapi penglihatan saya tidak terlalu bagus," terangnya.

Kini nenek kelahiran April ini tinggal bersama anak dan cucunya. Memiliki tubuh yang sehat lantas tak membuat Puan berdiam diri di rumah. Ia kerap memasak nasi dan sayur secara. Tak hanya itu, ia juga kerap membuat kopi untuk dirinya sendiri. Kendati demikian, penyakit usia senja pun tak dipungkiri menerpa dirinya. Jika badan mulai merasa tak enak, ia hanya bisa terbaring di kasurnya.