Brilio.net - Kamu pernah lihat es batu secara saksama? Kalau iya, tentu kamu akan mendapati adanya perbedaan warna antara bagian luar dengan bagian tengah es batu.

Warna putih bening tampak di bagian luarnya, sedangkan di tengah/pusatnya warna putihnya lebih pekat atau menyerupai warna susu. Ya kan?

Tapi tahukah kamu bahwa bagian di tengah itu adalah gelembung udara pengotor kemurnian air yang ikut membeku? Berikut ini adalah penjelasan detailnya, seperti dilansir brilio.net dari Wittyfeed, Sabtu (15/4)


1. Di dalam air selalu terkandung oksigen. Itulah sebabnya hewan laut bisa hidup. Berapa besar kandungan oksigen ini dipakai oleh para ilmuwan untuk mengukur seberapa sehat suatu lingkungan. Namun oksigen ini merupakan bagian yang membuat ketidakmurnian (pengotor) dari air.

Teori Air Beku  © 2017 wittyfeed



2. Air dibentuk oleh dua unsur, yaitu oksigen dan hidrogen. ketika berikatan membentuk senyawa H2O.

Teori Air Beku  © 2017 wittyfeed



3. Dalam keadaan beku, air membentuk struktur kristal yang teratur. Nah, komponen selain H2O dianggap sebagai pengotor, yang mana akan terdorong semakin ke bagian inti untuk mengalami pembekuan belakangan. Oksigen yang tidak berikatan dengan unsur lain ini termasuk ke dalam pengotor tersebut.

Teori Air Beku  © 2017 wittyfeed



4. Kamu bisa membuat es batu dengan tampilan putih bening sepenuhnya, yaitu dengan melakukan penghilangan oksigen (deoksigenisasi). Caranya adalah mendidihkan air, karena dengan meningkatnya suhu air, oksigen di dalamnya akan menurun. Lalu dinginkan sebentar sebelum memasukkan ke dalam freezer.

Teori Air Beku  © 2017 wittyfeed



5. Lalu mengapa salju seluruh bagiannya tampak putih pekat? Ini berkaitan dengan pencahayaan dan permukaan.

Teori Air Beku  © 2017 wittyfeed



6. Dengan permukaan yang halus/rata, kamu bisa mendapatkan pantulan cahaya spekular, di mana semua cahaya datang dan memantul pada sudut yang sama.

Teori Air Beku  © 2017 wittyfeed



7. Sedangkan pada permukaan yang bergelombang, kamu akan mendapatkan pantulan yang menyebar (difusi), yang artinya semua cahaya memantul pada sudut acak.

Teori Air Beku  © 2017 wittyfeed



8. Pantulan spekular menghasilkan bayangan seperti ketika kamu bercermin, sedangkan refleksi difusi menghasilkan bayangan seperti pantulan dari kertas atau dinding putih.

Teori Air Beku  © 2017 wittyfeed