1. BRILIO.NET
  2. »
  3. Sosok
Laksa Mahardikengrat 10 Agustus 2017 20:37

Najwa, Andy Noya, & Oprah, kenapa acara mereka bisa sangat populer?

Mereka seperti punya magnet yang selalu ditunggu penonton.

Brilio.net - Di dunia pertelevisian, acara-acara talkshow banyak difavoritkan penonton. Tak heran jika hampir semua stasiun televisi terdapat acara talkshow yang dipandu oleh seorang host.

Di sejumlah stasiun televisi, posisi seorang host mempunyai peran sangat besar. Bahkan, banyak nama acara talkshow yang sengaja disamakan dengan nama host atau presenter acaranya.

Sebut saja Najwa Shihab yang memandu acara Mata Najwa, Andy Noya yang memandu Kick Andy, atau yang sudah mendunia adalah Oprah Winfrey dengan acara yang dipandu bernama Oprah Winfrey Show.

Talkshow seperti Mata Najwa dan Kick Andy sukses menjadi acara TV favorit Indonesia. KPI pada tahun 2015 bahkan menjadikan Kick Andy sebagai acara TV terbaik tahun 2015, mengalahkan 45 acara TV kompetitor lainnya. Sedangkan Mata Najwa memenangkan Indonesian Choice Award tahun 2017 sebagai Program TV terbaik tahun 2017. Sedang Oprah Winfrey Show tercatat telah disiarkan di 145 negara seluruh dunia.

Mata Najwa yang diumumkan tidak tayang lagi, telah menorehkan rekam jejak panjang. Talkshow ini sudah tayang selama 511 episode sejak penayangan perdana 25 november 2009 silam. Di lain sisi, Kick Andy dipandu oleh Andy F. Noya selalu dinanti pemirsa karena tamu-tamu yang diundang selalu inspiratif dan tak terduga.

Nah, kenapa presenter-presenter tersebut bisa mempunyai acara talkshow yang disukai penontonnya. Salah satu bukti adalah saat Mata Najwa diumumkan tak akan tayang lagi, publik sangat ramai dan menyayangkan penghentian acara tersebut. Apa yang membuat Andy, Najwa dan Oprah bisa sukses dengan acara talkshow yang dipandunya?



1. Mampu menangkap kebutuhan pemirsa sesuai zamannya.


foto: jadwaltelevisi.com


Andy Noya mampu melalui Kick Andy sering menghadirkan tema-tema yang kekinian. Salah satunya adalah menangkap potensi internet sebagai media usaha. Contohnya pada episode berjudul "Berniaga di Dunia Maya". Di episode ini, Kick Andy mendatangkan dua narasumber yang masih berusia muda, Carlene Darjanto dan Ria Sarwono. Mereka sukses mengantarkan brand mereka Cottonink populer berkat bantuan internet.

 

2. Sosok humoris dengan pertanyaan-pertanyaan "nakal"


Najwa Shihab selalu mempunyai cara untuk menghadirkan suasana penuh tawa dengan humor-humor yang dilontarkan. Andy dan Oprah juga memiliki kemampuan sebagai presenter yang humoris.

Dengan guyonan-guyonan yang dilontarkan, narasumber bisa nyaman dan akhirnya menceritakan kisah dengan lancar. Penonton mendapatkan tips dan trick seperti saat episode "Berniaga di Dunia Maya" yang dipandu Andy, pesan narasumber sampai ke penonton. "Kick Andy bagaikan oasis. Dia tidak saja menghibur dan menghilangkan rasa dahaga, tapi sekaligus memberikan informasi, edukasi, motivasi dan inspirasi bagi pemirsa" tulis Gantyo Koespradono dalam bukunya Kick Andy: Menonton dengan Hati.

Selain humoris, Andy dan Najwa terkenal dengan pertanyaan-pertanyaan kritis yang seringkali agak nakal dan sulit ditebak. Namun cara bertanya yang dibumbui canda, menjadikan suasana tidak tegang dan tetap hangat.

 

3. Membawakan acara penuh emosi.

 

Presenter talkshow seringkali ikut tertawa saat narasumber senang, dan sebaliknya ikut menangis saat narasumbernya sedih. Oprah Winfrey misalnya sering menunjukan empati terhadap narasumbernya. Tak jarang, Oprah ikut menangis ketika mendengar kisah narasumbernya yang sedih banget.

Salah satu contoh adalah saat Oprah dalam acaranya mengundang aktivis HIV/AIDS berusia 11 tahun, Hydeia Broadbent. Gadis kecil yang didiagonosis tak akan hidup lebih dari lima tahun ini bisa maju dan menceritakan kisahnya.

 

5. Mampu menuntun penonton memahami permasalah sosial dan politik yang berat.


foto: youtube

Mencerna isu politik dan sosial setelah pulang kerja pasti berat untuk mereka yang baru saja pulang kerja. Nah, Najwa Shihab tahu benar akan hal ini dan mengantar acaranya agar penonton bisa mudah mengikuti isu terkini.

Di Mata Najwa, narasumber seringkali adalah tokoh-tokoh politik yang pasti akan menuai pro kontra. Diantaranya terpidana kasus koruptor Gayus Tambunan, Andrian Waroruntu, dan lain lain.

 

6. Membahas isu terkini.


foto: Instagram/@najwashihab

Oprah, Andy, dan Najwa dengan gaya mereka masing-masing membawakan isu terkini untuk dinikmati pemirsa di rumah. Mata Najwa lebih condong ke isu-isu politik seperti pemilihan presiden, DPR, Kasus korupsi, dan lain lain. Pemirsa diajak untuk sigap menghadapi isu yang dibawakan. Kick Andy suka menampilkan sosok sosok inspiratif dari pelosok Indonesia. Di lain sisi, Oprah menghadirkan sosok populer dari negeri paman sam. 

 

(brl/nng)

YOU MAY ALSO LIKE

BRILIO VIDEO

#BRILIOASKYOU Kamu Pilih Mana Hayo?
Yuk, kita coba pahami keinginan para cewek! Jangan lupa komennya ya Guys. -SUBSCRIBE- http://bit.ly/1S5PBgw -WEBSITE- http://brilio.net -FACEBOOK- ...

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories
TOP

Would you like to switch to the English Version?