Brilio.net - Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra dikabarkan meninggal dunia di Rumah Sakit Serdang, Selangor, Malaysia pada Minggu (18/9) pukul 12.30 waktu setempat. Prof Azra sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit Serdang sejak Jumat (16/9) setelah mengalami sesak napas dalam penerbangan menuju Kuala Lumpur. Dilansir dari laman Antara, berdasarkan surat kematian yang dikeluarkan oleh rumah sakit, Prof Azyumardi Azra meninggal dunia karena menderita acute inferior myocardial infarction. Selanjutnya, jenazah Prof Azra dijadwalkan akan tiba di Indonesia pada Senin (19/9) malam. Saat ini jenazah Prof Azra tengah dalam proses penyiapan untuk pemulangan ke Indonesia.

Pihak keluarga juga menyampaikan bahwa Prof Azra akan disalatkan di Masjid Student Center Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta dan akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata Blok Z pada Selasa (20/9). Kabar kepulangan Prof Azyumardi Azra pun meninggalkan kesan mendalam bagi dunia pers di Indonesia. Prof Azyumardi Azra dikenal sebagai sosok kritis, kreatif, dan menjadi salah satu cendekiawan muslim yang terpandang.

Berikut sederet sepak terjang Prof Azyumardi Azra yang telah dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (19/9).

(brl/tin)