Brilio.net - Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra meninggal dunia di Rumah Sakit (RS) Serdang, Selangor, Malaysia, pukul 12.30 waktu setempat. Sebelumnya Azyumardi Azra mendapakan perawatan intensif di Coronary Care Unit (CCU) Rumah Sakit Serdang, Selangor, Malaysia, sejak Sabtu (17/9).

“Innalillahi wainnailaihi rojiun. Prof Azyumardi meninggal dunia. Posisi di Serdang Hospital,” kata Koordinator Fungsi Penerangan Sosial Budaya KBRI Kuala Lumpur Yoshi Iskandar, di Kuala Lumpur, Minggu (18/9). 

Cendekiawan Muslim Indonesia tersebut sebelumnya mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Serdang, Selangor, sejak Jumat (16/9) sore, setelah sempat mengalami sesak nafas dalam penerbangan menuju Kuala Lumpur.

"Saat ini sudah dirawat di Hospital Serdang dan ditemani duta besar Indonesia untuk Malaysia," kata ketua Pengurus Cabang Istimewa Muhammadiyah Profesor Sonny Zulhuda melalui pesan singkat di Jakarta, Jumat malam.

Profesor Azra hendak menghadiri undangan dari Angkatan Belia Islam Malaysia (ABIM) untuk hadir dalam Konferensi Internasional Kosmopolitan Islam yang dilaksanakan di Selangor, Malaysia, pada 17 September.