1. BRILIO.NET
  2. »
  3. Sosok
Laksa Mahardikengrat 13 Agustus 2017 08:06

Menelisik sepak terjang anak presiden, sejak Sukarno hingga Jokowi

Paling banyak terjun ke bidang apa ya?
foto: merdeka.com

Brilio.net - Sosok presiden selalu menarik perhatian publik. Apa saja yang diperbuat sang presiden tak luput dari amatan publik. Bahkan keluarga presiden juga tak kalah menarik untuk diperbincangkan.

Baru ini beredar foto-foto pertemuan antara Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Gibran Rakabuming Raka yang menghebohkan netizen. Kita tahu keduanya adalah anak dua tokoh politik negeri ini.

Nah, bagaimana sih kehidupan anak-anak Presiden Indonesia dari masa Sukarno hingga Joko Widodo? Apakah semua anak presiden tertarik menapaki jejak orangtuanya?

Mulai dari presiden Sukarno sampai presiden Joko Widodo, anak-anak presiden ini mempunyai kiprah tersendiri. Berasal dari keluarga yang terjun di dunia politik, ternyata ada yang memilih untuk mundur dan meniti karir di bidang lain. Seperti di bidang ekonomi dan seni budaya. Yuk cek ulasan brilio.net yang dirangkum dari berbagai sumber.


1. Meniti Karir Politik

 


Banyak anak presiden yang kemudian menapaki jalan politik meneruskan karir orangtuanya. Anak presiden yang meneruskan jejak sebagai presiden adalah Megawati Soekarnoputri anak Presiden RI pertama Sukarno. Megawati memulai karier politik sebagai anggota Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) pada tahun 1965. Masuk ke kancah politik sebagai wakil ketua PDI cabang Jakarta pusat pada tahun 1986 dan hanya butuh setahun untuk menjadi anggota DPR RI.

Megawati kemudian terpilih menjadi ketua umum PDI (Partai Demokrasi Indonesia) pada tahun 1993. Karier Megawati mencapai punyak ketika menjadi presiden wanita pertama di Indonesia setelah MPR mengadakan sidang Istimewa pada tahun 2001 dan memutuskan menggantikan Presiden Abburahman Wahid.

Dari garis keturunan Sukarno, anak Megawati juga akhirnya terjun di dunia politik. Yang terbaru, Puan Maharani sekarang menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang pembangunan Manusia dan Kebudayaan pada Kabinet Kerja (2014-2019).

Tak hanya anak Sukarno yang terjun ke politik. Anak Presiden Indonesia kedua, Soeharto juga ikut terjun ke dunia politik. Siti Hardijanti Rukmana atau biasa dikenal dengan Mbak Tutut pernah menjadi menteri sosial pada kabinet Pembanggunan VII, saat bapaknya masih menjabat presien. Anak Soeharto lainnya, yakni Hutomo Mandala Putra juga pernah menjadi Ketua Dewan Pembina Partai Berkarya setelah berkarir di Partai Golongan Karya (Golkar).

Nah, anak Presiden Abburahman Wahid juga ada yang terjun ke kancah politik, yakni Yenny Wahid. Yenny mendampingi ayahnya dengan posisi staf khusus presiden bidang komunikasi politik. Yenny juga sempat berada di Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sebelum berseteru dengan PKB Muhaimin Iskandar.

 


foto : instagram @agusyudhoyono


Deretan anak presiden yang terjun ke politik ternyata cukup banyak. Anak presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang menjadi Presiden setelah Megawati, juga ikut berkarir di bidang politik. Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono ikut menjalani karier ayahnya. Pada tahun 2009, Edhie Baskoro Yudhoyono menjadi anggota DPR dari daerah pemilihan VII Jawa timur. Terakhir, Agus berpindah karier dari militer dan untuk menjadi salah satu calon dalam pemilihan umum gubernur DKI Jakarta 2017 yang akhirnya gagal.

BRILIO VIDEO

Menikmati Indahnya Sunrise Dari Puncak Sikunir

 

2. Berkiprah di dunia usaha.


foto: Wikipedia.com/kapanlagi.com


Tak semua anak presiden terjun ke politik. Beberapa anak presiden memilih membangun perusahaan atau berwiraswasta. Sebut saja Bambang Trihatmodjo. Putra mantan Presiden Soeharto ini adalah pengusaha pendiri PT Global Mediacom Tbk dan menjadi komisaris utama di stasiun televisi NET. Kekayaannya bahkan tercatat mencapai $ 3,5 miliar pada tahun 1998.

Anak presiden yang terjun ke dunia bisnis tak sebanyak yang terjun ke politik. Anak Presiden Sukarno tak ada yang dikenal di dunia bisnis. Demikian juga anak Presiden Abdurrahman Wahid.

Dua anak Presiden Habibie boleh dibilang tak pernah terjun ke politik. Thareq Kemal Habibie dan Ilham Akbar Habibie sama-sama terjun ke dunia bisnis. Ada beberapa bisnis keluarga Habibie, diantaranya Grup Ilthabi Rekatama yang bergerak di empat bidang, salah satunya teknologi informasi.

Sementara itu, anak Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga tak terlihat terjun ke dunia politik. Gibran Rakabuming Raka memulai karir di bisnis dengan membuka usaha katering yang diberi nama Chilli Pari. Dia juga menjabat sebagai ketua Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJBI) Kota Solo.

 

3. Aktif di Dunia Akting.


foto: Instagram @kaesangp/@nay_wahid/kapanlagi.com


Karena ketertarikannya di bidang seni, Anak mantan presiden Soekarno, Guruh Soekarno Putra lebih dikenal di dunia seni dan budaya. Ia mendirikan grup kesenian bernama GSP (Gencar Semarak Perkasa) Production. Penyanyi Chrisye beberapa berkolaborasi bersama dengan Guntur. Pada 23 Maret 2011, Guntur menerima penghargaan Nugraha Bahkti Musik Indonesia (NBMI) dari Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu, dan Penata Musik Rekaman Indonesia (PAPPRI). Guruh juga pernah berperan menjadi Sunan Muria di film tahun 1985 berjudul Sembilan Wali (Wali Sanga).

Tak hanya Guruh yang berkecimpung di dunia seni. Anak Presiden Abdurrahman Wahid, Inayah Wulandari, juga aktif di dunia teater. Terakhir, dia menjadi salah satu pemeran di sinetron OK-Jek yang tayang di televisi nasional.

Anak presiden lain yang aktif di dunia akting adalah Kaesang Pangarep, anak Presiden Jokowi. Pernah berperan sebagai cameo di film Cek Toko Sebelah, ia membuat video klip di akun YouTube. Di video itu, Kaesang berkolaborasi dengan musisi Yogyakarta dan Lamongan.


(brl/nng)

YOU MAY ALSO LIKE

Kenapa Air Laut Asin
Semua pasti tahu kalau air laut rasanya asin. Yang jadi pertanyaan, kenapa bisa berasa asin ya? Kalau penasaran, temukan jawabannya dalam video Brilio.net berikut
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article

To:

Cc:

Subject:

Menelisik sepak terjang anak presiden, sejak Sukarno hingga Jokowi .
Paling banyak terjun ke bidang apa ya?
https://www.brilio.net/sosok/menelisik-sepak-terjang-anak-presiden-sejak-sukarno-hingga-jokowi--1708121.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories


AYO MENANGIN TOTAL 10 JUTA RUPIAH
UNTUK 10 CREATOR PALING KREATIF!

Ikutan SEKARANG!
TOP

Would you like to switch to the English Version?