Brilio.net - Apa yang terlintas dalam pikiranmu tentang orang yang sudah lanjut usia (lansia) di hari tua mereka? Istirahat? Bermalas-malasan? Mungkin hal itu yang kamu pikirkan. Namun, tak semua lansia hanya berdiam diri dan duduk santai di hari tua mereka, sebagian lansia malah tetap beraktivitas layaknya anak muda. Bahkan layak menjadi cambuk semangat buat anak muda yang suka bermalas-malasan.

Kamu tak bakal percaya jika lansia bisa melakukan aktivitas ekstrem sekalipun. Bersepada jarak jauh, mendaki gunung hingga menjadi seorang volunteer yang biasanya dilakoni anak muda di waktu senggang mereka. Aktivitas ini tentunya tak lazim, tapi hal itu bisa menjadi sebuah motivasi yang bagus untuk melecut setiap satu langkah semangat anak muda yang mulai kendor.

BACA JUGA: 11 Artis Indonesia ini lekat dengan label seksi, siapa idolamu?

Siapa sih lansia tersebut? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, 10 orang lansia kuat ini dijamin bikin anak muda pemalas malu, Jumat (1/4).

1. George Weiss, penemu aplikasi game tertua di dunia.

Loading...

Lansia Keren © 2016 brilio.net

George memang sudah tua banget, namun kecintaan akan istrinya membuatnya ia tak diam diri. Pasangan hidup yang telah dinikahi George selama 61 tahun kini menderita alzheimer. Berawal dari permainan kata yang ia lakukan bersama sang istri di umurnya yang sudah 75 tahun, George merasa suka dan senang melakukan hal itu. Tak disangka, permainan kata yang ia buat menjadi viral dan dijadikan sebuah game aplikasi mobile. Salut.

2. Ernestine Shepherd, binaragawan wanita tertua di dunia.

Lansia Keren © 2016 brilio.net

Usia 74 bagi kamu mungkin sudah sangat tua, namun tidak bagi Ernestine Shepherd. Ia memecahkan rekor dunia dua kali berturut-turut sebagai binaragawan wanita tertua di dunia. Setiap pagi ia berlari, pergi ke gym untuk latihan dan saat ini ia juga menjadi pelatih meskipun sudah sangat tua.

3. Flo Meiler, raih 12 rekor di lintasan atletik Amerika di usia 79 tahun.

Lansia Keren © 2016 brilio.net

Tua banget, Flo Meiler merupakan pelari yang banyak memiliki rekor. Bahkan ia mematahkan 15 rekor dunia miliknya sendiri di usianya yang hampir 80 tahun.

4. Yuichiro Miura, pendaki tertua Gunung Everest.

Lansia Keren © 2016 brilio.net

Pada usia 80 tahun, Yuichiro Miura memecahkan rekor dan menjadi orang tertua di dunia yang mencapai puncak Gunung Everest. Dia bukan satu-satunya yang mencoba untuk memecahkan rekor. Pemecah rekor sebelumnya mendaki gunung Everest yaitu Min Bahadur pada usia 75 tahun.

5. Johanna Quaas, tua bukan alasannya berhenti senam.

Lansia Keren © 2016 brilio.net

Wow, Johanna merupakan wanita pesenam tertua di dunia yang dicatat oleh Guinness Book of World Records. Ia melakukannya saat usia 86 tahun.

6. Charles Eugster, pendayung tertua di dunia.

Lansia Keren © 2016 brilio.net

Charles Eugster adalah pendayung tertua di dunia dan binaragawan. Dia mulai menjadi seorang binaraga pada usia 87.

7. Zhelesnik, guru tertua di dunia.

Lansia Keren © 2016 brilio.net

Berapakah sih umur seorang guru saat pensiun? Zhelesnik saat menginjak ulang tahun ke-100, dia masih tidak punya rencana untuk pensiun. Hal tiulah yang membuatnya menjadi seorang guru yang aktif tertua di dunia.

8. Sensei Keiko Fukuda, master judo yang sudah lansia.

Lansia Keren © 2016 brilio.net

Sensei Keiko Fukuda adalah wanita pertama yang akan diberikan gelar 10 sabuk hitam dalam seni bela diri Jepang yaitu Judo. Pada saat itu, dia adalah satu-satunya orang yang tinggal di Amerika Serikat yang memperoleh kehormatan ini, tiga lainnya (yang semuanya laki-laki) tinggal di Jepang. Saat itu Sensei Keiko Fukuda berumur 98 tahun, wow.

9. Dorrie Aber-Noyek, volunteer berumur 105 tahun.

Lansia Keren © 2016 brilio.net

Di usianya yang sudah sangat tua, Dorrie hidup tanpa pembantu. Malah ia menjadi seorang relawan lho. Rahasaianya, ia di saat muda selalu menyibukkan diri. Contohnya ia menjadi relawan di sebuah rumah sakit selama 40 tahun.

10. Robert Marchand, di umur 100 tahun pecahkan rekor bersepeda 100 kilometer.

Lansia Keren © 2016 brilio.net

Marchand merupaka pria lansia berkebangsaan Prancis. Ia berhasil bersepeda sejauh 100 kilometer (62,13 mil). Dengan kecepatan rata-rata 23,01 kilometer per jam (14,3 mph), ia membukukan waktu 4:17:27. Keren.