Brilio.net - Kesadaran untuk hidup mandiri bisa datang kapan saja. Setiap orang berbeda-beda tergantung latar belakang lingkungannya. Ada yang sudah usia jelang kepala tiga namun masih merasa nyaman untuk dibiayai hidupnya oleh orangtua. Selama harta orangtua berkecukupan dan tidak ada yang merasa keberatan tentu tidak menjadi masalah.

Namun, banyak juga orang di usia pertengahan 20-an sudah mulai mencari penghidupan sendiri terlepas dari orangtua. Biasanya mereka ini merupakan lulusan pendidikan tinggi. Tetapi berbeda dengan Duta, seorang siswa ynag baru lulus dari MTsN kota Magelang. Menurut keterangan Yuni Rusmini selaku pengunggah cerita, remaja ini berasal dari Desa Ngadirojo, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Duta mendatangi MAN 1 Kota Magelang dengan sepeda ontel. Dia bermaksud mendaftarkan diri sebagai murid di sekolah tersebut dengan membawa uang recehan yang merupakan hasil tabungannya sejak kelas 6 sekolah dasar. Menyadari orangtuanya tidak mampu secara ekonomi, Duta punya tekat bisa sekolah dengan biaya yang diusahakannya sendiri.

Duta Magelang  © 2017 facebook

"Ya Allah....hebat kau le...SMG engkau bisa sklh trs hingga cita" mu tercapai, menjadi kebanggaan ortu , anak yg sholeh Dan berguna Bagi nusa Dan bangsa....amin yarroball alamin," tulis Yuni lewat akun Facebooknya dikutip brilio.net, Rabu (21/6).

Dukungan dari netizen berdatangan melalui kolom komentar. Mereka salut dengan kegigihan anak tersebut.

Misalnya dari Wati Fatmawati, "Salut nak.... Jaman sekarang jarang2 ada anak muda seperti mu.... Semoga apa yg kamu cita2 kan semua terwujud tetaplah rendah hatir.. Aamiin."

Andhy Artmand Jaya, "Terbaik untukmu stiap nafasmu dek..... Allah sllu thu usha Hamba-Nya dan bkan Alhasil dtnggu mlainkan ushamu..... Sukses sllu dek....."

Ada pula yang komentar nyentil seperti dari Wawa Champin, "Masih tega tuch pihak sekolah nerima uangnya."