Brilio.net - Perjalanan karier seseorang memang tidak ada yang bisa menebak. Ada yang cocok di tanah kelahiran sendiri, ada pula yang justru nyaman dengan pekerjaannya di negara orang. Seperti halnya orang-orang ini, mereka tidak hanya bekerja di luar negeri, melainkan menjadi tentara di negara lain. Dari berbagai sumber yang brilio.net rangkum, Rabu (7/6) berikut ini 7 orang berdarah Indonesia ini jadi tentara di negara lain.

 

1. Jonggy Manguhum Simandjuntak.

militer asing indo army.mil

Ilustrasi prajurit Angkatan Darat Amerika/foto: army.mil

Jonggy Manguhum kelahiran Kaiser Permanente Oakland, California yang punya orangtua Warga Negara Indonesia (WNI). Namun, Jonggy merupakan warga negara AS karena memang lahir di sana yang kemudian memilih militer sebagai jalur profesinya. Jonggy masuk U.S. Army dengan masa kontrak selama 4 tahun sebagai legal assistant. Selesai kontrak, kapan saja bisa dipanggil.

 

2. Kristania Virginia Besouw.

militer asing indo militer asing indo


Kristania Virginia Besouw yang akrab disapa Kristy merupakan wanita kelahira Manado. Perempuan ini kini tercatat sebagai tentara di US Army. Kristania dulunya merupakan Miss Manado di tahun 2004 dan pernah memenangi Miss Indonesia 2006. Menikah pada tahun 2008 dengan pria lulusan kedokteran universitas di Filipina. Kristy kemudian studi dan mengambil Jurusan Nursing di AS, bekerja di sebuah rumah sakit hingga suatu ketika Kristy mendapat informasi tentang perekrutan anggota untuk warga negara asing dan Kristy sukses melamarnya.

 

3. Marcello Lintuuran.

militer asing indo militer asing indo


Lintuuran merupakan anak ketiga dari keluarga Lintuuran-Pojoh. Lintuuran, yang disapa Cello, besar di Kota Tomohon. Marcello Lintuuran rekan seangkatan Kristania Virginia Besouw di US Army.

 

4. Rex Manembu.

militer asing indo militer asing indo


Ada juga nama Rex Manembu. Pria berdarah Indonesia yang tercatat sebagai siswa di Naval Postgraduate School atau Akademi Angkatan Laut Amerika Serikat yang berlokasi Monterey, California.

 

5. Jordan Norkett.

militer asing indo militer asing indo


Jordan Norkett merupakan putra pertama Andi Rif. Namun Jordan memang berkarir jauh dari dunia hiburan. Bila ayahnya serius berkecimpung di dunia musik, sang buah hati justru bergabung di National Guard US Army.

 

6. Heru Kurniawan.

militer asing indo militer asing indo


Heru Kurniawan Mansell juga masuk dalam daftar pria asal Cilacap yang bekerja di militer negara orang. Sayangnya tidak disebutkan kedudukan dan posisi pria yang berkedudukan di kapal induk milik Paman Sam ini. Komandan kapal hanya menyebutkan, kalau Heru ahli mekanik pesawat dan helikopter di kapal induk ini.

 

7. Richard Rakotorinina.

militer asing indo militer asing indo


Di Madagaskar ada nama Richard Rakotorinina, pria yang menjabat sebagai Gubernur Angkatan Militer dengan pangkat jenderal bintang satu. Richard pernah mengikuti pendidikan Sesko AD tahun 2000 di Bandung, Sesko TNI tahun 2005 dan Lemhanas pada 2011. Meskipun ia dilahirkan Madagaskar, tapi Richard fasih berbahasa Indonesia, bahasa nenek moyangnya.