Brilio.net - Udah rahasia umum selama beberapa tahun ke belakang komik Indonesia seakan mati suri. Kini berkat akses mudah ke internet dan sosial media, komik Indonesia makin menggeliat untuk bangkit di negara sendiri. Fenomena ini juga terasa di portal komik LINE WEBTOON.

Komik asli Indonesia di Webtoon siap banget bersaing dengan komik luar. Buktinya, semakin banyak komik-komik di Webtoon yang mendapatkan rating tinggi dan disuka pembaca. Bahkan sejumlah komik hampir mendapatkan nilai sempurna dari netizen yaitu ratingnya hampir mendekati angka 10. Jumlah pelanggannya pun tidak kurang dari 1 juta, wow!

Di antara komik Webtoon yang mendapatkan rating tinggi dan pelanggan jutaan tersebut adalah 3 komik populer yaitu Eggnoid, My Pre-Wedding, dan Flawless. Tiga komik ini semuanya bergenre romantis. Dua karakter utamanya, tokoh pria dan wanita mempunyai karakter unik. Bukan hanya itu, selain cerita menarik, ketiganya juga dibuat oleh komikus andal yang mempunyai bakat sejak kecil. Mereka adalah Archie The RedCat (Eggnoid), Annisa Nisfihani (My Pre-Wedding), dan Cynthia Shinshinhye (Flawless).

Penasaran kan bagaimana kisah tiga komik tersebut dan cerita di balik pembuatannya? Berikut brilio.net beberkan untuk Sobat semua, Rabu (16/11).

1. My Pre-Wedding.

Ini adalah kisah romantis yang dibuat oleh juara pertama LINE WEBTOON Competition 2015. Kisahnya seputar Adelia yang menerima lamaran Adimas, pemuda yang nyaris tidak dia kenal sebelumnya. Walaupun begitu mereka memutuskan untuk menikah. Persiapan menuju gerbang pernikahan inilah yang menjadi tema sentral "My Pre-Wedding".

Ada beberapa kisah menarik dari Annisa Nisfihani dalam pembuatan Webtoon ini. Apa saja? Ini dia:

a. Keluarga komikus.

WEBTOON FAVORIT berbagai sumber

foto: Instagram/@sayuko90

Annisa dan suaminya sama-sama berprofesi sebagai komikus. Mereka menikah pada Januari 2016 tidak lama setelah "My Pre-Wedding" debut di LINE WEBTOON.

b. Butuh tiga hari untuk membuat satu episode.

WEBTOON FAVORIT berbagai sumber

foto: Instagram/@sayuko90

Tidak butuh waktu lama untuk berkarya bagi Annisa. Untuk satu episode dia hanya butuh 3-4 hari saja untuk menyelesaikannya.

c. Inspirasi dari pernikahan sejumlah teman.

WEBTOON FAVORIT berbagai sumber

foto: Instagram/@sayuko90

Ide "My Pre-Wedding" Annisa dapatkan dari riset. Dia bertanya kepada teman-temannya tentang bagaimana mereka menjalani fase menjelang pernikahan. Lucunya saat tengah menggarap Webtoon ini, Annisa juga sedang mempersiapkan pernikahannya. Jadilah makin banyak inspirasi yang bisa dimasukkannya.

d. Cara kreatif saat kehabisan ide.

WEBTOON FAVORIT berbagai sumber

foto : Instagram/@sayuko90

Biasanya kalau udah stuck dan kehabisan ide, Annisa berusaha harus ngobrol sama orang, nonton film, baca komik lain, atau jalan-jalan. Pokoknya, semua kegiatan yang menghilangkan penat sejenak bisa mendatangkan ide baginya.

e. Tidak suka begadang.

WEBTOON FAVORIT berbagai sumber

foto: Instagram/@sayuko90

Berbeda dengan image komikus yang bekerja semalaman suntuk, Annisa tidak mau begadang karena menurutnya justru tidak produktif. Dia lebih memilih untuk mengatur jadwalnya dengan baik untuk menghindari begadang.

Annisa juga suka ikut kompetisi untuk mengasah kemampuan. Salah satu tips yang bikin Annisa survive adalah jangan gampang terpengaruh dengan komentar orang. Berkomentar itu kan hak setiap orang, cuek saja, yang penting tetap berkarya.

3. Eggnoid.

"Eggnoid" merupakan sebuah komik yang berkisah tentang cewek bernama Ran yang menemukan sebuah telur. Telur itu rupanya menetaskan seorang sosok pemuda tampan bernama Eggy. Mau tidak mau Ran harus mengasuh Eggy dan mengajarinya banyak hal, termasuk mengajari bersosialisasi. Padahal Ran adalah cewek yang asosial.

Sosok pembuat "Eggnoid" ini cukup misterius, lho. Siapa dia dan bagaimana dia bisa menghasilkan karya yang begitu terkenal? Ini dia kisah menariknya.

a. Banyak terinspirasi dari komik Jepang.

WEBTOON FAVORIT berbagai sumber

foto: Instagram/@archietheredca

Sejak kecil Archie sudah terbiasa baca komik, terutama komik Jepang. Hobi baca komik itu yang membuatnya jadi belajar menggambar dan kini menjadi seorang komikus profesional.

b. Suka membaca novel.

WEBTOON FAVORIT berbagai sumber

foto: Instagram/@archietheredca

Selain komik, inspirasi suka didapatkan dari banyak membaca novel fiksi. Sumber lain yang jadi inspirasinya adalah majalah tentang komik. Pantas saja ya, bakatnya sebagai komikus terpupuk sejak kecil.

c. Mulai menghasilkan uang sejak SMA.

WEBTOON FAVORIT berbagai sumber

foto: Instagram/@archietheredca

Sejak SMP sebenarnya Archie sudah suka mengirim gambar ke majalah-majalah. Namun baru saat SMA ia mendapatkan honor dari gambar yang dikirimkannya ke majalah. Sejak saat itu Archie mengaku sudah punya penghasilan sendiri dari hasil bekerja sebagai ilustrator profesional.

d. Tidak suka publikasi.

WEBTOON FAVORIT berbagai sumber

foto: Twitter/@EGGNOIDwebtoon

Untuk nama asli saja Archie tidak mau menyebutkannya, apalagi menunjukkan wajahnya. Jadi jangan heran jika kamu sulit mendapatkan foto Archie.

e. Banyak genre yang dibuatnya.

WEBTOON FAVORIT berbagai sumber

Archie bukan hanya jago membuat cerita romantis, tapi juga genre lain seperti horor dan action. Dia sering mendapatkan order pembuatan cerita itu dari berbagai pihak, termasuk dari luar negeri. Dalam membuat komik, yang diperlukan terlebih dahulu menurut Archie adalah alur cerita yang ingin ditampilkan, sebelum melanjutkan ke hal teknis penggambaran.

3. Flawless.

"Flawless" menyajikan kisah tentang Sarah, cewek tomboy yang kasar dan jago beladiri yang bertemu dengan Elios. Elios cukup misterius, walaupun tunanetra, dia multi talenta dan tidak kalah dengan teman-temannya yang normal. Sosok misterius Elios ini bikin Sarah terpesona.

Cynthia Shinshinhye adalah sosok yang melahirkan Webtoon "Flawless" ini. Cewek ini gemar banget menggambar sejak kecil. Tapi, masih ada rahasia lain sehingga dia bisa menghasilkan komik keren. Apa itu? Simak kisah berikut:

a. Menggali inspirasi dari mimpi.

WEBTOON FAVORIT berbagai sumber

foto: Flawless Webtoon

Tahu nggak sih, jika sosok Elios ditemukan di Cynthia dari mimpi yang dia alami saat kelas 2 SMP. Sejak kecil Cynthia memang suka mimpi aneh. Selesai mimpi di malam hari dia selalu mencoret kertas untuk menceritakan mimpinya dalam gambar.

b. Transformasi Wajah Elios.

WEBTOON FAVORIT berbagai sumber

foto: Flawless Webtoon

Sejak pertama kali ditemukan, karakter wajah Elios tetap sama yaitu rambutnya pirang dan menutup mata. Namun Cynthia berusaha menyempurnakannya hingga versi final yang jadi karakter "Flawless" pada LINE WEBTOON Competition 2015.

c. Mata Elios yang misterius.

WEBTOON FAVORIT berbagai sumber

foto: Flawless Webtoon

Cynthia masih merahasiakan apakah suatu saat akan menunjukkan wajah Elios atau tidak. Hingga saat ini mata itu masih tetap tertutup rambut dan penutup mata. Wah, makin bikin penasaran pembaca nih.

d. Menggambar sejak TK.

WEBTOON FAVORIT berbagai sumber

foto: Flawless Webtoon

Bakat menggambar Cynthia sudah terlihat sejak dia duduk di bangku Taman Kanak-Kanak (TK). Sejak saat itu dia menggambar apa saja di kertas atau apa pun. Bakat ini rupanya semakin terpelihara hingga kini kuliah di Institut Seni Indonesia.

e. Baru mengenal komputer saat SMP.

WEBTOON FAVORIT berbagai sumber

foto: Flawless Webtoon

Cynthia mengaku gaptek karena baru mengenal komputer pada sekitar tahun 2010-an. Ia kemudian baru biasa menggambar dengan komputer saat belajar di sekolah kejuruan yang berhubungan dengan komputer. Karena memang sudah bakat, hasilnya menjadi tambah bagus dengan sentuhan teknologi.

f. Akan Ada "Flawless" Season 2.

WEBTOON FAVORIT WEBTOON LINE

foto: Flawless Webtoon

Setelah sukses dengan "Flawless" season pertama, Cynthia sedang merancang "Flawless" untuk season 2. Para pembaca Webtoon akan makin banyak dapat cerita tentang Sarah dan Elios ini. Hubungan mereka bakat tetap langgeng atau tidak, ya? Jawabannya hanya ada di season selanjutnya. Duh, jadi penasaran!

 

Nah, buat kamu yang pengen lebih dekat dengan karya Archie The RedCat (Eggnoid), Annisa Nisfihani (My Pre-Wedding), Cynthia Shinshinhye (Flawless) maupun webtoonist lainnya, yuk dateng ke event LINE CREATIVATE 2016 pada 18-20 November 2016 di mal Gandaria City, Jakarta. Bakal ada seminar, pameran hasil karya kreator hingga merchendize LINE juga bisa kamu dapetin di sini. Info lengkap, klik di sini ya, Sobat Brilio.