Brilio.net - Jamak yang sudah mengetahui jika mantan Kabareskrim Polri, Susno Duadji memilih menghabiskan masa tuanya dengan kegiatan bercocok tanam. Ternyata dari kalangan eks pejabat, bukan cuma Susno Duadji saja yang memilih menggeluti profesi petani selepas tidak menjabat. Sosok itu adalah Al Hilal Hamdi.

Di era kepemimpinan Abdurrahman Wahid atau akrab disapa Gus Dur, Al Hilal Hamdi menjabat sebagai Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans). Ia menggantikan A.M Hendropiyono dan menjabat selama 2 tahun pada periode 1999 hingga 2001.

Sejak tak lagi duduk di kursi pemerintahan, Hilal memilih untuk fokus menjadi petani. Di kebun miliknya yang berada di Bogor, Hilal membudidayakan durian dan berbagai jenis buah-buahan. Nggak banyak yang tahu, hasil panen buahnya bahkan sudah menembus pasar ekspor lho.

Turut penasaran, Narji pun beberapa waktu yang lalu mengunjungi kebun 'Raja Musang' milik Hilal. Di kebunnya yang seluas kurang dari 7.000 meter persegi, tampak beberapa tanaman buah-buahan ada disana. Termasuk, buah durian dari berbagai dunia, mulai dari durian kanyo hingga durian musang.

Biar nggak penasaran, yuk simak rangkuman brilio.net dari berbagai sumber, potret kebun milik eks menteri era Gus Dur pada Rabu (11/5).