Brilio.net - Pengusaha, penggiat olah raga sekaligus mantan Menteri Perindustrian dan Perdagangan era Soeharto, Mohammad Bob Hasan meninggal dunia.  Ketua Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) ini meninggal pada Selasa (31/3) pukul 11.00 WIB.

"Benar Bob Hasan meninggal pukul 11.00 WIB di RSPAD Gatot Subroto karena sakit kanker," jelas tokoh sepak bola nasional Andi Darussalam Tabusalla, Selasa (31/3).

Rencananya,jenazah almarhum akan dibawa ke Semarang. Jenazah akan dikebumikan di makam keluarga di Ungaran pada Rabu (1/4).

Hal yang sama juga diungkapkan oleh mantan Sekretaris BUMN Said Didu. "Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Baru dapat berita Pak Bob Hasan baru saja meninggal jam 11.00 WIB. Selamat jalan Pak Bob Hasan. Alfatihah buat Pak Bob Hasan," tulis Said dalam akun twitternya.

Bob Hasan sangat serius membangun dunia olah raga. Ia sering mencari bakat di daerah untuk dimasukkan ke pusat pelatihan nasional. Salah satu yang didapat dari hasil pencarian bakat ialah atlet asal Nusa Tenggara Barat Lalu Muhammad Zohri.

Beberapa tahun sudah Zohri digembleng di Stadion Madya, Jakarta. Untuk memperbaiki teknik berlari para atlet, Bob Hasan mendatangkan pelatih asal AS, Harry Marra. Dengan lobi yang tekun, Bob Hasan mampu membujuk salah satu pelatih terbaik di dunia itu untuk mau menangani atlet-atlet Indonesia.