Brilio.net - Sosok Yovania Assyifa Jami sempat viral lantaran kisah perjuangan hidupnya yang penuh rintangan. Anak bungsu dari dua bersaudara ini merupakan wanita muda yang didiagnosa memiliki gangguan mental sampai harus dirawat di Rumah Sakit Jiwa.

Bermula dari bangku sekolah dasar, saat itu Yovania merasa depresi setelah mengikuti ujian nasional. Selain itu, wanita berusia 21 tahun ini pernah dibully oleh teman seangkatan sewaktu duduk di bangku SMP. Ia juga sempat hilang kesadaran saat berada di SMA. Kondisi mental Yovania makin memburuk tatkala dirinya mengalami halusinasi dan delusi sampai menyakiti diri sendiri.

Bukan perjuangan mudah bagi Yovania dalam menjalani hidup. Sebelum dibawa ke rumah sakit jiwa, wanita ini pernah dipasung dan dirukiyah beberapa kali. Namun, karena tak kunjung sembuh kedua orang tua Yovania membawanya ke rumah sakit jiwa. Kini Yovania telah dinyatakan sembuh. Walaupun hingga saat ini dia masih mengonsumsi obat dan rutin ke psikiater karena mengidap Unspecified Bipolar Disorder.

yovania mantan pasien rsj wisuda © Instagram

foto: Instagram/@yovania_

Sebagai mantan penyintas gangguan jiwa hingga dirawat di RSJ, tidak mudah buat Yovania untuk bisa diterima belajar di kampus-kampus yang ada. Dalam acara Rumpi Trans TV, Yovania mengatakan dirinya sudah empat kali ditolak masuk perguruan tinggi karena riwayat gangguan jiwa tersebut. Namun, berkat keputusan Yovania yang tidak mau menyerah pada keadaan, dia akhirnya diterima Vokasi (D3) UI jurusan Public Relation pada 2021.

"Hey fellas! i'm Yovania Asyifa Jami and i'm honored to be part of Department of Social Humanities, Vocational Program of Public Relations in University of Indonesia 2020," tulis Yovania dalam keterangan salah satu postingan Instagram-nya, dikutip brilio.net pada Kamis (18/1).