Brilio.net - Kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Korea Selatan memang mencuri perhatian publik. Pasalnya, orang nomor satu di Indonesia tersebut tak hanya mendapatkan sambutan meriah di Istana Changdeok, Seoul, tetapi juga bertemu dengan boyband Super Junior. Momen bertemu idol K-Pop tersebut terjadi saat dirinya dijamu makan malam di Istana Kepresidenan Blue House.

Berkunjung ke Korea Selatan, Jokowi juga menunjukkan keakrabannya dengan Presiden Moon Jae-in. Sepanjang lawatan dua hari itu, Presiden Jokowi disibukkan dengan berbagai kegiatan dan diskusi publik. Mulai dari mengunjungi monumen bersejarah di Korea Selatan, hingga memberikan sambutan di Forum Bisnis dan Investasi Indonesia-Korea, serta melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) tentang pertukaran dan kerja sama bidang legislasi.

Tak ketinggalan, Jokowi juga menyempatkan diri untuk memberikan kuliah umum di Universitas Hankuk pada Selasa (11/9). Agenda kuliah umum inipun menjadi perbincangan di dunia maya. Pasalnya, Jokowi memberikan kuliah umum dengan menggunakan bahasa Indonesia kepada para mahasiswa Korea Selatan.

Warganetpun dibuat bertanya-tanya mengenai penggunaan bahasa Indonesia pada kuliah umum bersama mahasiswa Korea Selatan ini.

Loading...

kuliah umum jokowi © 2018 berbagai sumber

foto: Instagram/@sekretariatkabinet

Teka-teki pertanyaan warganet itu pun akhirnya terjawab dari vlog seorang mahasiswi Korea Selatan yang menjadi peserta kuliah umum bersama Jokowi.

Dalam video tersebut, Kim menjelaskan bahwa di Universitas Hankuk terdapat dua jurusan yang mempelajari bahasa Indonesia. Yang pertama, yaitu Jurusan bahasa Melayu dan Indonesia, kedua merupakan Jurusan Penerjemahan Bahasa Melayu dan Indonesia. Mahasiswa yang hadir dalam kuliah umum tersebut berasal dari kedua jurusan ini, sehingga sudah pasti mereka bisa mengerti dan memahami bahasa Indonesia.

Nggak cuma itu, Kim mengungkapkan bahwa para mahasiswa menyiapkan sambutan khusus untuk Presiden Jokowi dengan menyanyikan lagu Halo-Halo Bandung bersama-sama.