Brilio.net - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo bertolak menuju ke Korea Selatan dari Lanud TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Minggu (9/9) lalu. Hal itu dalam rangka melakukan kunjungan kerja balasan kepada Presiden Moon Jae-in.

Didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Thomas Lembong, kunjungan itu dilakukan sejak 10 hingga 11 September kemarin bertujuan memperkuat kerja sama ekonomi bilateral antara Indonesia dan Korsel.

Selain itu, Pemerintah Indonesia dengan Korea Selatan juga menyepakati sejumlah nota kesepahaman (MoU) di bidang legistasi, kerja sama imigrasi, pengembangan SDM, keamanan maritim, dan lingkungan hidup dan kehutanan.

Kunjungan itu tampak semakin akrab, di mana Presiden Jokowi dan Presiden Korsel sempat bertemu boyband Super Junior dan jalan-jalan ke pusat perbelanjaan.

Nah, berikut ini telah brilio.net rangkum sejumlah momen santai nan akrab antara Jokowi dan Moon Jae-in tersebut, Rabu (12/9).

Loading...

1. Goyang dayung bareng Super Junior.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Terima kasih ???? - #JokoWidodo #SUPERJUNIOR #AsianGames2018 #indonesia

A post shared by Yesung (@yesung1106) on

2. First lady Korea Selatan membetulkan posisi selendang Ibu Negara Iriana.

3. Kunjungan ke Hankuk University of Foreign Studies (HUFS).

momen akrab JokowiXPresiden Korsel © 2018 brilio.net

foto: Twitter/@MurtadhaOne

Jokowi memberikan kuliah umum di Hankuk University of Foreign Studies (HUFS). Ia juga memberikan tips untuk bisa menjadi pemimpin yang baik, yakni jujur, berani, dan kerja keras.

4. Mengunjungi pusat perbelanjaan modern bersama Presiden Korea Selatan.

momen akrab JokowiXPresiden Korsel © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@jokowi

Sebelumnya, Jokowi sempat mengajak Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in blusukan ke mal di Bogor di sela kunjungan kenegaraan ke Indonesia pada November 2017. Kali ini, giliran Jokowi beserta Ibu Negara diajak berkunjung ke kawasan Dongdaemun usai makan malam di Blue House. Selama hampir satu jam lamanya, mereka berkeliling dan menyambangi beberapa kios.

5. Minum teh bersama.

momen akrab JokowiXPresiden Korsel © 2018 brilio.net

foto: Twitter/@moonriver365

Mereka minum teh bersama di Istana.

6. Berjalan-jalan di tepi Sungai Cheonggyecheon, Seoul.

momen akrab JokowiXPresiden Korsel © 2018 brilio.net

foto: Twitter/@GuritnaPramana

Sebelum meninggalkan Korea Selatan, bersama dengan Moon Jae-in, Jokowi dan rombongan menyempatkan diri untuk berjalan-jalan di tepi Sungai Cheonggyecheon, Seoul. Jokowi berharap Kali Ciliwung bisa menjadi bersih seperti sungai tersebut.