Brilio.net - Gelaran Asian Games 2018 resmi ditutup Minggu (2/9) malam. Tugas Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggara pun dinyatakan usai, ditandai dengan penyerahan obor Asian Games kepada Tiongkok sebagai tuan rumah selanjutnya. Sepanjang perhelatannya, Asian Games ke-18 ini sukses menyedot animo masyarakat Indonesia bahkan dunia.

Sejak dibuka pada Sabtu (18/8), Asian Games 2018 telah menjadi sorotan media Internasional. Hal ini nggak lepas dari konsep upacara pembukaan Asian Games yang begitu meriah dan spektakuler. Tak ayal, publik dunia bak disuguhi tontonan penuh aksi serta kental akan budaya nusantara.

Salah satu hal yang paling banyak diperbincangkan seputar Asian Games 2018 adalah partisipasi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam menyambut pesta olahraga terakbar se-Asia tersebut. Sebagai upaya memeriahkan Asian Games 2018, Jokowi tampil mengendarai motor sport menuju ke Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) untuk mengawali upacara pembukaan.

ungkapan stuntman © 2018 berbagai sumber-foto: vidio.com

Aksi Jokowi ini banyak diperbincangkan karena menyajikan adegan seolah-olah Jokowi melakukan jumping dengan motor sport. Menuai perdebatan, peran Jokowi dalam adegan ini rupanya digantikan oleh stuntman, yang belakangan diketahui merupakan warga negara Thailand.

Loading...

Adalah Suddum So, pria yang menjadi stuntman Jokowi dalam aksi berkendara ekstrem tersebut. Namanya pun sempat menjadi perbincangan warganet di media sosial usai menjadi stuntman sang presiden.

ungkapan stuntman © 2018 berbagai sumber-foto: Instagram/@saddum

Turut ambil bagian di Asian Games 2018, Suddum mengungkapkan rasa bangga dan terima kasihnya atas kesempatan yang diberikan kepadanya tersebut. Dirinya akhirnya buka suara dan meminta maaf atas banyaknya kontroversi yang terjadi.

Dilansir brilio.net dari akun Instagram pribadinya Senin (3/9) begini ungkapan Saddum terkait aksinya menggantikan peran Jokowi dalam adegan ekstrem.

ungkapan stuntman © 2018 berbagai sumber-foto: Instagram/@saddum

"Ini adalah sebuah kehormatan bagi saya untuk melakukan hal tersebut. Aku harus minta maaf sebelumnya kerena tidak bisa menjawab pertanyaan seputar peranku itu. Terimakasih untuk kesempatannya dan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja sama," tulis Saddum dalam unggahannya.

Warganet menanggapi ungkapan Saddum ini dengan berbagai komentarnya. Banyak dari mereka yang mengucapkan terima kasih atas partisipasi sang stuntman.

"You're so cool and brave , BRAVO....!," tulis akun @suwardididih.

"Thank you very much saddum.," kata akun @queenthedarknest.

"Thank you so much for being part of indonesia .. god bless you brother," ujar akun @victorkurniawan1348.