×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Antok, sang 'arsitek' grup media sosial fenomenal 'Info Cegatan Jogja'

0

BRILIO » Sosok

Antok, sang 'arsitek' grup media sosial fenomenal 'Info Cegatan Jogja'

Bisa dibilang ini forum media sosial paling unik dan fenomenal di Yogyakarta.

21 / 04 / 2016

Brilio.net - Pengguna media sosial Facebook khususnya warga Yogyakarta, tentu tidak asing lagi dengan salah satu group dunia maya yang diberi nama Info Cegatan Jogja (ICJ). Group yang memang diramaikan penduduk Yogyakarta ini bisa dibilang forum media sosial paling unik dan fenomenal yang ada di Kota Pelajar.

Forum tersebut menjadi media sesama warga untuk saling memberi informasi tentang berbagai hal mulai dari kecelakaan sampai kemacetan lalulintas  di Yogyakarta. Tak hanya itu info kehilangan atau menemukan barang pun bisa diinformasikan di forum tersebut. Tak hanya di Yogya, forum serupa juga ada di kota-kota lain.

Salah satu pendiri group ICJ, adalah Antok. Kepada brilio.net, Antok  menuturkan group tersebut berdiri sejak September 2013. Di usianya yang kini sudah mencapai 3 Tahun lebih tersebut, Antok menuturkan tak ingin forum yang ia bangun bersama rekan-rekan  justru membuat anggotanya enggan bertatap muka karena menganggap segala persoalan bisa diselesaikan melalui dunia maya.

"Salah satunya efek kemajuan teknologi saat ini adalah kecenderungan semakin menjauhkan yang dekat dan mendekatkan yang jauh. Kami ingin ICJ ini tidak memberikan dampak demikian, kenpa tidak teknologi justru menjadi sarana untuk menjalin nilai-nilai sosial kemasyarakatan yang dirasa mulai luntur," ujar alumi SMKN 2 Yogyakarta ini kepada brilio.net, beberapa waktu lalu.

 

ANTOK ICJ © 2016 brilio.netAntok bersama anggota Group ICJ saat melakukan kegiatan sosial

Bagi warga Yogyakarta ICJ sudah menjadi seperti 'Perusahaan Media Online' tersendiri. Pasalnya group ini menjadi group yang paling aktif dalam berbagi informasi lalulintas, kecelakaan, kriminalitas serta kejadian teraktual lainnya yang tetjadi di Yogyakarta. Bahkan kerap sekali orang yang kehilangan barang berharganya, seperti HP atau Dompet, kerap sekali kembali kepada pemiliknya saat ditemukan oleh salah satu anggota group ICJ ini. Group ini digandrungi banyak warga Yogyakarta karena memang banyak berisi orang-orang yang peduli dengan kehidupan sosial satu sama lain.

ANTOK ICJ © 2016 brilio.netICJ bekerjasama dengan kepolisian

Tidak hanya aktif di dunia maya, sapan minggunya warga Yogyakarta yang tergabung dalam ICJ ini kerap berkumpul di beberapa titik provinsi DIY. Kumpul anggota ICJ ini sering dikenal dengan acara Kopdar ICJ atau Kopi Darat ICJ. Dalam forum yang rutin tersebut, kerap sekali dilakukan pembahasan tentang permasalahan yang sedang hangat untuk diperbincangkan yang terjadi di Yogyakarta. Bahkan sering sekali antaranggota ICJ ini bergotong royong iuran untuk membantu warga yang benar-benar membutuhkan bantuan.

Antok mengakui bahwa lahirnya ICJ bukan saja kiprahnya seorang diri, melainkan ada juga orang-orang yang iktu merintis lahirnya ICJ yang tak ingin diekspos identitasnya. "Sebenarnya pendiri ICJ ada beberapa orang, hanya saja mereka memang tak ingin identitasnya diekspos," imbuh Antok. Selain itu Antok juga menyadari bahwa ICJ besar bukan hanya karena pengagas dan pengurus group tersebut yang aktif dalam menjaga kondusifitas group, melainkan juga karena kebaikan sesama anggota group warga Yogyakarta, yang aktif dalam berbagai informasi aktual satu sama lainya.




Social media banner
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    75%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    25%

  • Love

    0%

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more