Brilio.net - Seperti yang diketahui bersama Pembelajaran Tatap Muka terbatas (PTM) sudah mulai diberlakukan sejumlah daerah di Indonesia. Sekolah yang tidak menerapkan PPKM darurat diizinkan untuk melaksanakan PTM, namun dengan syarat menjaga protokol kesehatan yang ketat.

Untuk mengevaluasi pelaksanaan tersebut, Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim, mengunjungi sekolah yang sudah mulai melaksanakan PTM. Salah satunya ia berkunjung ke SMA Negeri 4 Surakarta.

Ditemani oleh Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Nadiem meninjau kegiatan PTM di sekolah tersebut. Namun saat kunjungan itu berlangsung, ada momen menarik yang tertangkap kamera.

Nadiem Makarim dibantu oleh Gibran menggotong meja dan kursi yang telah disediakan sekolah, untuk ruang dialog pada saat itu. Aksi ini dibagikan oleh akun TikTok @solokini, pada Senin (14/9).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

nadiem gotong meja © 2021 berbagai sumber

foto: TikTok/@solokini

"Menteri Nadiem dan Walikota Gibran Angkat Meja Bersama," tulis keterangan dalam video, dikutip dari TikTok @solokini, Selasa (14/9).

Kursi yang mulanya ditata dengan jarak yang cukup berjauhan itu ditata ulang oleh Nadiem agar ia bisa berdialog lebih dekat dengan para guru. Nadiem dan Gibran dengan sigap menggotong kursi dan meja itu baru kemudian memulai percakapan.

nadiem gotong meja © 2021 berbagai sumber

foto: TikTok/@solokini & @nadiem.makarim

Usai berdialog di lapangan terbuka, mereka kemudian mengunjungi para siswa yang sudah mulai belajar di kelas. Entah apa yang dibicarakan oleh Menteri Kemendikbud ini, namun dari video ia tampak antusias berbicara dengan para siswa.

Video yang telah ditonton lebih dari 102 ribu kali itu mendapat atensi dari warganet. Mereka mengapresiasi sekaligus memuji aksi Nadiem saat kunjungan di SMAN 4 Surakarta.

"akhlaq pejabat yg baik... slalu rendah hati... smoga ditiru pejabat yg laen," komentar akun @Bangaguse.

"Hebatnya mas menteri dan mas wali kota solo....keren abis," tulis akun @titinhariyanti12.

"kereen.. pejabat yg langsung melihat tatap muka sekolah... semangat... semangat untuk masa depan bangsa lebih pintar lagi...," kata akun @yantidarusman312.

@solokini

@gibran_rakabuming dan Menteri Nadiem Makarim angkat meja bersama di SMAN4 Solo ##gibran ##gibranrakabuming ##nadiemmakarim ##fyp##fyp ##foryoupage

Anak Sekolah - Chrisye

(brl/lea)