Brilio.net - Hanya dalam hitungan bulan lagi, Pemilihan Presiden (Pilpres) Indonesia 2019 akan segera digelar. Tak berbeda dari 5 tahun atau 2014 lalu, kali ini terdapat dua kandidat yang sama, yakni Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Jokowi mencalonkan diri dengan berpasangan bersama KH Ma'ruf Amin. Sedangkan Prabowo menggandeng Sandiaga Uno.

Sebagai orang yang kini tengah memperebutkan posisi nomor satu di Indonesia, tentulah kehidupan Prabowo dan Jokowi selalu berhasil mencuri perhatian publik. Mulai dari kehidupan bersama keluarga tercinta, maupun kegiatan sehari-harinya menjelang pilpres.

Meski demikian, di tengah-tengah kesibukannya, Prabowo dan Jokowi pasti mempunyai aktivitas tersendiri dalam mengisi waktu luangnya. Salah satunya melakukan kegiatan yang digemarinya. Bisa dikatakan, Jokowi dan Prabowo sebenarnya memiliki banyak perbedaan selera.

Kira-kira apa saja ya? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, beda kegemaran Jokowi vs Prabowo, Selasa (8/1).

1. Media sosial.

Loading...

Baik Jokowi maupun Prabowo sama-sama aktif dalam menggunakan media sosial, termasuk Instagram. Namun dilihat dari unggahannya, ada perbedaan konten yang mereka unggah. 

a. Prabowo.

beda kegemaran jokowi prabowo © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@prabowo

Tak banyak yang tahu, Prabowo Subianto menggemari dunia fotografi. Lewat akun Instagram pribadinya, dirinya terlihat cukup sering mengunggah pemandangan keindahan di daerah Indonesia. Mulai dari pemadangan pergununungan, atau kecantikan sebuah pantai.

b. Jokowi.

beda kegemaran jokowi prabowo © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@jokowi

Berbeda halnya dengan Prabowo, sejak beberapa tahun terakhir Jokowi tampak lebih sering mengabadikan momen dalam sebuah vlog. Ya, dalam kegiatan kepresidenan ataupun kumpul bersama keluarga tercinta, Jokowi cukup sering merekam momen itu melalui telepon genggamnya dan di unggah di akun resmi Presiden Jokowi.

2. Hewan peliharaan.

Kedua tokoh ini juga gemar memelihara hewan. Tapi, jenis hewan yang jadi pilihan sedikit berbeda.

a. Prabowo.

beda kegemaran jokowi prabowo © 2019 brilio.net

foto: YouTube/GerindraTV

Bukan rahasia lagi jika Prabowo begitu gemar dalam mengoleksi hewan peliharaan. Sebutlah salah satu hewan peliharaan kesayangannya yang sangat terkenal adalah si kucing Bobi. Kemudian Prabowo memiliki pertenakan kambing dan sapi dengan jumlah ratusan ekor.

Bukan cuma itu, Prabowo juga diketahui memiliki pertenakan kuda yang berjumlah 102 ekor. Ia bahkan mempunyai kuda yang harganya mencapai Rp 3 miliar berjenis Lusitano yang didatangkan langsung dari Portugal.

b. Jokowi.

beda kegemaran jokowi prabowo © 2019 brilio.net

foto: liputan6.com

Tak jauh berbeda dengan Prabowo, Jokowi mempunyai peliharaan cukup banyak. Mulai dari dua kuda bernama Sandalwood dan Radabol, 13 ekor kambing, belasan ekor angsa, dan ikan yang terdapat di saluran air yang membela area Istana Bogor.

Jokowi juga memelihara jenis burung di Istana Bogor. Burung tersebut dibelinya ketika masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta tahun 2016 lalu. Jokowi membeli burung itu di Pasar Buruang, Jalan Pramuka, Jakarta Pusat.

3. Tunggangan.

Dalam hal tunggangan, Jokowi dengan Prabowo memiliki perbedaan sangat mencolok. 

a. Prabowo.

beda kegemaran jokowi prabowo © 2019 brilio.net

foto: liputan6.com

Kegemaran Prabowo menunggangi kuda tak perlu diragukan lagi. Seperti diketahui, Prabowo menggemari olahraga polo berkuda memang sudah sejak muda. Nggak heran, Ketua Umum Partai Gerindra itu rela mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk koleksi-koleksi kudanya.

b. Jokowi.

beda kegemaran jokowi prabowo © 2019 brilio.net

foto: Twitter/@jokowi

Jokowi dikenal gemar dalam mengendari motor sejak dahulu. Ia bahkan memiliki beberapa koleksi motor custom yang dibanderol cukup mahal. Tak cuma itu, dirinya tak sungkan menjajal banyak daerah di Indonesia bermodalkan motor dan 'jaket Dilan-nya'. Aksi Jokowi tentulah menuai banyak rasa kagum orang karena kegagahannya.

4. Kuliner.

Setiap orang punya selera kuliner berbeda, begitu juga dengan Jokowi dan Prabowo. 

a. Prabowo.

beda kegemaran jokowi prabowo © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@prabowo

Tak bisa dipungkiri, masakan Indonesia memang terkenal dengan kulinernya yang luar biasa. Setiap daerah pasti mempunyai makanan khas tersendiri. Hal ini tentulah tidak ingin dilewatkan Prabowo ketika berkunjung ke daerah tertentu. Jika dilihat dari unggahannya, Prabowo tampaknya menyukai beragam makanan sederhana khas Indonesia.

b. Jokowi.

Dalam sebuah vlog yang diunggah di akun Presiden Joko Widodo 'CERITA DARI DAPUR PRESIDEN', Tri Supriharjo selaku juru masak Jokowi membeberkan banyak makanan kesukaan Jokowi. Tri menceritakan Jokowi begitu menyukai beragam makanan yakni soto kuning, sup ayam, oseng-oseng tempe, lento, jamu dan teh pahit.

5. Olahraga.

Sebagai mantan prajurit militer, pasti Prabowo memiliki kebiasaan berolahraga untuk menjaga kebugaran tubuhnya. Jokowi pun juga dikenal gemar berolahraga.

a. Prabowo.

beda kegemaran jokowi prabowo © 2019 brilio.net

foto: merdeka.com

Selain terkenal gemar berolahraga kuda, rupanya Prabowo memiliki kegemaran mengayuh sepeda. Dilansir dari merdeka.com, saat Milad Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pada April 2018 lalu, Prabowo terlihat bersama Presiden PKS Muhammad Sohibul Iman mengendari sepeda bersama dari DPP Gerindra, Ragunan ke Kantor DPP PKS di Jalan TB Simatupang.

b. Jokowi.

beda kegemaran jokowi prabowo © 2019 brilio.net

foto: Biro Pers Setpres

Jokowi mengaku sudah ingin mencoba olahraga panah sejak dirinya kecil. Hal ini lantaran semasa kecil, rumah Jokowi berdekatan dengan lapangan tempat latihan memanah.

Namun baru dapat dilakukannya ketika dirinya sudah menjabat sebagai seorang Presiden. Saat ini, Jokowi telah memiliki tempat latihan memanah di halaman belakangan Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

6. Fashion.

Kedua tokoh sama-sama kerap tampil dengan jas di acara formal. Tapi, di luar itu mereka juga punya gaya tersendiri dalam berpakaian.

a. Prabowo.

beda kegemaran jokowi prabowo © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@prabowo

Jika diperhatikan, dalam berbagai kesempatan Prabowo sangat khas dengan busana kemejanya berwarna krem. Baju berkerah dan berlengan pendek itu dilengkapi dengan empat kantong pada bagian atas dan bawah. Untuk melengkapi penampilannya, Prabowo bisanya menggenakan peci berwarna hitam.

Dikutip merdeka.com, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon menjelaskan pakaian itu terinspirasi dari para pendiri bangsa, yaitu Soekarno dan Hatta. "Pakaian harian dengan model ala Pak Prabowo ini memang terinspirasi para pendiri bangsa seperti Hatta, Soekarno dll. Pakaian ini mengingatkan kita pada perjuangan bangsa pada masa lalu," ujarnya.

b. Jokowi.

beda kegemaran jokowi prabowo © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@jokowi

Semula Jokowi sangat dengan kemeja kotak-kotak, namun setelah menjabat sebagai Presiden, Jokowi mulai khas dengan penampilannya dalam balutan busana kemeja putih dan celanan hitam. Di berbagai kesempatan, Jokowi terlihat memakai kemeja putih dan menggulung sebagian lengannya. Ini seolah menjadi identitas tersendiri sosok Jokowi. Jokowi mengaku alasan di balik lengan yang digulung sampai ke siku menandakan sebuah kesiapan bekerja.