Brilio.net - Pekerjaan mekanik atau teknisi yang terbilang cukup berat biasanya identik dilakoni kaum pria. Tidak hanya perihal kecerdasan, stamina yang kuat pun sangat dibutuhkan dalam hal ini. Apalagi jika menjadi teknisi semacam helikopter tempur yang tidak semua orang sanggup. Tidak jarang, sebagian besar orang meremehkan perempuan untuk melakukan pekerjaan tersebut.

Namun Sertu Nur Hayyu Safitri Puspasari telah membuktikannya. Ia adalah seorang prajurit wanita dari anggota Skadron-11/Serbu Pusat Penerbang Angkatan Darat (Puspenerbad) di Semarang.

Namanya viral lantaran menjadi satu-satunya prajurit wanita sekaligus berpredikat wanita pertama TNI yang berprofesi sebagai teknisi alutsista terbaru TNI AD, yakni helikopter tempur Apache AH-46E.

Keahliannya dalam membongkar-pasang helikopter tempur Apache AH-46E, membuat dirinya dikenal sebagai prajurit andal yang menjadi teknisi alutsista terbaru TNI AD buatan Amerika Serikat tersebut.

Helikopter AH-64E Apache Guardian sendiri merupakan salah satu alutsista tercanggih yang dimiliki Indonesia untuk saat ini. Tentu ini bukanlah hal mudah dan tidak semua prajurit mampu menjadi teknisi tersebut. Seperti apa sosoknya dan pencapaiannya?

Loading...

Dirangkum brilio.net dari merdeka.com pada Kamis (11/6), berikut fakta-fakta menarik tentang Sertu Hayyu, prajurit wanita sekaligus perempuan pertama yang menjadi teknisi alutsista TNI AD.

1. Menjadi wanita pertama teknisi Apache di Indonesia.

Fakta Sertu Hayyu Berbagai sumber

foto: Facebook/ Airspace Review

Wanita kelahiran Salatiga, 6 Agustus 1995, yang akrab disapa Sertu Hayyu ini menjadi satu-satunya punggawa atau sebutan air crew wanita Apache di Indonesia.

2. Satu-satunya wanita yang menjadi teknisi di TNI AD.

Fakta Sertu Hayyu Berbagai sumber

foto: Facebook/ Airspace Review

Sertu Hayyu lulusan Secaba PK (Prajurit Karier) tahun 2013 ini resmi ditunjuk sebagai wanita pertama Indonesia yang bisa membongkar dan memasang mesin-mesin helikopter tempur Apache.

3. Mendapat penghargaan dari pihak militer Amerika Serikat.

Fakta Sertu Hayyu Berbagai sumber

foto: Instagram/@infokomando

Ia diakui oleh pihak militer Amerika Serikat sebagai teknisi helikopter tempur. Oleh karenanya, ia menerima penghargaan.

4. Sempat bercita-cita menjadi prajurit TNI AL.

Potret Dwi Cahyono asli Papua saat pendidikan TNI YouTube/Army Zone

foto: YouTube/Army Zone-

Ia mengaku bahwa sebelumnya pernah bercita-cita menjadi prajurit TNI Angkatan Laut. Ini dikarenakan Sertu Hayyu merupakan altet renang semasa sekolah.

5. Ahli dalam bongkar-pasang helikopter tempur.

Potret Dwi Cahyono asli Papua saat pendidikan TNI YouTube/Army Zone

foto: YouTube/Army Zone

Sebagai teknisi, ia menguasai bongkar-pasang helikopter tempur tersebut dari nol hingga akhir. Helikopter tempur tersebut termasuk berteknologi tinggi dan modern yang dapat dioperasikan di berbagai medan dan cuaca. Selain itu, helikopter tersebut juga dilengkapi dengan senjata berupa peluru kendali, roket, dan kanon.