Brilio.net - Mungkin tak banyak yang mengetahui nama Tuti Gantini. Padahal wanita ini pernah mengharumkan nama bangsa dan menginspirasi banyak kaum perempuan di masanya. Ya, dia adalah penerjun statik wanita pertama Indonesia.

Wanita pemberani ini merupakan putri dari Marsda Purn R.A. Wiriadinata, Komandan Pasukan Pertahanan Pangkalan (PPP) pertama yang kini dikenal sebagai Korps Paskhas TNI AU.

Seperti dikutip brilio.net dari laman resmi TNI AU 23 Agustus 1962, Rabu (22/6), Tuti dinobatkan sebagai penerjun wanita pertama setelah berhasil melakukan penerjunan statik pada wingday yang diselenggarakan TNI AU.

wanita penerjun pertama indonesia headline © 2016 brilio.net

Kesuksesannya itu diawali dengan ground training dan serangkaian latihan yang melelahkan. Hebatnya lagi, wanita pemberani ini hanya berlatih selama kurun waktu lima hari saja.

Loading...

Selanjutnya, jejak Tuti Gantini diikuti oleh dua orang adik wanitanya yaitu Sutarti Gantini dan Suharti Gantini dan seorang adik laki-lakinya bernama Suwandi.

Setelah Tuti Gantini maka pada angkatan berikutnya bermunculan pula penerjun-penerjun wanita selanjutnya. Tak hanya dari kalangan TNI, misalnya seperti Tati Hartati Karyawati dan Usmini.

Di masa tuanya Tuti akrab dipanggil Enin oleh cucu-cucunya. Saudara dan para tetangga mengenangnya sebagai wanita yang ringan tangan, selalu mengajarkan kemandirian dan keberanian. Hingga ia meninggal pada 27 Oktober 2015 silam.