Brilio.net - Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12.12 diselenggarakan dengan berbagai 'doorprize' menarik. Pada hari tersebut, banyak situs e-commerce menawarkan barang dengan harga sangat miring. Nggak heran kalau momen Harbolnas ini menjadi hari yang dinanti-nantikan oleh para penggila belanja online. Kamu bisa menikmati potongan harga atau diskon besar-besaran dengan sangat mudah. Awalnya, acara ini pertama digagas pada tahun 2012, kemudian menjadi tradisi di setiap tahunnya.

Tahun ini, Harbolnas juga menawarkan kejutan spesial dengan menghadirkan berbagai barang mewah dalam harga yang nggak masuk akal. Salah satu barang yang paling menjadi incaran di Harbolnas kali ini adalah mobil Mini Cooper yang dilelang dengan harga Rp 12.000. Banyak peserta Harbolnas yang kemudian ikut membidik mobil yang harga aslinya lebih dari setengah miliar ini. Di akhir periode Harbolnas, diumumkan pemenang dari lelang Mini Cooper ini. Nah, sosok pemenang tersebut rupanya adalah pria bernama Dedi Heriyadi.

Sosok driver ojek online ini tak pelak menjadi perbincangan di dunia maya. Pasalnya, pria yang sehari-harinya bekerja di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, ini keluar sebagai pemenang pembeli mobil Mini Cooper di acara Harbolnas 12.12 dengan harga Rp 12.000 dari situs jual beli online Bukalapak. Terkait kabar ini, Dedi pun sempat mengunggah bukti kemenangannya melalui akun Facebook pribadinya.

Dalam unggahannya tersebut, Dedi terlihat mengikuti berbagai lelang yang diselenggarakan oleh Bukalapak. Namun, bidikannya tersebut banyak yang meleset kecuali di kolom lelang Mini Cooper 3 Door. Dirinya pun menyertakan bukti pembayarannya kepada pihak Bukalapak.

Loading...

Sukses memenangkan lelang mobil mewah tersebut, berikut 5 fakta Dedi Heriyadi yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Sabtu (15/12).

1. Awalnya cuma iseng.

Dedi Heriyadi mengaku bahwa dirinya mulai mengikuti Harbolnas ini pada periode 11.11 atau bulan November lalu. Pada saat itu dirinya mengincar gadget seperti handphone dan laptop. Sayangnya lelangnya pun meleset semua.

Sebelum mengikuti lelang Harbolnas 12.12 ini, Dedi yang baru pulang dari rutinitas mengojeknya itu iseng melihat-lihat saldo di akun belanja online-nya. Saat itu dirinya masih memiliki saldo sebesar Rp 14.000. Setelah itu, dia mulai melihat-lihat barang yang bisa dibeli dengan saldo tersebut.

Ia pun melihat Mobil Mini Cooper yang dilelang dengan harga Rp 12 ribu. Karena penasaran dengan mobil tersebut, Dedi langsung berselancar di dunia maya dan mencari tahu soal mobil tersebut. Alhasil, dirinya mengikuti lelang tersebut.

"Saya cuma pengen tahu berapa sih harganya, saya ketik 'harga mini cooper 3 pintu' terus keluar harga, kalau tidak salah itu paling murahnya Rp 720 juta. Oh, mahal juga ya," ujarnya seperti dikutip dari merdeka.com.

2. Bingung saat dinyatakan sebagai pemenang.

Kendati dipastikan menjadi pemenang Mini Cooper, Dedi Heriyadi justru mengaku bingung. Awalnya, pria tersebut mengetahui pengumuman tersebut dari situs YouTube. Ia langsung mengecek akun belanja online-nya dan melihat notifikasi kemenangan tersebut. Kendati demikian, ia mengaku biasa saja dan antara yakin dan tidak yakin, meski sudah dihubungi sampai tiga kali oleh Bukalapak.

3. Dedi sedih karena anaknya sakit.

Terpilihnya Dedi Heriyadi sebagai pemenang lelang Mini Cooper rupanya tak serta merta membuatnya bahagia. Pasalnya, bertepatan dengan kemenangannya itu, sang anak tercinta sedang dirawat di rumah sakit karena sakit tifus. Pada dini hari saat pengumuman tersebut, ia dikabari sang istri kalau anaknya mengalami demam. Ia kemudian menganjurkan anaknya untuk meminum obat demam. Namun, hingga pengumuman pemenang itu, Dedi masih terpikir mengenai kondisi anaknya yang berada di Ciamis, Jawa Barat dan berharap mendapat kabar baik dari sang istri.

4. Sempat dimarahi oleh istrinya.

Menjadi perbincangan dan viral di dunia maya, Dedi ternyata sempat kena marah sang istri. Hal ini karena ia mengunggah foto kemenangannya di akun Facebook pribadinya. Sang istri mencemaskan apabila kemenangan tersebut tidak pasti dan malah membuat Dedi malu karena sudah banyak yang mengomentari dan menyerbu postingannya. Ia juga mengaku bahwa banyak orang yang kemudian ingin berteman dengannya. Komentar positif dan negatif juga diterimanya melalui media sosial.

5. Harapan Dedi Heriyadi.

Kendati memenangkan mobil Mini Cooper, Dedi mengaku tidak akan alih profesi ke pekerjaan lain. Dirinya tetap akan menjalani rutinitasnya sebagai driver ojek online. Bahkan, Dedi juga tidak berharap untuk beralih menjadi driver taksi online. Ia juga belum tahu soal kepastian apakah mobil tersebut akan dijualnya atau di simpan. Pasalnya, hingga saat ini Dedi belum melihat mobil mewah yang dimenangkannya itu. Ia berharap bisa menunjukkan mobil tersebut kepada istri dan anak-anaknya.

"Belum tahu kalau itu (dijual), kalau saya inginnya bawa pulang dulu nunjukin anak sama istri. Tapi pajaknya berapa tuh nanti ya?" kata Dedi seperti dikutip dari merdeka.com.

Selain itu, Dedi juga berharap agar dirinya bisa mengajak istri dan anaknya jalan-jalan dengan mobil tersebut. "Ya mungkin kalau sudah kelihatan (mobil) ada, akan mengajak anak-anak duduk di belakang dan istri di samping," pungkasnya.