Brilio.net - Gibran Rakabuming Raka adalah salah satu anak presiden yang terkenal dengan bisnisnya. Tercatat ada empat usaha kuliner yang tengah digeluti putra sulung Presiden Joko Widodo itu.

Nggak cuma Gibran, ternyata anak-anak mantan Presiden Indonesia sebelumnya juga banyak yang melakoni dunia bisnis. Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto misalnya, putra mantan Presiden Soeharto ini terkenal memiliki bisnis properti.

Nah, dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (2/12), berikut bisnis atau usaha yang digeluti para anak presiden Indonesia.

1. Tommy Soeharto

Bisnis anak presiden 1-5 © 2017 brilio.net

Putra mantan Presiden Soeharto ini menggeluti bisnis properti. Yang terakhir Tommy dikabarkan tengah mengerjakan proyek perkantoran di koridor Gatot Soebroto.

Kalau soal hotel di Solo, pasca pengembangan Lor Inn Hotel, Tommy akan segera mengembangkan yang lainnya. Bukan cuma itu, Tommy juga memiliki proyek di Bali dan akan meluas ke wilayan Indonesia lainnya.

2. Bambang Trihatmodjo

Bisnis anak presiden 1-5 © 2017 brilio.net

Masih putera Presiden Soeharto, Bambang Tri memiliki banyak bisnis. Suami Mayangsari ini merupakan pendiri PT. Global Mediacom TBK. Bisnis yang digeluti Bambang meliputi perdagangan, broker asuransi, real estate, konstruksi, televisi swasta, perhotelan, transportasi, perkebunan, perikanan, industri otomotif, industri makanan, industri kimia, pariwisata dan sebagainya. Saking banyaknya, pernah ada kontroversi kalau majunya bisnis Bambang nggak lepas dari posisinya sebagai anak presiden.

3. Puan Maharani

Bisnis anak presiden 1-5 © 2017 brilio.net

Putri mantan Presiden Megawati Soekarnoputri ini bersama suaminya Hapsoro Sukmonohadi merupakan pemilik PT Rukun Raharja Tbk. Perusahaan ini menjalankan usaha di bidang jasa atau pelayanan distribusi gas bumi, penyediaan dan pengelolaan bongkar muat peti kemas, jasa pengisian dan pengangkutan elpiji untuk tabung gas 3 kg, 12 kg, dan 50 kg.

4. Siti Hardijanti Rukmana

Bisnis anak presiden 1-5 © 2017 brilio.net

Siti Hardijanti Rukmana atau yang biasa disapa Mbak Tutut menggarap beberapa proyek tol di Indonesia. Tutut mengerjakan proyek jalan tol lewat perusahaan PT Citra Marga Nusaphala Persada dan PT Citra Lamtoro Gung Persada.

Dan perlu diketahui ya, proyek tol yang dikerjakan Tutut ini merupakan keterlibatan swasta pertama kali lho dalam proyek tol di Indonesia. Tutut pertama kali mengerjakan proyek tol Cawang-Tanjung Priok sepanjang 19,03 kilometer.

Selanjutnya, jalan tol Tanjung Priok-Jembatan Tiga sepanjang 13,93 kilometer. Kedua ruas jalan tol ini dikenal dengan sebutan Jalan Tol Ir. Wiyoto Wiyono, dikerjakan 1988-1990.

5. Gibran Rakabuming Raka

Bisnis anak presiden 1-5 © 2017 brilio.net

Kalau putera pertama Presiden Jokowi ini dikenal punya bisnis kuliner dan wedding organizer. Bisnisnya agak melenceng ya dari anak presiden yang lain. Tapi, Gibran terkenal ulet lho sebagai seorang pebisnis. Martabak Kota Barat atau disingkat Markobar merupakan salah satu produk bisnis kulinernya yang dikenal masyarakat.