Brilio.net - Kiprah anak muda di bisnis online kini semakin tren. Saat ini makin banyak anak muda terjun ke bisnis yang makin menggiurkan ini. Ada yang sekadar mengisi waktu luang disela-sela kuliah. Tapi nggak sedikit juga yang serius menggelutinya.

Contohnya dua anak muda ini, RM Ihsan (21) asal Palembang, Sumatera Selatan dan Lenny Yapananda Samudra (21) asal Bogor, Jawa Barat. Keduanya mengaku saat ini bisa mengantongi puluhan juta rupiah per bulan. Mereka juga beruntung.

Shopee © 2017 brilio.net(Ki-Ka) : Monica Vionna Elysia, RM Ihsan, dan Lenny Yapananda Samudra

Usaha mereka didukung salah satu platform e-commerce, Shopee. Maklum, e-commerce ini berkomitmen membantu lebih banyak pengusaha muda membangun bisnis online mereka. Apalagi, lebih dari 70% penjual di Shopee Indonesia berusia 30 tahun ke bawah.

Marketing Manager Shopee Indonesia Monica Vionna Elysia menjelaskan, pihaknya sengaja membuat e-commerce yang lengket dengan anak muda saat ini. Di mana mereka terbiasa menggunakan media sosial dan live chat. “Selain itu kita juga punya kegiatan komunitas (Kampus Shopee) dimana para penjual muda bisa saling sharing agar mereka bisa lebih berkembang lagi,” ujar Monica.

Loading...

Lantas kayak apa ya perjalanan usaha online mereka, berikut pengakuan kedua mahasiswa yang sekarang makin mandiri. 

1. Ihsan, terinspirasi hijaber di kampus

Shopee © 2017 brilio.net

Saat ini Ihsan, mahasiswa Teknik Sipil Universitas Sriwijaya Palembang semester 7 ini menggeluti bisnis online dengan berjualan fashion wanita, khususnya hijab. Ihsan kuliah berkat beasiswa dari pemerintah. Namun dia merasa beasiswa yang didapat belum mencukupi untuk mengikuti perkuliahan. Akhirnya dia pun putar otak. Giman caranya mendapat tambahan pemasukan.

Lantas anak ke-2 dari 3 bersaudara ini mendapat ide setelah menyaksikan sejumlah teman-teman wanitanya yang mengenakan hijab. Dalam pandangannya, mereka lebih sering mengganti hijab ketimbang ganti pakaian. “Makanya dari situ saya berinisiatif menjual hijab. Ini sebagai langkah awal. Ke depan saya ingin mengembangkan lagi menjual aneka fashion muslim dan muslimah,” ujar Ihsan.  

2. Lenny, pengen nyari uang jajan sendiri

Shopee © 2017 brilio.net

Lain lagi dengan Lenny. Mahasiswi semester 7 jurusan manajemen Universitas Bina Nusantara (Binus) ini terjun ke dunia bisnis online karena merasa banyak memiliki waktu luang. Disamping itu, ayahnya baru saja pensiun. Dari situ dia mulai berpikir untuk mencari uang jajan sendiri. Kebetulan cewek yang punya hobi membaca ini memiliki kenalan seorang pemasok tas wanita. Akhirnya dia terpikir untuk berjualan secara online aneka produk tas dan dompet wanita.

“Dengan bantuan teknologi, kita sebagai generasi muda dapat memperoleh segala sesuatu dengan lebih mudah dibandingkan generasi sebelumnya. Kita harus berani dan mengambil langkah untuk memaksimalkan potensi, dan tidak menunda-nunda,” kata Lenny.  

Ya memang jadi anak muda saat ini mesti kreatif memanfaatkan potensi yang ada. Kalau bukan sekarang kapan lagi?