1. BRILIO.NET
  2. »
  3. Sosok
Rizky Mandasari 14 Desember 2016 01:01

15 Fakta menarik Steve Jobs, punya alasan sederhana menamai Apple

Pendiri Apple sekaligus mentor pendiri Google.
Steve Jobs, pendiri Apple/foto-foto: istimewa

Brilio.net - Siapa yang tidak mengenali pendiri perusahaan raksasa komputer Apple? Ya, Steve Jobs merupakan pendiri perusahaan komputer yang hingga kini sangat terkenal seantero dunia. Pria kelahiran San Francisco ini merupakan salah satu orang paling berpengaruh di dunia. Berkat dirinyalah kita bisa menikmati teknologi canggih yang kini mudah dijinjing kemana pun.

Tidak banyak yang mengetahui kehidupan pribadinya yang memang cenderung tertutup. Kehidupannya yang memang jarang terpublikasi itu menggelitik semua orang untuk tahu seperti apa kehidupan pribadinya. Nah, berikut ini merupakan 15 fakta menarik tentang Steve Jobs yang brilio.net lansir dari vorply, Rabu (14/12):

1. Anak adopsi.

Steve Jobs terlahir dengan darah keturunan Muslim Suriah. Ayahnya bernama Abdulfattah Jandali dan ibunya bernama Joanne Caroel Schieble seorang wanita Amerika Serikat. Merasa belum siap memiliki anak, ayah dan ibu Jobs mempersiapkannya untuk diadopsi oleh Clara dan Paul Jobs.

2. Pendiri Apple tiga orang.

Dimulai sejak tahun 1976, Apple didirikan oleh Steve Jobs, Steve Wozniak dan Ronald Wayne.

3. Inspirasi nama.

Jobs mengatakan nama Apple bermula dari nama yang dibuat pada buku telepon di saat ia mendesak. Nama Apple ternyata berada tepat di atas nama Atari, perusahaannya tempat bekerja. Dan juga, apel merupakan buah kesukaannya.

4. Pengalamannya saat bekerja di Atari.

Setelah ia di drop out dari kampus, Jobs memilih bekerja di Atari untuk membiayai perjalanannya menuju India. Jobs lebih memilih bekerja di malam hari karena ia tidak perlu mandi dan bisa bertelanjang kaki saat bekerja.

5. Pertemuan duo Steve di sekolah menengah.

Steve Jobs dan Steve Wozniak bertemu saat mereka masih bersekolah di sekolah menengah. Saat itu Wozniak berusia 18 tahun dan Jobs berusia 13 tahun.

6. Gaji.

Sejak tahun 1997, Steve Jobs hanya meminta gaji sebesar USD 1, meski saat itu juga ia diangkat menjadi pemimpin eksekutif Apple. Ia pernah bergurau, "Aku mendapat 50 sen untuk tampil di muka umum, dan 50 sen karena kinerjaku."

7. Mona Simpson.

Mona Simpson adalah saudarinya, putri dari orangtua biologisnya. Mereka akhirnya setuju untuk bertemu dan berhubungan sangat dekat.

8. Pernah mencurangi Steve Wozniak.

Jobs pernah berbohong kepada Wozniak ketika mereka sedang bekerja sama di Atari. Saat itu, mereka berjanji akan membagi honornya 50:50. Jobs mendapatkan USD 5.000 (Rp 66,5 juta) saat itu, namun ia mengatakan kepada Wozniak hanya mendapatkan USD 700 (Rp 9,3 juta), sehingga Wozniak hanya mendapatkan setengahnya.

9. Sembunyikan mobil Porsche.

Di tahun 1990, Jobs mendirikan perusahaan komputer lainnya yang diberi nama NEXT. Ada kejadian lucu saat seorang investor datang mengunjungi kantor NEXT. Saat melihat investor itu, Jobs langsung berlari ke parkiran dan menyuruh anak buahnya menyembunyikan mobil Porsche miliknya itu. Jobs mengatakan bahwa investor itu akan berpikir bahwa mereka punya uang kalau sempat melihat mobilnya itu.

10. Laurene Powell Jobs.

Laurene Powell Jobs adalah istri sahnya, meski tidak ada yang banyak tahu. Ia selalu tertutup mengenai kehidupan pribadinya. Ia menikah dengan Laurene pada 18 Maret 1981 di Yosemite.

11. Lisa Jobs.

Lisa Jobs adalah putrinya, meskipun ia tidak pernah setuju bahwa ia ayahnya. Jobs mengklaim bahwa Lisa bukan putrinya karena ia mandul. Namun, hal ini kemudian terbukti bahwa Lisa memang putri kandungnya dari Chris-Ann Brennan.

12. Joan Baez.

Selama tahun 1980-an, Steve Jobs pernah memiliki hubungan yang singkat dengan Joan Baez. Joan merupakan penyanyi folk terkenal yang sangat populer di tahun 1960-an. Banyak yang berspekulasi kalau Jobs ingin menikahi penyanyi ini. Mereka pernah terlihat dekat sebelum Jobs akhirnya meninggal.

13. Penganut agama Buddha.

Steve Jobs diketahui memang seorang pemeluk Zen Buddhisme. Ia bahkan mengunjungi India untuk belajar banyak tentang meditasi dan hidup dengan cara yang berbeda.

14. Seorang Pescetarian.

Jobs dikenal sebagai seorang piscetarian. Ia tidak makan daging apapun selain ikan.

15. Mentor pendiri Google.

Larry Page dan Sergey Brin yang dikenal sebagai pendiri Google ternyata dibimbing langsung oleh Steve Jobs. Ia mengakui kualitas dan potensi perusahaan yang sedang mereka kembangkan itu.

 

(brl/pep)

BONDAX & Alex Metric Live at Activate Your Whatever!
Activate Your Whatever Jumat (24/2) lalu di The Pallas SCBD pecah abis

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories
TOP

Would you like to switch to the English Version?