Brilio.net - Festival metal terbesar se-Asia Tenggara, Hammersonic 2020, sedang ditinjau ulang pelaksanaannya. Langkah ini diambil karena adanya Virus Corona yang belakangan ini tak bisa dianggap remeh, terlebih di Indonesia yang baru saja mengumumkan jika sudah ada 2 orang yang positif mengidap virus mematikan itu.

Sedianya, Hammersonic 2020 yang bertajuk 'Rise of The Empire' itu akan diadakan di Carnaval Beach Ancol Jakarta pada 27-28 Maret 2020. Padahal Hammersonic kali ini diprediksi akan lebih ramai daripada Hammersonic tahun-tahun lalu, sebab tahun ini ada band yang dijuluki 'band metal paling mahal di dunia' akan bertandang ke Jakarta, yakni Slipknot. Selain Slipknot, ada Trivium, Suicide Silence, Testament, Black Flag, dan masih banyak lainnya.

Melalui akun Instagram @hammersonicfest, pihak penyelenggara Ravel Entertainment mengumumkan bahwa Hammersonic 2020 sedang melakukan koordinasi dengan seluruh instansi, baik itu para artis yang akan manggung di Hammersonic 2020 dan juga pemerintah. Dengan adanya Virus Corona ini, pelaksanaan Hammersonic akan ditinjau ulang.

"Langkah ini perlu kami ambil secara serius dan intensif untuk mengambil keputusan bersama dan yang terbaik, apakah gelaran Hammersonic tetap diselenggarakan pada 27-28 Maret atau akan penjadwalan ulang," tulis akun Instagram @hammersonicfest, seperti dikutip brilio.net pada Selasa (3/3).

Sementara itu dua band yang rencananya akan tampil di Hammersonic 2020 sudah mengundurkan diri untuk tampil. Dua band itu adalah Lacuna Coil dari Italia juga Vulvodynia dari Afrika Selatan.

Lacuna Coil menyampaikan pengumuman itu melalui akun Instagram mereka. Ternyata tak hanya Indonesia, mereka juga membatalkan jadwal konser mereka di beberapa negara.

"Dengan berat hati kami umumkan pada semua fans di Asia Tenggara, bahwa kami harus membatalkan konser di Dubai, Bangkok, Melbourne, Sydney, Tokyo, Osaka, Singapura, dan Jakarta," tulis Lacuna Coil di akun Instagram mereka.

Menyusul Lacuna Coil, ada Vulvodynia yang ikut membatalkan kunjungan panggung mereka ke Indonesia di Hammersonic 2020. Band slam death metal ini diketahui juga membatalkan konser mereka di Korea, Jepang, Taiwan, Thailand, dan Tiongkok.

"Kami sedih, karena harus membatalkan tur Asia kami di bulan Maret. Virus corona membuat kami khwatir pada kondisi kesehatan semua orang. Karena semua konser kami di Tiongkok batal, kami akan sangat kesulitan untuk melanjutkan konser di negara-negara lain. Semoga virus ini bisa segera tertangani," tulis Vulvodynia di akun Instagram mereka.

Loading...
2 dari 2 halaman



Ini kata Anies Baswedan soal Virus Corona dan penyelenggaraan acara di Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengimbau agar warganya tidak bepergian sementara waktu ke daerah yang sudah terjangkit Virus Corona. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tidak akan mengeluarkan izin kegiatan yang melibatkan banyak massa. Apabila izin terlanjur sudah dikeluarkan, pihaknya akan meninjau ulang.

"Untuk izin yang sudah terlanjur keluar akan direview," kata dia seperti dilansir dari merdeka.com, Selasa (3/3).

Anies enggan menanggapi dampak wisata dan ekonomi Jakarta pasca dua orang ditetapkan terpapar Virus Corona. Ketimbang mengutamakan ekonomi, Anies memprioritaskan kesehatan warganya.

"Saat ini, nomor 1 keselamatan warga, dampak perekonomian tentu ada tapi kita tidak akan menomorsatukan ekonomi dan menomorduakan keselamatan warga Jadi kita berharap warga Jakarta selamat dan kita berharap ekonomi selamat," tegasnya.