Brilio.net - Kini Indonesia menjadi salah satu negara positif virus Corona (Covid-19). Ya hal itu disampaikan Presiden Jokowi, untuk kasus virus Corona pertama yang terjadi di Tanah Air, Senin (2/3). Korban tersebut merupakan seorang ibu berusia 64 tahun dan anak berusia 31 tahun. Keduanya diketahui sempat melakukan kontak dengan warga negara Jepang yang datang ke Indonesia, yang ternyata terjangkit virus Corona.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan jika saat ini, keduanya tengah dirawat dan diisolasi di Rumah Sakit Pusat Infeksi Sulianti Saroso. RSPI sendiri sudah disiapkan oleh pemerintah untuk menanggulangi virus Corona yang sedang merebak.

Di dalam rumah sakit tersebut, kabarnya memiliki ruangan standar isolasi dengan peralatan yang memadai. Berikut potret ruangan isolasi di RSPI yang digunakan untuk merawat pasien terjangkit virus Corona, seperti dilansir brilio.net dari merdeka.com, Selasa (3/3).

foto ruangan isolasi di RSPI © 2020 Website: rspi-suliantisaroso.com

foto: rspi-suliantisaroso.com

Loading...

Ruangan Mawar I merupakan sebuah ruangan khusus yang ada di Rumah Sakit Pusat Infeksi Sulianti Saroso untuk merawat kasus-kasus isolasi ketat seperti H5N1, Mers, Covid-19 atau Corona dan lain sebagainya.

Dalam rumah sakit ini juga mempunyai standarisasi yang ketat dalam perawatan pasien kasus infeksi Emerging. Di atas merupakan contoh ruang isolasi khusus yang dilengkapi dengan ventilasi tertutup HEPA filter untuk kasus-kasus dengan penularan airbone.

foto ruangan isolasi di RSPI © 2020 Website: rspi-suliantisaroso.com

foto: rspi-suliantisaroso.com

Selain itu proses pemindahan pasien yang terinfeksi suatu virus juga dilakukan dengan standar yang telah ditetapkan. Perawat terlihat menggunakan semacam jaz hazmat untuk melindungi tertular dari paparan virus.

foto ruangan isolasi di RSPI © 2020 Website: rspi-suliantisaroso.com

foto: rspi-suliantisaroso.com

Untuk kasus infeksi berat, RSPI juga menyediakan tenaga medis pendukung yang terlatih. Ruang isolasi khusus ini memiliki kapasitas 10 ruang perawatan biasa dan 1 ruangan untuk perawatan HCU/ICU.

Perawat dalam proses pemindahan juga terlihat menggunakan pakaian pelindung lengkap dengan masker dan helm.