Brilio.net - Proses pencarian bangkai pesawat dan korban Sriwijaya Air SJ 182 yang jatuh di Kepulauan Seribu, Sabtu (9/1) masih terus berlanjut. Tim SAR gabungan yang terdiri dari Basarnas, Polri, TNI dan stakeholder tak kenal lelah melakukan pencarian.

Pencarian yang dilakukan pun mulai menemukan titik terang. Dibantu pasukan elit TNI Angkatan Laut, Detasemen Jalamangkara (Denjaka), Komando Pasukan Katak (Kopaska) dan Batalyon Intai Amfibi (Taifib), puing-puing pesawat Sriwijaya Air SJ 182 sudah ditemukan sejak Sabtu.

Beberapa serpihan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 dari pelek hingga turbin sudah ditemukan dan diangkat. Beberapa potongan tubuh manusia yang diduga korban Sriwijaya Air SJ 182 juga sudah masuk dalam proses identifikasi tim DVI di RS Polri Kramat Jati.

Melalui akun Instagram resminya, TNI Angkatan Laut terus memberi update terbaru proses pencarian. Terbaru, TNI AL memperlihatkan kondisi laut tempat lokasi pesawat Sriwijaya Air SJ 182 di temukan di perairan Kepulauan Seribu.

Kondisi dasar laut Kepulauan Seribu © Instagram

Loading...

foto: Instagram/@tni_angkatan_laut

TNI AL menerjunkan penyelam profesional yang tergabung dalam pasukan elit Detasemen Jalamangkara (Denjaka), Komando Pasukan Katak (Kopaska) dan Batalion Intai Amfibi (Taifib). Pada Minggu (10/1) mereka berhasil menemukan satu titik yang memperlihatkan puing-puing pesawat Sriwijaya Air SJ 182 dalam keadaan hancur.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh TNI ANGKATAN LAUT (@tni_angkatan_laut)

"Tanpa kenal menyerah tim SAR gabungan dari Detasemen Jalamangkara (Denjaka) & Dinas penyelamatan Bawah Air TNI AL, tanpa henti melaksanakan penyelaman untuk menemukan korban pesawat Sriwijaya Air SJY182 yang mengalami musibah.(10/1/2021)," tulis keterangan TNI AL seperti dikutip brilio.net, Senin (11/1).

Korps Marinir TNI AL juga mengunggah video yang memperlihatkan proses penyelaman yang dilakukan Denjaka dan Taifib. Menyelam hingga kedalaman belasan meter, mereka memperlihatkan kondisi dasar laut perairan Kepulauan Seribu.

Badan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 tampak sudah hancur berkeping-keping. Dalam video tersebut juga ditemukan sebuah barang bermotif tulisan 'Marvel'.

Kondisi dasar laut Kepulauan Seribu © Instagram

foto: Instagram/@korps_marinir_tni_al

Tim penyelam juga tampak saling berkomunikasi ketika melihat serpihan pesawat terbentuk. Meski tak bersuara, namun reaksi mereka seolah memperlihatkan betapa terkejutnya tim penyelam ketika melihat kondisi pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang hancur berkeping-keping.

Kondisi dasar laut Kepulauan Seribu © Instagramfoto: Instagram/@korps_marinir_tni_al

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh AKUN RESMI MARINIR TNI AL (@korps_marinir_tni_al)

Unggahan tersebut pun menjadi perhatian warganet. Berbagai akun media sosial mengunggah ulang postingan tersebut seraya meninggalkan caption berisi doa bagi korban. Dukungan untuk tim penyelam dan lainnya juga terus mengalir.

"Gak kebayang gimana perasaan para korban pas didalam pesawat waktu ituu. husnul khotimah surga tempat kalian," ungkap akun @ainaaa__95.

"Semangat untuk yang bertugas, doa selalu menyertai.." kata akun @muarapadasamudera.

"Semoga rescue team selalu dalam lindungan Allah SWT, diberikan kekuatan dan kesehatan dalam menjalankan tugas. Aamiin..." tambah akun @diasagata.