Brilio.net - Saat berkendara dibutuhkan pikiran yang jernih. Seseorang dilarang keras mengantuk saat berkendara. Hal ini untuk keselamatan dirinya sendiri maupun orang lain. Seringkali, orang-orang memaksakan berkendara agar cepat sampai tujuan. Padahal hal tersebut sangat berbahaya.

Baru-baru ini, seorang warganet asal Malaysia bernama @FazliRashid97 memberikan kabar duka di Twitter perihal temannya yang tewas kecelakaan karena tertidur saat berkendara. Istilah yang tepat digunakan adalah 'microsleep', yakni saat seseorang mengalami tidur dengan periode singkat.

Hal tersebut biasanya terjadi beberapa detik saja. Seringkali terjadi di kelas saat belajar, di kantor saat sedang bekerja, dan paling sering adalah saat berkendara. Microsleep merupakan kejadian yang terlihat sepele namun mempunyai dampak yang berbahaya bagi keselamatan berkendara.

Fazli mengatakan kepada World of Buzz, bahwa temannya yang bernama Aiman Fiz bin Nohani telah melakukan perjalanan ke kampus Universiti Putra Malaysia di Serdang. Menurut Fazli, temannya itu mengalami microsleep selama perjalanan, dan menuliskannya di Instagram.

"Tolong, tolong, aku tidak ingin microsleep. Aku harus berhenti dua kali setelah mulai tertidur sambil mengendarai sepeda motor," tulisnya dalam story Instagram sebelum kecelakaan.

Loading...

Meski sudah tahu mengenai dirinya yang mengantuk, Aiman memutuskan tetap melanjutkan perjalanan. Tidak berapa lama, Aiman mengalami kecelakaan fatal dalam perjalanannya dan dilaporkan meninggal di tempat kejadian di Linggi, Negeri Sembilan. Kabar tersebut seketika viral dan menuai beragam reaksi dari warganet.

"Sama! Balik dari kerja ada rasa mata berat. So bukak radio nyanyi kuat kuat nak hilangkan mengantuk. Tau tau je terjaga dari tidur sbb ada ramai orang ketuk ketuk tingkap kereta, and all I see in front was pokok pokok & divider jalan. Alhamdulillah tak cedera, kereta je teruk," tulis @balqisridzuan.

"Bahaya jugak bro. Microsleep ni kdg2 kita rasa kita tgh jaga tp sebenarnya kita dah tido. Jawapan nya kena tido sekejap. Lepas bangun sure rasa segar sikit," tulis @faridjawani.

"Microsleep is real guys. Be careful. Long distance ke short distance ke kalau nak jadi, jadi gak. Interact lah, communicate dgn sesape yg boleh buatkan otak kita berfikir something. So takde lah mengantuk.. tu la yg aku buat, sebab hari² p kerja mmg lebih 100km. Penat tp seronok," tulis @phtggrphr.

"Aku pernah microsleep jugak masa bawak motor sebab angin tu setepek kena dekat muka jadi mengantuk Persevering face tahu2 tersedar terus geleng kepala laju laju Persevering face dia mcm tadi tak nampak pape tiba2 nampak jalan balik," tulis @nhhaniii.