Brilio.net - Sultan Hamengku Buwono (HB) X mengucapkan selamat kepada pasangan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin. Seperti diketahui Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Dari hasil penghitungan suara, pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin unggul dari pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Kendari demikian, Sultan HB X berpesan kepada kedua pendukung dari Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi. Pendukung pasangan 01 ini tidak berlebihan dalam merayakan kemenangan dan pendukung pasangan 02 diharapkan tetap selalu mengedepankan sikap kesatria yang menerima apapun hasil yang diperoleh dari pertarungan.

"Diharapkan agar para pihak menginisiasi rekonsiliasi untuk mendinginkan suasana kebatinan para pendukungnya, dengan penuh lapang dada guna menjaga persatuan bangsa. Bagi pasangan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin, diucapkan selamat dengan teriring harapan bagi para pendukungnya agar merayakannya dengan tepo seliro, jangan seperti layaknya sebuah kemenangan perang," kata Sultan HB X seperti dilansir brilio.net dalam video resminya, Rabu (22/5).

Sultan HB X berharap agar pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno bisa bersikap kesatria. Serta bisa mengajak pendukungnya untuk tidak melakukan hal-hal yang bisa mengganggu proses pendewasaan demokrasi bangsa Indonesia.

"Sedangkan bagi pasangan Prabowo-Sandiaga Uno amat diharapkan agar tetap mengedepankan sikap kesatria. Kalau pun masih dirasa ada keberatan, hendaknya ditempuh melalui jalur hukum, dengan dukungan bukti-bukti yang sah dan meyakinkan. Dengan harapan lanjut, tidak membawanya ke ranah demokrasi jalanan karena hal ini akan menjadi penghalang percepatan pendewasaan demokratisasi kita," ujarnya.

Selain itu, Sultan HB X juga tak lupa mengingatkan kepada masyarakat DIY agar tetap memperkuat persatuan yang mungkin sempat renggang pada masa Pemilu 2019. Selain itu, masyarakat DIY juga diharapkan bisa kembali hidup rukun setelah kemarin sempat bersitegang karena perbedaan pandangan politik dan pilihan sosok presiden.

"Adapun bagi warga masyarakat DIY, saya berharap dengan penuh kepercayaan mengeratkan kembali kohesi sosial," imbuh Sultan HB X.