×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Status Anak Krakatau level 3, ini pengertian 4 level gunung api

View Image

0

BRILIO » Serius

Status Anak Krakatau level 3, ini pengertian 4 level gunung api

Aktivitas Gunung Anak Krakatau meningkat beberapa hari terakhir.

27 / 12 / 2018 20:49

Brilio.net - Indonesia menjadi salah satu negara yang punya gunung api aktif terbanyak di dunia. Salah satunya gunung yang belakangan aktivitas vulkaniknya sedang memuncak yaitu Anak Krakatau. Erupsi terus-terusan sejak Juni 2018 memicu longsornya beberapa bagian ke laut. Hal ini juga yang menyebabkan tsunami yang terjadi di beberapa wilayah Banten dan Lampung pada 22 Desember lalu.

Saat ini status Gunung Anak Krakatau sudah dinaikkan menjadi level 3 yakni siaga. Zona berbahaya juga telah diperluas dari 2 kilometer menjadi 5 kilometer dari puncak kawah.

Gunung Anak Krakatau, yang sebagian besar dibangun di dinding NE (timur laut) curam dari kaldera letusan Krakatau pada tahun 1883. Kaldera adalah fitur vulkanik yang terbentuk dari jatuhnya tanah setelah letusan vulkanik. Gunung Anak Krakatau aktif di sisi SW (barat daya/menuju kaldera 1883), yang membuat bangunan gunung api cukup tidak stabil.

Dilansir brilio.net dari researchgate, Keruntuhan sayap dengan hipotetis 0,280 km3 yang terarah ke barat daya akan memicu gelombang awal setinggi 43 m yang akan mencapai pulau Sertung, Panjang, dan Rakata dalam waktu kurang dari 1 menit, dengan amplitudo dari 15-30 m.

Setiap waktu pemantauan gunung api dilakukan secara terus menerus untuk mengetahui tingkat aktivitas gunung api sebagai dasar peringatan dini bencana gunung api. Peringatan dini bencana gunung api terdiri dari 4 level. Level disesuaikan dengan tingkat aktivitas gunung api tersebut.

Loading...

Nah, berikut pengertian level-level peringatan dini pada gunung api yang sudah brilio.net lansir dari akun Instagram @pvmbg_kesdm, Kamis (27/12).

1. Level 1.

level gunung api merdeka

foto: merdeka

Level 1 berarti normal. Pada level ini aktivitas gunung api berflukasi tetapi tidak mengalami peningkatan. Ancaman bahaya dapat berupa gas beracun di area kawah.

2. Level 2.

level gunung api merdeka

foto: merdeka

Level 2 berarti waspada. Pada level ini gunungapi mulai mengalami peningkatan, salah satunya beberapa gunung api mengalami erupsi. Ancaman bahaya pada level ini adalah erupsi di sekitar kawah.

3. Level 3.

level gunung api merdeka

foto: merdeka

Gunung Anak Krakatau saat ini pada level 3, yang berarti siaga. Pada level ini aktivitas gunung api terus mengalami peningkatan yang semakin nyata atau terjadi erupsi. Ancaman pada level ini berupa erupsi yang dapat meluas tetapi tidak mengancam pemukiman penduduk.

4. Level 4.

level gunung api merdeka

foto: merdeka

Level 4 berarti awas. Pada tahap level ini aktivitas gunungapi terus mengalami peningkatan yang semakin nyata atau terjadi erupsi. Ancaman bahaya erupsi dapat meluas dan dapat mengancam pemukiman penduduk.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    100%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more